Senin, 21 Desember 2015

Keindahan Anggrek dari Alam

Kekayaan flora Indonesia memang layak dibanggakan. Jadi tak heran jika Indonesia dikenal sebagai yang mempunyai tipe anggrek paling banyak dan paling cantik di dunia. Data perlihatkan, ada sekitar 3. 500 anggrek alam dan hibrida di Indonesia.

Tipe anggrek yang paling popular dan banyak dikoleksi yakni Dendrobium sp karena harga nya terjangkau, memiliki banyak warna, dan perawatannya sangat mudah.

 " Anggrek spesies atau anggrek alam yakni tipe anggrek yang benar-benar tetap masih asli, belum pernah disilang atau diperbanyak, " kata Rini, yang mempunyai Luna Orchid di Taman Anggrek Indonesia Permai (TAIP), Jakarta. Satu di antara kelebihan yang mudah dilihat yakni bentuk bunganya yang unik. Sebentar persoalan ketahanan, bunga anggrek tipe ini tidak bisa disamaratakan. Pasalnya, ada yang hanya tahan 2-3 hari, ada pula yang bisa bertahan hingga dua minggu, bahkan hingga tiga bln..

Anggrek alam memang memiliki ciri khusus, seperti di berikanlah Budi Rustanto dari Laboratorium TAIP. " Ini tak sama juga dengan juga juga juga anggrek hibrida, karena pertumbuhannya cepat dan memiliki spesies unik. Kadang-kadang, hanya batangnya saja juga sudah bagus. Ini karena anggrek hibrida diambil dari rimba, sampai pemeliharaan kurang, " papar Budi.

Beda Suhu

Perawatan semuanya tipe anggrek sesungguhnya sama, termasuk anggrek alam. Namun, perbedaan ada pada suhu. Pada dasarnya, anggrek bisa tumbuh subur di bermacam tipe iklim dan dataran, baik dataran tinggi, tengah, maupun rendah. Namun, penyesuaian suhu ini bisa mempunyai dampak pada bunga yang dihasilkan dari tanaman anggrek. " Sering, kan, ada keluhan orang beli anggrek tetapi tidak berbunga. Ini karena suhu tak pas sama. Misalnya, anggrek yang cocok di dataran tinggi dirawat di dataran rendah, ini bisa mengakibatkan berbunganya agak lambat, " lanjutnya.

Dua Kali Satu hari

Walaupun sesungguhnya, tak sulit sesungguhnya buat anggrek tumbuh subur dan berbunga cantik. " Asal rajin menyiram, berikanlah pupuk, serta mengatur hama dan penyakit. Kita juga harus buat perlindungan lingkungan di sekitarnya agar sehat dan bersih, serta memerhatikan temperatur dan kelembapan. Apabila ini diperhatikan, anggrek akan tubuh subur, gemuk, dan senantiasa berbunga, " tuturnya.

Bagaimana tata langkah perawatannya? Budi berikanlah trik, lakukan penyiraman 2 x dalam sehari, yakni pada pukul 6-9 pagi dan jam 3-5 sore. Sebentar saat masuk musim penghujan, tak perlu disiram. Anggrek memang sukai pada air, tetapi apabila biasanya, bisa-bisa akar dan batangnya membusuk. " Saat penyiraman juga, cukup ujung daun sampai media tanam saja, " terang Budi yang sudah sebagian puluh th. mengelola Laboratorium TAIP.

Setelah permasalahan penyiraman usai, Anda juga harus tahu tentang pemberian pupuk. " Bisa menggunakan pupuk kimia maupun pupuk buatan. Terlebih yakni cocokkan dengan kepentingan dan dosisnya. Ingat, beri pupuk 1 minggu 2 x, setelah anggrek disiram. "

Sebentar tipe hama dan penyakit yang akrab dengan anggrek, salah satunya jamur, kembang gajah, belalang, dan yang lain. " Ingindaliannya bisa dengan insektisida dan fungisida, " lanjutnya.

Moss Paling Bagus

Untuk menanam anggrek, bisa menggunakan bermacam media tanam, salah satunya arang, pakis, daun kaliandra, sabut kelapa, sphagnum moss, dsb. Ada juga yang menggunakan kayu pinus bercampur sekam. " Sebenarnya, sih, media tanam tidak terlalu mempunyai dampak, yang lebih paling utama yakni perawatan. Contoh, apabila anggreknya di simpan di pot, sebaiknya menggunakan arang supaya tidak mudah busuk, " jelas Budi.

Menurut Rini, sphagnum moss yaitu media tanam yang paling bagus, walaupun sayang, harga nya tetap masih mahal. " Selain itu, saat menggunakan moss sebagai media tanam, jadi anggrek tidak bisa di simpan di luar senantiasa, karena bisa terserang hujan dan basah sampai menyebabkan busuk akar, " ungkap Rini yang makin banyak siapkan anggrek impor di showroom-nya.

Rini berikanlah, penyimpanan terbaik yakni kembalikan anggrek ke alam, yaitu melalui langkah diikat ke pohon. " Makin bagus, karena makin banyak udara, tidak seperti di ruangan tertutup yang banyak penyakitnya. "

Apabila menggunakan media tanam pakis, sebaiknya tetapkan yang agak kasar karena apabila terlalu halus, airnya jadi banyak sampai bisa terserang jamur. " Dapatkah menggunakan arang atau kulit pinus untuk di luar ruangan, " kata Rini.

Yang perlu diperhatikan yakni ketahanan semasing tipe media tanam ini. Arang bisa bertahan sekitar setahun sebelum diganti, sebentar moss atau daun kaliandra sedikitnya tiga bln. sekali harus diganti karena lembap. Bisa menyebabkan pembusukan sampai anggrek diserang jamur.

 " Buat perlindungan anggrek itu harus dengan penuh kepedulian, seperti kita buat perlindungan diri sendiri, " kata Budi. " Ajak ia bicara, ganti media tanam, beri pupuk, pasti bisa tumbuh subur, " kata Budi.

Teknik Kembang Biak

Pengembangbiakan tanaman anggrek bisa melalui langkah alamiah atau mungkin saja dengan teknik khusus. Pengembangbiakan alamiah bisa diakukan dengan split, stek, atau keki (tanaman tumbuh di tanaman lain), sebentar pengembangbiakan dengan teknik bisa diakukan lewat hibridisasi dan kultur jaringan. Hibridisasi butuh waktu kurang lebih sembilan bln. hingga bibit bisa dikeluarkan dari botol. Sebentar teknik kultur jaringan butuh waktu lebih lama, yaitu hingga setahun lebih.

 " Maksud hibridisasi yakni untuk mencari varietas atau tipe anggrek baru yang unggul dan bermutu dengan jalan penyilangan. Oleh karena itu, sekarang ini banyak anggrek dengan beragam warna hasil hibridisasi, " jelas Budi. Kultur jaringan diakukan buat perlindungan tipe khusus supaya tidak hilang atau punah. Juga untuk memperbanyak satu tipe anggrek jadi sebagian ribu kurun saat singkat, dengan hasil yang sama dengan juga juga juga induknya. Ini biasanya diakukan untuk mendapatkan bunga potong.

Hadiah dari Pasien

Lita Darmawan yakni seorang penyuka dan kolektor anggrek spesies dengan kata lain anggrek alam. Berpuluh anggrek spesies menghiasi bermacam sudut halaman rumahnya yang luas dan hijau di bilangan Bintaro, Jakarta Selatan. Sesungguhnya, wanita cantik yang berprofesi dokter gigi ini sukai pada semuanya tipe anggrek. " Namun, saya sangat gemari anggrek spesies karena unik, langka dan bunganya sangat indah, " kata Lita yang makin banyak menggunakan pohon sebagai media tanam anggreknya.

Lita memeroleh berbagai anggrek spesies yang unik dan langka lewat bermacam langkah. Salah satunya diberi pasien yang datang dari Papua. " Apabila sudah buat perlindungan dan saksikan anggrek, merasa lelah jadi hilang, " lanjut wanita yang juga kegemaran treadmil ini.
source:
Toko Bunga Murah Kertapati Palembang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar