Senin, 28 Desember 2015

Cara Sambung Pucuk Bunga Bougenville

Bougenville atau umum dikenal dengan nama bunga kertas yaitu satu di antara bunga yang banyak dipelihara orang, kecuali memiliki terdapat banyak pilihan warna bunga juga terdapat banyak pilihan untuk corak daun.

Untuk tingkatkan keindahan dari bunga bougenvil, bisa diakukan berbagai langkah sambung atau okulasi untuk beroleh bermacam warna dalam satu pohon.

Satu di antara langkah sambung pucuk bunga bougenville dapat dilihat dibawah itu.

Langkah Sambung Pucuk Tanaman Bougenville

Langkah pertama tentukan maksud tanaman yang akan disambung segi pucuknya. Tanaman ini dapat ditumbuhkan dari hasil stek maupun cangkok cabang bougenville pada awalnya. Tetapkan cabang yang tetap masih muda dengan warna tetap masih kehijauan. Pemilihan cabang yang tetap masih muda berdasarkan pada pengalaman makin banyak berhasil di banding cabang batang yang sudah berwarna coklat.

batang-bawah-bougenville

Siapkan peralatan kerja, cukup memercayakan pisau cukur yang tetap masih tajam untuk pemotongan, tali untuk pengikat dan selubung plastik untuk membungkus hasil sambungan kelak.

alat-sambung-bougenvil

Lalu tetapkan pucuk dari bougenvile tipe lain, bisa dari variasi daunnya dan bunganya. Di contoh ini batang bawah memiliki warna hijau polos sebentar calon sambungan atasnya memiliki warna daun hijau dengan corak warna putih. Tetapkan cabang yang juga tetap masih muda, dengan diameter kurang lebih sama saja juga dengan cabang batang bawahnya. Apabila persediaan cabang bawah yang seukuran susah didapat, dapatkah di ambil cabang bawah yang sedikit makin besar dari calon sambungan atasnya, asal jangan sampai pernah pernah yang lebih kecil.

batang-atas-bougenvile

Lalu system penyambungan, potong cabang batang bawah dengan silet, kemudan irislah potongan tadi perkiraan di tengah-tengah diameter batang. Karena batangnya kecil jadi tidak butuh di buat huruf V, jadi cukup dibelah atau diiris saja.

potong-batang-bawah

Siapkan sambungan atas, potong maksud dengan silet lantas pangkas daunnya bisa dengan silet atau gunting. Sisakan beberapa helai daun yang tetap masih kuncup di pucuk batang. Di bagian pangkal batang tipiskan di ke-2 permukaan batang irislah dengan silet. Pengirisan sebisa-bisanya satu kali jalan, agar permukaannya rata sampai waktu diselipkan di batang bawah permukaannya dapat menempel dengan baik.

potongan-batang-atas

Apabila sudah selekasnya selipkan batang atas tadi ke batang bawah. Paskan sampai tidak miring ke kiri atau ke kanan.

sambungan-bougenvile

Ikat dengan tali, jangan sampai pernah pernah terlalu ketat, cukup diperkirakan tempelan keduanya menyatu dengan baik karena ikatan yang terlalu kuat jadi dapat menyebabkan rusaknya jaringan batangnya.

ikat-dengan-tali-bunga-kertas

Lalu untuk kurangi penguapan dan buat perlindungan kelembaban, bungkus sambungan tadi dengan plastik makanan atau plastik yang umum buat bungkus gula.

bungkus-plastik

Terakhir letakkan pot sambungan tadi ditempat yang teduh, jauhi dulu dari paparan sinar matahari selekasnya. Jauhi juga dari tiupan angin kencang, dan jauhkan dari jangkuan anak-anak kecil agar sambungannya tidak digoyang-goyang.

Type langkah sambung bougenville yang berbatang besar dan contoh lalu dapat dilihat di “Cara sambung celah bougenville batang besar“.

Dalam demikian hari di idamkan sambungan mulai menyatu, ditandai dengan tidak layunya batang atas. Selubung plastik bisa dibuka, untuk ikatannya jangan sampai pernah pernah cepat-cepat dibuka, tunggu hingga benar-benar menyatu.
source:
Toko Bunga Murah Kenjeran Surabaya 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar