Kamis, 03 Desember 2015

Mengenal Bunga Seroja atau Bunga Lotus

Bunga seroja atau bunga lotus pasti tidak asing. Namun tidak ada salahnya kita kembali tahu bunga seroja atau lotus lebih dalam. Bunga dengan nama latin Nelumbo nucifera dan lewat langkah salah kaprah sering disamakan dengan bunga teratai ini yaitu satu di antara tumbuhan air dengan bunga yang mengagumkan.

Seroja atau lotus yaitu tanaman air yang tidaklah tumbuhan asli Indonesia. Tanaman ini datang dari India, sampai tidak mengherankan apabila lantas jadi lambang negara India. Tumbuhan ini di Indonesia dikenal dengan nama seroja atau lotus, tengah dalam bhs Inggris kecuali diterangkan juga sebagai lotus juga diberi nama Indian lotus, sacred lotus, dan bean of India.

Nama latin tumbuhan ini yakni Nelumbo nucifera Gaertn., yang mempunyai beberapa nama sinonim satu diantaranya yakni ; Nelumbium nuciferum Gaertn., Nelumbo caspica Fisch., Nelumbo komarovii Grossh., Nelumbo speciosa Willd., dan Nymphaea nelumbo L.

Kecuali untuk mengemukakan tumbuhan bernama ilmiah Nelumbo nucifera, lotus dan seroja juga digunakan sebagai nama tumbuhan yang berkerabat dekat dengannya yaitu Nelumbo lutea atau yang dikenal juga sebagai american lotus.
Sinyal tanda Tumbuhan Seroja

Tumbuhan seroja (Nelumbo nucifera) lewat langkah umum terdiri atas akar, rimpang (rhizoma), daun, dan bunga. Akar dan rimpang seroja ada pada lumpur di basic kolam. Dari rimpang ini terlihat beberapa tangkai yang panjangnya hingga mencapai 1, 5 mtr.. Tangkai ini berbentuk tabung dengan rongga di tengahnya.

Dari ujung tangkai inilah lantas keluar daun yang terlihat di atas permukaan air. Daun berbentuk lingkaran, bergelombang di bagian tepi dengan urat daun terkumpul di tengah-tengahnya serta permukaannya berlapiskan lilin. Diameternya dapat mencapai hingga 60 cm.

Bunga seroja atau lotus terlihat di atas permukaan air dengan tangkai yang kokoh. Bunganya berwarna putih bersih, kuning atau merah jambu dengan diameter sekitar 20 cm.

Seroja dan Lotus tidaklah Teratai

Seroja atau lotus seringkali disangka sebagai tanaman yang sama dengan juga juga juga juga teratai. Walaupun sesungguhnya keduanya sangat berbeda. Seroja yaitu tanaman dari genus Nelumbo tengah teratai bergenus Nymphaea. Lewat langkah kasat mata ke-2 tanaman ini bisa dibedakan dari hadirnya bunga dan daun lotus yang umumnya ada di atas permukaan air (tidak mengambang) tengah pada teratai bunga dan daunnya mengambang di permukaan air. Perihal tumbuhan teratai lewat langkah detail, baca :

Teratai Tanaman Air Mengagumkan.

Manfaat Lotus

Tumbuhan seroja atau lotus seringkali dipakai sebagai tanaman hias sebagai penghias kolam. Rimpangnya dapat dikonsumsi, bijinya dapat diolah jadi tepung untuk bahan makanan. Selain itu bunga lotus (Nelumbo nucifera) kerap digunakan sebagai simbol dalam agama Hindu maupun Budha.

Klasifikasi Ilmiah

Kerajaan : Plantae ; Divisi : Magnoliophyta ; Family : Nelumbonaceae ; Genus : Nelumbo ; Spesies : Nelumbo nucifera.
source:
Toko Bunga Murah Bandung 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar