Rabu, 09 Desember 2015

Kenapa Chicory, bukan Daisy atau Bunga Matahari?

Yosh, sekarang ini, mari saya perkenalkan Anda pada chicory :


Cichorium intybus atau chicory yaitu satu di antara species dari genus Cichorium dalam familia Asteraceae (memang tetap masih bersaudara dengan daisy dan bunga matahari, sih, hehe...). Chicory memiliki bunga yang cantik, biasanya berwarna biru terang, namun ada juga yang berwarna putih atau merah muda. Saya menyebutnya " bunga di tepi jalan " karena di daerah aslinya yaitu Eropa, Afrika Utara dan Asia Barat, tumbuhan ini umum di kenali hidup liar di tepi jalan.

Chicory yaitu tumbuhan menahun yang memiliki beberapa varietas, dan sering diterangkan juga sebagai sawi, walau sawi sebenarnya yakni nama umum untuk Brassica rapa. Pada awal pertumbuhannya, pola kenampakan daun chicory memang sama dengan juga juga juga sawi dan tidak berbatang. Lantas, setelah cukup umur (sekitar 1-2 bln.) tumbuhan ini akan lakukan bolting atau mengeluarkan cabang air untuk berbunga. Saat berbunga (sesudah bolting), chicory memiliki batang yang kuat, berlubang didalam, dan agak berbulu dengan tinggi 30 - 100 cm.


Chicory termasuk di antara tanaman yang paling awal tercatat dalam literatur. Sejarah menyampaikan bahwa tanaman ini telah dibudidayakan sejak mulai zaman Mesir Kuno. Sekitar Waktu Pertengahan, sebagian rahib juga menanam chicory di Eropa. Chicory dikenal dengan bermacam nama : chicon, witloof, radicchio, Belgian endive, atau frisée, dan dipakai daun dan tunasnya sebagai sayuran. Rasa pahit daun chicory ini jadi disukai dan sering digunakan pada masakan khusus misalnya preboggion di Italia dan horta di Yunani. Bunga chicory bisa pula dikonsumsi dan sering dipadukan ke salad.

Seluruhnya segi tanaman chicory bisa dipakai, namun chicory lebih popular karena akarnya yang digunakan sebagai bahan berikanlah dalam kopi. Waktu kopi mulai diperkenalkan di Eropa, orang Belanda umum mencampurkan chicory ke ramuan kopinya. Lord Monboddo – seseorang hakim sekalian filsuf dari Skotlandia – menjelaskan bahwa pada th. 1779, tanaman ini mulai dikenal di Perancis sebagai " chicoree ", di mana orang Perancis membudidayakannya sebagai tanaman pot. Saat Napoleon, chicory sering terlihat sebagai bahan berikanlah dalam kopi ataupun sebagai pengganti kopi. Pada th. 1840, chicory juga digunakan sebagai pengganti kopi oleh tentara konfederasi saat perang sipil Amerika, " kopi " chicory ini lantas jadi umum di Amerika Serikat terutama di New Orleans. Lantas, di Britania Raya dikenal makna Camp Coffee - gabungan ekstrak chicory dan kopi - yang popular saat perang dunia ke-2, walau sebenarnya sudah dijual sejak mulai th. 1885.

Lewat langkah umum, chicory disangka menyehatkan karena chicory bebas cafein sampai aman dikonsumsi, selain itu akar chicory juga memiliki banyak manfaat salah satunya :
Mempunyai kandungan Vitamin C yang dimaksud antioksidan yang kuat
Dapat menghindar jaundice (penyakit kuning) dan pembesaran hati
Yaitu sedatif (obat tidur) dan anti peradangan alami
Menghindar terbentuknya batu empedu dan batu liver
Yaitu sumber inulin sebagai pakan bakteri baik dalam usus
Inulin juga yaitu sumber serat, sampai dapat mengoptimalkan kandungan gula darah dan buat lancar buang air besar.
Kurangi kandungan kolesterol jahat (LDL) dalam darah
Membantu meredakan pirai/gout/asam urat
source:
Toko Bunga Murah Medan Baru 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar