Selasa, 22 Desember 2015

Bunga Asoka, Si Pengusir Sedih

Kata “Asoka”telah sering Anda dengar. Kata ini datang dari bhs Sanskerta dan berarti bebas dari rasa sedih (soka berarti sedih, a berarti tidak ada). Dalam lafal yang sama, kajian sejarah mencatat seorang raja bernama Ashoka. Cukup menarik mengulas narasi raja ini. Namun di peluang ini, yang bakal kita urai yakni Asoka si pohon dengan bunga indah. Konon kabarnya, tokoh yang menyebarkan agama Buddha lahir persis di bawah pohon bunga Asoka ini.

Tahu Asoka Lebih Dekat

Sebagai bunga, Asoka cukup popular buat jadi tanaman hias. Di Indonesia sendiri, cukup mudah rasakan Asoka tumbuh subur di pekarangan sebagian orang. Perawatan yang mudah serta tampilan bunganya yang cantik memang memaksa sebagian orang untuk jatuh hati. Tahukah Anda bahwa kecuali dijuluki si pengusir rasa sedih, bunga Asoka juga dijuluki Flame of the Wood atau Api Rimba. Sebutan ini karena warna bunganya yang mencolok dan trlihat hangat. Mengapa rimba? Lantaran, konon bunga Asoka pertama kalinya di kenali tumbuh liar di rimba.

Dari tampilan fisik, bunga Asoka memiliki sinyal tanda salah satunya :
Berbatang tegak, dengan pohon berkayu bulat. Sistem percabangannya simpodial dan berwarna putih kotor.
Segi daun bunga Asoka cenderung lonjong dengan segi pangkal meruncing. Daun ini berupa tunggal dan pertulangannya menyirip.
Bunga asoka bisa dijumpai dalam bermacam warna salah satunya merah muda, merah terang hingga oranye. Bunga ini berupa majemuk, berkelamin dua dengan kelompak sama corong. Benang sarinya beberapa empat dan segi kepala sarinya melekat dibagian mahkota.
Akar bunga asoka berupa tunggang, warnanya kecoklatan.
Bunga Asoka masuk ke kerabat Fabaceae atau polong-polongan. Jadi, Anda bisa pula menjumpai biji pada tanaman ini.

Tak Hanya Hiasan

Sedikit yang tahu, kecuali bermanfaat sebagai tanaman hias, sesungguhnya bunga Asoka juga memiliki sebagian faedah terutama untuk kesehatan. Karakter mujarab-nya ini datang dari senyawa hematoksilin dibagian bunga dan kulit kayunya. Kecuali hemaktosilin, bunga Asoka juga mempunyai kandungan tannin yang melimpah, zat besi serta unsur organik pembangun tubuh yang lain.

Tentang faedah bunga Asoka yang sudah banyak dibuktikan sebagian orang, salah satunya :
Untuk mengobati sinyal tanda disentri hemoragik. Langkahnya dengan menumbuk halus bunga Asoka dan dikombinasi dengan air bersih.
Untuk mengatasi haid yg tak lancar. Langkahnya dengan meminum hasil rebusan segi bunga Asoka yang telah dicapur dengan mawar juga daging dalam tanaman lidah buaya.
Untuk mengusir kram pada betis. Langkahnya yakni dengan meminum air rebusan bunga Asoka yang pada awalnya telah dipadukan dengan daun sembung juga bunga mawar.
Untuk mengobati luka yang memar. Langkahnya yakni dengan merebus bunga Asoka bersamaan dengan kelopak mawar dan umbi daun dewa. Minum teratur.
source:
Toko Bunga Murah Dampit Malang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar