Jumat, 11 Desember 2015

14 Spesies Bunga Adenium Serta Perawatnya

14 spesies Bunga adenium serta perawatnya. Kamboja jepang yang dikenal sebagian orang yakni bunga Adenium obesum. Bunganya berbentuk bintang dan berwarna merah cerah. Bunga Adenium obesum yaitu tipe paling umum dijumpai dan terdiri dari bahyak varietas, salah satunya oleifolium, boehmianum, socotranum, somalense, obesum, dan swazicum.

Sekarang ini, adenium memiliki banyak varian, ada yang berbunga besar, mahkota berdiameter 7-12 cm, dan mahkota mini dengan diameter kurang dari 5 cm. Bahkan, beberapa tipe memiliki corak pada mahkotanya. Sebagian type paling baru itu yaitu hasil persilangan dari adenium spesies. Di negara aslinya, gurun pasir Afrika, adenium memiliki berbagai tipe. Sosoknya ada yang mini, semak liar, hingga tumbuh raksasa.

Adenium spesies ini yaitu adenium yang belum disilangkan. Tipe adenium spesies yang banyak di tanam di Indonesia yakni Adenium obesum. Beberapa tipe adenium spesies itu salah satunya sebagai berikut.

Adenium yang dikenal dengan sebutan dessert rose ini banyak di kenali di bagian selatan gurun pasir Arab, Natal, atau Tanzania. Tinggi tanaman bisa mencapai 5-10 m. Daun panjang mempunyai ukuran 3-10 cm dengan ujung membulat. Tipe ini memiliki variasi bentuk dan warna yang banyak. Keunggulan adenium ini yakni pertumbuhannya termasuk cepat dan rajin berbung. Bunga berbentuk bintang dengan corong panjang. Bunga berwarna merah muda hingga merah cerah dan corong berwarna putih.

Adenium obesum var. boehmianum

Boehmianum tumbuh subur di Namibia dan segi selatan Angola. Adenium itu memiliki daun terlebar di antar adenium spesies yang lain. Lebar daun mencapai 10-15 cm. Daun berwarna hijau pucat dan agak keabu-abuan. Sepintas bentuk bunganya sama dengan juga juga juga varietas atau tipe swazicum. Bunga berwarna merah muda pucat dan ungu. Sayangnya, perubahan tanaman ini relatif lambat dan malas berbunga.

 Adenium obesum var. multiflorum

Habitat asli multiflorum yakni Zimbabwe, Tanzania, dan segi timur Afrika Selatan. Di banding adenium yang lain, multi florum memiliki bunga paling indah. Bunganya berbentuk bintang dengan kelopak agak lancip. Warna bunga merah dengan pinggir merah cerah. Tanaman ini hanya berbunga satu tahun sekali dan membutuhkan lingkungan yang sangat kering untuk menyebabkan bunga. Perubahan multi florum hasil perbanyakan biji sangat cepat. Terutama apabila ditanam di daerah dingin. Pada musim dingin, multi florum bisa menyebabkan banyak bunga.

Varietas oleifolium banyak di kenali di Afrika Selatan, Naibiam dan samping Selatan Bostwana. Ciri khas tanaman ini memiliki daun berwarna hijau ke abu-abuan dan mengilap. Panjang daun 10 cm dan lebar 0, 5-1, 5 cm. Bunga berwarna merah muda dengan corong putih. Oleifolium termasuk berbunga mini dengan diameter 2-5 cm. Perubahan tanaman ini relatif lambat.

Adenium obesum var. socotranum

Adenium varietas soctranum banyak dijumpai di pulau Socotra, Yaman. Tanaman ini tumbuh meraksasa dengan tinggi 5 m dan diameter batang 1, 5 m. Batangnya berwarna cokelat keemasan dengan kanopi daun tampak menyempit. Tipe soscotranum lambat mengeluarkan bunga. Tanaman baru mengeluarkan bunga waktu umbi akar seukuran bola tenis. Bunga berwarna merah cerah dengan diameter mahkota 10-13 cm.

Adenium obesum var. somalense

Tipe somalense termasuk tanaman yang mudah tumbuh dan berbunga. Tinggi tanaman asal Somalia itu bisa mencapai 3 m.

Ciri tanaman salah satunya bertulang daun menonjol. Keunggulan somalense yakni bunganya memiliki corak setrip seperti anggrek. Bunga berwarna mempunyai ukuran tengah, berdiameter semakin lebih 5 cm, mahkota berbentuk bintang, dan corong berwarna putih.

Adenium obesum var. swazicum

Tanaman ini banyak di kenali di Natal dan Swaziland. Sepintas sosok swaziecum sama boehmiantum. Daun tipe swazicun sedikit lebih lebar dan lebih pendek. Bunganya berwarna merah muda hingga merah cerah dan ungu muda. Tanaman ini bisa bertahan di daerah dingin. Walaupun pertumbuhannya lambat, adenium swazicum termasuk mudah diperbanyak.

Adenium arabicum

Adenium arabicum termasuk tipe langka. Tak semuanya nurseri di dunia mengkoleksinya. Penampilan sangat eksotis karena batangnya besar dengan percabangan banyak. Tak heran apabila banyak diburu untuk buat jadi batang bawah. Keunggulan tanaman yang berjuluk queen of thousand flower in yakni rajin berbunga. Bunganya berwarna putih dengan pinggir merah muda dan corong putih. Namun, tanaman ini sulit diperbanyak.

ADENIUM HIBRIDA

Berbagai adenium hibrida hasil silangan penangkar dari Thailand, India, dan amerika Serikat membanjiri pasar tanaman hias di tanag air. Terutama dengan munculnya bermacam tipe adenium bercocok dari Taiwan. Hal sejenis itu buat pamor adenium sejajar dengan anggrek. Beberapa tipe ademium hibrida koleksi Godongijo Nursery di paparkan.
source:
Toko Bunga Murah Andir Bandung 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar