Selasa, 01 Desember 2015

Si Cantik Bunga Pukul Empat

Jika disuruh pikirkan nama bunga, yang terbayang dipikiran Anda Mawar, Seruni, Angrek, Lily, Melati, Kamboja, Tulip serta sederet nama bunga yang umum kita dengar sehari-hari. Namun tahukah Anda, bahwa ada bunga menawan dengan nama yang cukup unik. Mungkin saja saja saja saja saja saja saja saja Anda belum pernah mendengarnya awal mulanya. Iya, bunga Jam Empat. Nama unik ini menempel pada bunga cantik itu, tidaklah tak ada argumen. Untuk lebih lanjutnya, silakan simak uraian berikut ini.

Kenapa Jam Empat?

Bunga jam empat atau yang dalam kajian ilmiahnya di kenal dengan nama Mirabilis Jalapa, yakni tumbuhan hias yang konon beritanya datang dari Meksiko. Meskipun itu, saat ini bunga cantik yang satu ini gampang didapat dimana saja termasuk juga Indonesia. Mungkin saja saja saja saja saja saja saja saja saja Anda yg tidak familiar dengan bunga ini bakal bertanya-tanya, kenapa dalam bhs Indonesia tanaman ini dinamakan “Pukul Empat? ”. Hal sejenis itu karena perilakunya yang baru mekar di sore hari serta cuma bertahan sebagian jam saja dalam keadaan sekian.

Terkecuali di kenal dengan nama jam empat, bunga ini dapat umum dimaksud dengan bunga sore, kembang pagi sore, bunga parengki (Sulawesi), bunga saat kecil Sumatera), Kaderet, Tegerat (Jawa), Cako Raha (Maluku), serta ada banyak lagi yang lain. Di Indonesia, bunga jam empat ini gampang sekali ditemuakn di pekarangan beberapa orang. Ada beragam varian warna kelopak bunga dari tanaman ini satu diantaranya merah, putih, kuning, merah muda, ungu, kuning dsb.

Untuk tahu Bunga Jam Empat lantas, tidak ada kelirunya memperhatikan klasifikasinya dalam pengetahuan Biologi, seperti berikut :
Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan dengan pembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Tumbuhan yang membuahkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan yang dapat berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (mempunyai keping dua atau dikotil)
Sub Kelas : Hamamelidae
Ordo : Caryophyllales
Famili : Nyctaginaceae
Genus : Mirabilis
Spesies : Mirabilis jalapa L.

Dari klasifikasi diatas kita dapat tahu bahwa Bunga Jam Empat termasuk juga tanaman yang daunnya tak komplit karena cuma terdiri atas helai daun serta tangkai. Sisi pinggir daunnya condong rata atau integer, letaknya keduanya sama bertemu. Daun pada tanaman ini dikelompokkan juga sebagai daun majemuk menyirip genap. Perihal sisi batangnya teres atau bulat serta arah tmbuhnya erectus atau tegal lurus ke atas. Akar tanaman ini tunggal dengan warna putih.

Bunga jam empat ini baru berbunga sesudah ia berumur 3 bln.. Bentuk bunganya sama juga dengan juga juga juga terompet memiliki ukuran kecil. Ia juga mempunyai biji yang bulat serta sedikit berkerut. Melalui langkah luas, tanaman ini di kenal juga sebagai hiasan taman. Tetapi, dibalik kecantikannya, ia juga menaruh manfaat untuk kesehatan satu diantaranya juga sebagai anti-inflamasi serta berdifat diuretic atau mempercepat pembentukan urin. Sisi yang banyak dipakai yaitu daun serta akarnya.
source:
Toko Bunga Jakarta Pusat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar