Rabu, 02 Desember 2015

Inilah Indahnya Pohon-Pohon Sakura Yang Tumbuh di Indonesia

Untuk pengagum keindahan Bunga Sakura (prunus serrulata), tak perlu jauh-jauh terbang ke Jepang. Didalam negeri juga ada. Jadi, kita dapat nikmati `hanami` (kebiasaan saksikan bunga) tak ada mesti pergi ke Jepang.

Keindahan sakura buat beberapa warga Indonesia yang pernah tinggal di Jepang, mempunyai kemauan membawa bibit sakura untuk ditanam di Indonesia, seperti di Bali serta di Kebun Raya Cibodas. Tetapi, sebenarnya, sakura bisa dengan gampang didapati lantaran tumbuh dimanapun.

Pohon Sakura tumbuh liar di Waingapu, Pulau Sumba, NTT

Satu diantara pohon Sakura ada di Waingapu, Pulau Sumba, Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur, di sana dapat di ketahui keindahan mekarnya bunga Sakura. Uniknya, Bunga Sakura di Pulau Sumba tumbuh melalui langkah liar di tepi jalan-jalan diluar kota.

bunga sakura di waingapu, Sumba, NTTMeskipun ada di daerah kering, pohon sakura ini senantiasa menyebarkan aroma wangi seperti sakura yang ada di Jepang yang tumbuh ditempat dingin.

Sakura di Sumba berbunga pada bln. Oktober, serta bakal bertahan sampai bln. November, lalu gugur.

Saat pohon bunga sakura gugur, warga yang tengah bangun rumah, memakai batang pohon sakura buat untuk jadi tiang.

Warga juga gemari menuai bunga sakura untuk dibawa ke rumah lantaran menyebar harum. Warga gemari mengambil bibit bunga sakura untuk dikembangbiakkan di tempat mereka.

Bunga Sakura di Pulau Batam

Di Pulau Batam, pohon Sakura asal Jepang ditanam di komplek industri Batamindo, Muka Kuning, Batam, Kepulauan Riau (Kepri). Pohon Sakura di Pulau Batam ini ditanam disepanjang jalan, serta bakal mulai bersemi, merekah lantas gugur semasing bln. Maret sampai Mei.

Di Batam pohon Sakura lebih di kenal dengan nama pohon Tabebuya. Meskipun sebenarnya pohon Tabebuya yang datang dari Brazil, cuma mempunyai warna kuasai kuning serta cuma sedikit yang bermerah muda, terlebih berbagai.

Jika Bunga Sakura mulai berbunga, warga Batam juga tak ketinggalan nikmati keindahan bunga yang sangatlah popular ini. Mereka mengabadikan bunga itu dengan memphoto serta merekamnya.

Taman Sakura Cibodas, Jawa Barat

Di Kebun Raya Cibodas, kita dapat saksikan pohon Sakura yang telah ditanam mulai sejak th. 1953 yang bakal berbunga pada seputar bln. Januari-Februari atau Februari-Maret. Di Kebun Raya Cibodas sudah ditanam beberapa ratus pohon Sakura dengan 7 type tanaman Sakura yakni, Prunus cerasoides, Prunus yedoensis, Prunus yamasakura, Prunus lannesiana, Prunus sp., Prunus arborea, serta Prunus costata.

Ide tempat Taman Sakura di tempat seluas seputar 2 hektare itu, yakni gabungan budaya Jepang dengan arsitektur Sunda (Jawa Barat). Gabungan ini tampak dengan dibangunnya gazebo. Tak ada singkirkan ciri khas bangunan Jepang, lantai sisi bawah gazebo itu di bangun dengan pola hexagonal (delapan pojok) juga sebagai ciri khas bangunan Jepang. Sebentar atap bangunan atasnya dikonsep ala rumah khas Jawa Barat.

Bunga sakura yang sekarang ini tumbuh di Taman Sakura KRC-LIPI tak seluruhnya di ambil selekasnya dari Jepang. Dengan system stek, KRC-LIPI sukses tingkatkan bunga sakura yang dihadirkan dari Himalaya.

Dahulu, waktu diawali pembangunan Taman Sakura, bekas Presiden RI Megawati Soekarno Putri, yang di kenal perduli lingkungan hidup, memiliki kesempatan menanam selekasnya bunga sakura di areal itu. Berkeinginan untuk cobanya? Anda bisa berkunjung ke obyek wisata yang ada di Kampung Rarahan, Desa Cibodas.

Bunga Sakura di Karangasem, Pulau Bali

Di pulau Bali juga ada pohon Sakura lantaran sebagian 300 bibit bunga Sakura Yoko didapat dari Japan Sakura Exchange Association pada pihak Pemerintah Kabupaten Karangasem yang ditanam di lokasi-lokasi di daerah Karangasem. Satu diantara tempat penanaman bunga Sakura ini berlokasi di Desa Rendang. Tempat ini diambil lantaran dinilai pas dengan habitat hidup bibit Sakura.

“Bibit bunga yang kami bawa ini dimaksud Sakura Yoko. Bibit bunga Sakura ini tidak sama dengan juga juga juga juga bunga Sakura yang ada di Jepang lantaran telah kami modifikasi. Bunga Sakura Yoko ini dapat tumbuh dimanapun, baik di daerah dingin bersalju atupun di daerah panas seperti disini (Karangasem), ” tutur Mori kazusika, Ketua Japan Sakura Exchange Association, di Rendang, Karangasem, Bali, Selasa (13/11/2012).

Penanaman bunga sebagai ikon di Jepang ini, Bupati Karangasem I Wayan Geredeg menyongsong baik usaha pengembangan bunga Sakura di wilayahnya. Pengembangan bibit bunga Sakura yang di kenal sangatlah indah ini di idamkan akan jadi daya tarik sendiri untuk dunia wisata di Kabupaten Karangasem.

“Terima kasih atas pemberian bibit bunga Sakura ini, semoga pemberian bibit bunga Sakura ini jadi pembuka hubungan kerja lalu pada Karangasem dengan Osaka Jepang, ”ujar Bupati. Tetapi sayangnya, lantaran pohon Sakura ini baru ditanam pada th. 2012 lantas, jadi pohon ini belum berbunga sampai saat ini, sabar ya. (berbagai sumber).
source:
Toko Bunga Murah Online Medan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar