Selasa, 29 Desember 2015

KLASIFIKASI ILMIAH BUNGA BOUGENVILLE - SERTA MANFAAT DAN KHASIATNYA BAGI KESEHATAN

Klasifikasi Ilmiah
Kerajaan : plantae
Divis : magnoliphyta
Kelas : magnoliopsida
Ordo : caryophyllales
Family : nyctaginaceae
Genus : bougainvillea
Sepsesies : bougainvillea buttiana, bougainvillea glbra, bougainvillae peruviana, bougainvillea spectabillis, bougainvillea spinosa.

Bugenvil yaitu tanaman hias popular. Mempunyai bentuk yakni pohon kecil yang susah tumbuh tegak. Keindahannya datang dari seludang bunganya yang berwarna cerah dan menarik perhatian karena tumbuh dengan rimbunnya. Seludang bunga ini kerap disangka sebagai segi bunga, walau bunganya yang benar yakni bunga kecil yang terlindung oleh seludang.
Tanaman bunga kertas atau bougainvillea ini mempunyai segi tanaman yang berwarna-warni. Oleh karena itu, tanaman bougainvillea jadi tanaman hias yang sangat popular karena kecantikkan warnanya dan langkah merawatnya yang mudah.
Datang dari Amerika Selatan, waktu tanaman ini berbunga, tanaman ini mempunyai kebiasaan merontokkan beberapa daunnya. Mempunyai bentuk yakni pohon kecil yang susah tumbuh tegak. (Seludang bunga (atau spatha) yaitu daun pelindung, yang seringkali mempunyai ukuran besar, yang menyelubungi seluruhnya bunga majemuk waktu belum mekar. Seludang bunga dapat dijumpai pada susunan generatif (" bunga ") tumbuhan anggota suku aren-arenan (Arecaceae dan suku talas-talasan (Araceae). Seludang bunga sebenarnya yaitu satu bentuk khusus dari daun pelindung (bractea)).
Bukan hanya cantik, bunga itu bisa pula digunakan sebagai hiasan rambut. Keaneka ragaman warnanya buat halaman rumah jadi hidup. Bunga yang satu ini memang jadi primadona bunga/tanaman hias. Namun anda jangan sampai pernah pernah salah, bukan hanya untuk tanaman hias saja juga sebagai andalannya. Bunga bugenvil itu bisa berguna untuk penyembuhan beberapa penyakit.

Dan tahukan anda untuk penyembuhan apa pun?

Ini dia manfaat dan faedah bunga bugenvil.
 Mengobati Bisul
 Bersihkan bersih bunga bugenvil dan daun cocor bebek (Kalanchoe pillnata {Lam. }Pers.) sekedarnya. Tumbuk ke-2 bahan ini sampai halus lalu tempelkan pada bisul. Lakukan lewat langkah teratur sampai bisul peed’. Ramuan ini hanya digunakan sebagai obat luar.

Singkirkan Biang keringat dan gatal-gatal (pruritis)
 Bersihkan bersih bunga bugenvil, daun sirih (Piper betle L.), dan daun lidah buaya (Aloe uera) yang sudah dikupas, semasing sekedarnya. Rebus semuanya bahan ini sampai mengental lalu dinginkan. Berikanlah cairan kental (gel) ini pada biang keringat dan segi yang gatal. Lakukan secara teratur dan sesuai sama sama keduanya sama keduanya sama keduanya sama kepentingan sampai biang keringat serta gatal-gatal hilang. Ramuan ini hanya digunakan sebagai obat luar.

Mengobati Hepatitis
 Bersihkan 15 g batang bugenvil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum saat hangat beberapa 1 gelas sehari.

Buat lancar Haid tidak teratur
 Bersihkan bersih 9-15 g bunga bugenvil dan 15 g umbi rumput teki (Cyperus rotundus L.) sampai bersih. Rebus semuanya bahan dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum 1 gelas sehari.

Mengobati Keputihan (leucorrhea) dan nyeri haid (dysmenorrhea)
 Bersihkan bersih 9-15 g bunga bugenvil sampai bersih lalu rebus dengan 2 gelas air sampai tersisa 1 gelas. Saring air rebusannya lalu minum sekalian 1 gelas sehari.

Mengatasi sakit waktu haid dan darah haid menggumpal
 Bersihkan bersih 15 g bunga bugenvil, 15 g bunga mawar, dan 70 g daun lidah buaya yang telah dikupas kulitnya. Rebus ketiga bahan dengan 2 gelas air sampai 1 gelas lalu saring. Minum air rebusannya 2 kali sehari, semasing 1/2 gelas.
source:
Toko Bunga Murah Bandung Wetan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar