Selasa, 29 Desember 2015

Manfaat Tanaman Bungur untuk Mengobati Kolesterol

Jangan sampai pernah pernah diduga sepele kolesterol yang Anda derita. Badan kesehatan dunia (WHO) mengemukakan bahwa penyakit kolesterol menyumbang pada 20 persen insiden stroke dan 50 persen insiden penyakit jantung. Ketua AMA Therapeutics Committee, Dr. John Gullota, mengemukakan bahwa langkah terbaik untuk turunkan kolesterol sebaiknya diakukan lewat langkah alami, misalnya dengan menerapkan pola makan dan gerak yang baik, atau mungkin saja dengan mengkonsumsi herbal khusus yang berupa antikolesterol, seperti tanaman Bungur.

Bungur bisa hidup dimanapun, bahkan di tanah gersang sekalipun. Biasanya, bungur ditanam sebagai tanaman hias atau tanaman pelindung di tepi jalan raya.

Di daerah Jawa, tanaman ini biasanya dapat di kenali di ketinggian sampai 800 mtr. di atas permukaan air laut. Tinggi tanaman ini bisa mencapai sekitar 10 mtr..

Bungur berbatang bulat dan bercabang dari segi pangkal. Daunnya tunggal, memiliki tangkai pendek, dengan helaiannya yang berbentuk lonjong, dan tak tidak tebal pada 9-28 cm serta lebarnya 4-12 cm.

Bunganya sendiri berupa majemuk, berwarna ungu, dan keluar dari ketiak daun. Buahnya berbentuk seperti bola sampai bulat memanjang.

Waktu tetap masih muda, buah tanaman Bungur berwarna hijau dan setelah masak, warnanya berpindah jadi cokelat. Perkembangbiakan Bungur bisa diakukan dengan biji.

Faedah Bungur untuk Cholesterol
Hampir semuanya segi dari tanaman ini, yakni biji, kulit kayu, dan daunnya, dapat digunakan untuk pengobatan berbagai penyakit. Bijinya misalnya, dapat digunakan untuk turunkan kandungan tekanan darah.

Tengah, kulit tanaman Bungur dapat digunakan untuk pengobatan disentri, diare, dan kencing bernanah. Segi daunnya bisa untuk mengobati diabetes melitus dan kencing batu.

Dalam tanaman Bungur, terutama dapat di kenali senyawa aktif berupa flavonoid, saponin, dan tanin. Hampir semuanya tipe tanaman obat yang memiliki kandungan senyawa-senyawa ini, termasuk Bungur, memiliki efek farmakologi berupa antikolesterol, antihipertensi, dan antidiabetik.

Jadi, bukan hanya kolesterol jahat yang dapat dibasmi dengan tanaman Bungur, namun juga darah tinggi dan diabetes. Hasil ini terutama dicapai lantaran manfaat senyawa saponin dan tanin yang mengakibatkan metabolisme glukosa dan lemak pada tubuh.

Pengobatan kolesterol dengan Bungur bisa diakukan dengan menggodok daun Bungur sampai masak. Lantas, tiriskan hasil rebusan daun Bungur ini.

Setelah dingin, minumlah air rebusan ini beberapa 2-3 kali dalam sehari. Anda harus berkepanjangan meminumnya untuk beroleh hasil terbaik.
source:
Toko Bunga Murah Jabung Malang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar