Minggu, 13 Desember 2015

Cara Memilih Bunga Sedap Malam

Siapa yg tidak tahu bunga enak malam? Bunga yang mempunyai nama latin Polianthes tuberosa ini mengeluarkan aroma wangi yang enak terutama waktu malam hari, sampai dinamakan enak malam. Bunga ini sering dipakai sebagai bunga potong dan digunakan sebagai bahan wangi-wangian. Biasanya bunga ini dipajang di dalam ruangan dan aromanya akan semerbak mewangi di seluruhnya ruangan. Tidak heran apabila bunga ini banyak diburu oleh sebagian pengagum bunga, terutama saat menjelang hari raya. Hmm, harga nya dapat juga melambung tinggi, 3 sampai 5 kali lipat dari harga pada hari-hari biasanya.

Berbeda tentang dengan bunga krisan yang penuh dengan variasi warna. Bunga ini hanya memiliki satu warna, putih. Namun dengan warna putih itu, jadi berikanlah peluang yang untungkan karena kita dapat mewarnai baru pada bunga ini sesuai sama sama keduanya sama keduanya sama keduanya sama hasrat, merah, kuning, biru atau warna yang lain.

Pertanyaannya yakni bagaimanakah langkahnya untuk mewarnai bunga enak malam?

Bunga enak malam ini termasuk juga bunga yang mudah menyerap larutan pewarna. Teknik yang sering digunakan untuk mewarnai bunga enak malam yaitu dengan merendam tangkai bunga dalam larutan pewarna. Pewarna yang digunakan yakni pewarna makanan baik padat maupun cair (tipe pewarna cair 40-50 cc/liter air atau bubuk 2-4 g/liter air).
Sebagian bahan lain yang digunakan untuk buat larutan pewarna yaitu gula dan asam sitrat. Gula sebagai nutrisi buat perlindungan kesegaran bunga tengah asam sitrat bertindak untuk mempercepat laju penyerapan larutan pewarna. Formulasi larutan pewarna dalam 1 liter air diperlukan 4 g bahan pewarna + 60 g gula pasir + 1 g asam sitrat + larutan pengawet. pH larutan pewarna yang disarankan 3, 5.
Langkah pewarnaan yaitu dengan tentukan bunga yang bagus dengan kemekaran bunga 25 %. Daun yang menempel pada tangkai dihilangkan. Ujung tangkai dipotong serong lantas direndam dalam larutan pewarna. Lama perendaman pada 2 - 8 jam tergantung warna yang di idamkan, semakin lama perendaman jadi warna yang dihasilkan akan semakin tua. Nah, mudah tidaklah mewarnai bunga enak malam?
source:
Toko Bunga Murah Ampelgading Malang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar