Minggu, 13 Desember 2015

Bunga Azalea

Tanaman Saliyah atau Azalea yakni tipe tanaman berbunga dari keluarga Ericaceae dan genus Rhododendron yang tumbuh di tempat beriklim tengah. Azalea tumbuh di sebagian besar Asia Timur dan Amerika Utara. Bunganya berkembang pada awal musim panas di bln. Juni dan pada musim gugur menggugurkan dedaunannya, terutama pada spesies Amerika. Spesies Azalea Asia memiliki daun yang hijau sepanjang th..

Azalea dikembangkan sebagai tanaman hias yang popular. Pada habitat liar, ia umum tumbuh di rimba dan tempat berawa. Warna bunganya bermacam dari merah, kuning, putih, pink, dan ungu. Di Amerika Utara sendiri ada semakin lebih 50 tipe spesies azalea.

Akar azalea dangkal dan hidup paling baik pada tanah asam yang subur di tempat yang agak teduh. Pada stamen azalea yang panjang ada kelopak bunga yang mempunyai kandungan serbuk sari.

Saksikan tanaman Azalea (Rhododendron sp.) tengah berbunga memang menyejukan dan buat kondisi hati jadi tenang. Masuk akal, karena kecuali menyerap karbondioksida, si cantik ini sesungguhnya juga pancarkan aura dingin. Anda ingin menanam azalea? Perhatikan media tanam dan perawatannya agar tanaman rajin berbunga.

Menurut literatur, bunga cantik ini datang dari negara Asia Tenggara, Amerika dan Australia. Walau tidaklah tanaman asli Indonesia, pesona azalea selalu memikat sebagian hoblis tanaman hias.

Sekarang ini azalea sudah banyak disliangkan sampai terbentuk varietas baru dengan warna kelopak bunga makin berbagai, mulai dan putih, pink, kuning, violet hingga gabungan beberapa warna. Si cantik azalea cocok sebagai tanaman pembatas, tanaman pagar atau ditanam dalam pot.

Azalea termasuk tanaman family Erieaceae yang mudah diperbanyak. Setek batang yaitu langkah yang paling banyak diakukan. Tetapkan batang yg tak terlalu tua dan tidak terlalu muda. Potong batang terpiiih sepanjang 10 cm dan buang sebagian daunnya untuk kurangi penguapan. Untuk mempercepat tumbuhnya akar, berikanlah pangkal batang dengan zat perangsang akar seperti Rootone F atau Bloroot A.

Tanam pada media tanah kebun/humus, mos dan pasir halus dengan perbandingan 1. 1. 1 Gabungan media ini sangat eaeak untuk azalea karena berupa porous (tldak mengikat air) Azalea menyukal media yang lembab namun tidak tergenang air Siram sekedarnya waktu pagi han waktu matahari belum tinggi.
source:
Toko Bunga Online Sleman Jogja 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar