Selasa, 01 Desember 2015

Bunga Pacar Air (Impatiens balsamina)

Pacar air datang dari Asia Selatan serta Asia Tenggara, ada pula yang mengemukakan dari India. Tanaman ini dikenalkan di Amerika saat ke-19. Tanaman ini yaitu tanaman tahunan atau dua tahunan serta mempunyai bunga keluar dari ketiak daun warnanya putih, merah, ungu, oranye, atau merah jambu. Bentuk bunganya sama bunga anggrek yang kecil. Tinggi tanaman ini dapat meraih satu mtr. dengan batangnya yg tak tipis. Daun tunggal, bertangkai pendek. Helaian daun bentuk lanset memanjang, ujung serta pangkal runcing, pinggir bergerigi, pertulangan menyirip. Bunganya ada yang engkel serta ada yang dobel. Buahnya buah kendaga, bila masak bakal buka jadi 5 sisi yang terpilin.

Tanaman ini sangatlah disenangi lebah serta serangga lain yang menolong penyerbukannya. Walau itu tanaman ini tidak bisa hidup di lingkungan yang kering. Berbagai sisi tanaman juga dipakai juga sebagai obat tradisional.

Klasifikasi

Kerajaan : Plantae
Divisi : Magnoliophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Ericales
Famili : Balsaminaceae
Genus : Impatiens
Spesies : Impatiens balsamina


Persamaan kata :
Impatiens cornuta, Linn. Impatiens hortensis, Desf. Impatiens mutila, D. C. I. triflora Blanco Balsamina mutila, DC.

Nama Lokal :
Sumatera : Lahine, paruinai, Jawa : pacar cai, pacar banyu ; Kimhong (Jakarta), Nusatenggara : pacar foya, pacar aik ; Sulawesi : Tilang-gele duluku, kolendingi unggaagu ; Bunga jabelu, giabebe, gofu, laka gofu, bunga taho, ; inai anyer. (Maluku)  ; Feng xian hum (China). ;

Karakter serta Manfaat :
Biji pacar air terasa pahit, pedas, sifatnya hangat, serta sedikit toksik. Bermanfaat juga sebagai penghenti perdarahan (hemostatis), tingkatkan manfaat pencernaan, memiliki dampak melunakkan massa yang keras (tumor), anti kanker, peluruh haid, serta memudahkan persalinan (parturifasien).

Akar bermanfaat anti radang, peluruh haid (emenagog). Daun bermanfaat pembasmi nyeri (analgesic), antiradang. Bunga bermanfaat peluruh haid, abortivum, serta membuyarkan bekuan darah.

Kandungan Kimia :
Biji memiliki kandungan saponin serta fixel oil (terbagi dalam : -spinasterol, -ergosterol, balsaminasterol, parinaric acid, minyak menguap, quercetin, derifat kaempferol, serta naphthaquinon). Bunga mangandung anthocyanins, cyanidin, delphinidin, pelargonidin, malvidin, kaempherol, quercetin. Akar memiliki kandungan cynadin mono-glycoside.

Karakter Kimia serta Farmakologis :

Merasa pahit, hangat, sedikti toxic (beracun). Bermanfaat buat lancar peredaran darah, melunakkan saat/tonjolan yang keras..

Sisi yang Dipakai :
Sisi tanaman yang dipakai juga sebagai obat yaitu biji, daun, bunga, serta akarnya.

Tanda sinyal Biji (jizingzi) dipakai untuk menangani :
* terlambat haid,
* kesusahan melahirkan,
* rasa tersumbat di tenggorokan,
* bengkak karena terbentur (memar),
* tumor perut, dan
* kanker saluran cerna sisi atas.

Bunga dipakai untuk menangani :
* terlambat haid, dan
* bengkak lantaran gumpalan bekuan darah.

Daun dipakai untuk menangani :
* keputihan (leukorea), dan
* nyeri haid.
* Akar dipakai untuk menangani :
* rematik, leher kaku, sakit pinggang,
* terlambat haid,
* tertusuk tulang atau benda tajam di kerongkongan.

Langkah penggunaan untuk obat yang diminum, siapkan biji pacar air sebagian 3-10 g. untuk kanker, pakai biji sebagian 15-60 g sekali rebus. Untuk bunga, rebus sebagian 3-6 g. daun serta akar, rebus semasing sebagian 15-30 g.

Untuk penggunaan luar, giling bunga fresh hingga halus, lantas tempelkan ketempat yang sakit, seperti bisul, rematik sendi, radang kulit bernanah, bengkak karena gumpalan bekuan darah (hematoma), serta gigitan ular. Gilingan daun tulang patah (faktur) serta radang tepi kuku (cantengan). Air rebusan daun dapat dipakai untuk bersihkan luka serta merangsang pergantian rambut.

Dampak Farmakologis serta Hasil Riset.
* Pada percobaan binatang, rebusan biji pacar air bisa menghindar kehamilan.
* Rabusan biji pacar air bisa tingkatkan frekwensi kontraksi uterus kelinci terisolasi yg tidak hamil.

Misal Penggunaan

* Keputihan (leukorea)
Rebusan daun pacar cina fresh (30-60g) dengan dua gelas air hingga tersisa satu gelas. Sesudah dingin, saring serta minum 2 x, semasing 1/2 gelas.

* Terlambat haid
o Bersihkan bersih akar pacar air fresh sebagian 4-5 bongol, potong-potong tidak tebal. Rebus dengan empat gelas air hingga tersisa satu gelas. Sesudah dingin, saring serta minum satu hari tida kali, semasing 1/2 gelas.
o Siapkan bunga pacar air fresh serta rimpang temu putih (Curcuma zedoaria) (semasing 6 g), herba ginjean (Leonurus sibiricus) (30 g), serta daun iler (Coleus scutellarioides) fresh (10 lembar). Bersihkan seluruhnya bahan, lantas irislah tidak tebal ripang temu putih. Masukkan ke panci e-mail, rebus dengan tiga gelas air hingga tersisa separuhnya. Sesudah dingin, saring serta minum satu hari tiga kali, semasing 1/2 satu gelas.

* Bengkak karena gumpalan bekuan darah (hematoma) Bersihkan bunga pacar air fresh (5-8 kuntum), lantas giling hingga halus. imbuhkan arak putih sekedarnya, lantas turapkan ke sisi yang bengkak. Balut, ubah 2-3 kali satu hari hingga bengkaknya mengempis.

* Tertusuk tulang di kerongkongan
Bersihkan akar pacar air yang fresh, lantas potong-potong sekedarnya. Lalu, kunyah serta telan dengan air hangat.

Dalam Dunia Pendidikan

Pacar air kerap dipakai untuk praktik IPA yakni perlihatkan pengangkutan/transportasi yang jalan pada badan tumbuhan. Langkahnya dengan memasukkan tanaman pacar air didalam wadah yang telah di beri zat pewarna umpamanya merah, biru, atau kuning. Wadah yang dipakai umumnya dari kaca agar tampak dari luar, serta pewarnanyapun cuma seperempat wadah saja. Sesudah di rendam dengan posisi berdiri didalam wadah yang sudah di beri pewarna itu sepanjang 30 menit baru diselenggarakan penilaian. Hasil yang di bisa yaitu warna semuanya batang tanaman pacar air bakal beralih sama juga dengan juga juga juga juga zat pewarna yang merendamnya.
source:
Toko Bunga Murah Solo 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar