Selasa, 29 Desember 2015

"KHASIAT/MANFAAT BUNGA BUGENVIL"

" Semasing pencinta " bunga " pasti tahu " bugenvil ". Tanaman tropis asal negara Brazil ini popular sebagai tanaman hias yang memikat mata ".

 " Bugenvil " yang nama Latinnya " Bougainvillea " glabra ini memiliki banyak varietas yang mendatangkan " bunga " bermacam warna, seperti merah muda, merah tua, putih, ungu, atau kuning. Kuntum " bunga bugenvil " terdiri dari lembaran kelopak " bunga ". Waktu jadi kering kelopak " bunga bugenvil " sama helaian kertas coklat yang tipis. Karenanya di daerah Melayu " bugenvil " disebut juga " bunga " atau kembang kertas. Apabila ada orang tidak gemari menanam " bugenvil ", itu lebih karena daun dan kuntum " bunga bugenvil " mudah rontok. Apabila ditiup angin mengakibatkan tebaran sampah di mana-mana. Selain itu, tanaman perdu ini memiliki akar yang kuat.

 " Bugenvil " yaitu tanaman berduri yang dapat tumbuh di ketinggian 1-1400 mtr. di atas permukaan laut. Terlepas dari keelokan warna-warni " bunga " dan bayangan mitos yang menyelimutinya, " bugenvil " sesungguhnya layak ditanam di pekarangan. Daun, " bunga ", akar dan kulit batang " bugenvil " mempunyai kandungan saponin dan polifenol. " Bugenvil " bukan hanya tanaman hias, tetapi bisa pula berguna juga juga sebagai obat. misalnya :

1. " Bugenvil " dapat di " manfaat " kan sebagai obat hepatitis alami. Siapkan batang " bugenvil " yang sudah dikeringkan. Bersihkan bersih, lalu rebus, saring, lantas minum airnya waktu hangat

2. Segi kuntum " bunga bugenvil " juga ber " faedah " sebagai obat penyakit bisul, Ambil " bunga bugenvil " dan daun cocor bebek sekedarnya, bersihkan lalu haluskan. Tempelkan pada kulit yang sakit.

3. " Bunga bugenvil " juga berguna juga juga sebagai obat keputihan. Langkahnya : Siapkan 15 gr " bunga bugenvil ". Setelah dicuci, rebus dengan air. Saring lalu minum airnya.

4. " Bunga bugenvil " juga berguna untuk mengobati haid tidak teratur. Langkahnya : Siapkan 9-15 gr " bunga bugenvil ". Rebus bahan dengan air. Saring, lalu minum airnya.

5. " Bunga bugenvil " dapat ber " faedah " sebagai penyegar badan. Langkahnya : dipakai + 10 gr " bunga Bougainvillea " glabra, dicuci dan direbus dengan 3 gelas air sampai mendidih selama 15 menit, dinginkan dan disaring. Hasil saringan diminum 2 x pagi dan sore sama banyak.

penyakit yang dapat diobati : Disentri, Kencing Nanah, Bisul, Sakit pada putting susu

langkah pemakaian : untuk segi luar, giling tanaman sampai halus san selekasnya dibubuhkan dibagian yang sakit, seperti pada bisul atau sakit pada putting susu. tengah untuk pemakain dalam, seluruhnya bagaian tanaman dapat direbus dan airnya diminum, sekedarnya bisa 3 kali sehari.
source:
Toko Bunga Murah Sukarami Palembang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar