Minggu, 27 Desember 2015

Redakan Sakit Tenggorokan dengan Kembang Bokor

Kembang bokor/Hortensia (Hydrangea macrophylla) dikenal sebagai tanaman hias yang elok rupanya. Tidak heran, karena tanaman hias yang satu ini memiliki berbagai rupa warna yang memikat pada kuntum-kuntum bunganya, dari hijau muda, biru keunguan, merah muda cerah, sampai merah lembayung.

Waktu mekar, kuntum bunga tanaman ini terlihat rapat dan bergerombol buat cluster, seperti sarang lebah. Tanaman Kembang bokor sukai hidup di tempat yang berhawa sejuk. Karena itu, di Indonesia, tanaman rupawan ini dapat dengan mudah di kenali di daerah Puncak, Bogor, Lembang, dan Bandung.

Tanaman yang aslinya dari Tingkok dan Jepang ini, termasuk juga sebagai tanaman perdu menahun, dengan batang kuat dan tegak, serta memiliki tinggi pada 0, 5-1 m. Daun Kembang bokor berupa tunggal dan memiliki tangkai dengan letak yang bersilang, dan memiliki tepian yang bergerigi.

Akar Kembang Bokor Obati Sakit Tenggorokan
Sebagai tanaman herbal, Kembang bokor yang lebih dikenal dengan sebutan Chang Shan di China ini, sudah dipakai oleh tabib China sejak mulai semakin lebih 2000 th. lalu untuk mengobati berbagai penyakit.

Di Indonesia, kecuali sebagai tanaman hias, Kembang bokor juga digunakan untuk hal yang sama. Daun dan bunga Kembang bokor dapat digunakan untuk menyembuhkan sakit kurap, malaria, serta eksim pada kantung zakar.

Selain itu, sakit tenggorokan bisa pula diatasi dengan menggunakan akar Kembang bokor untuk membantu meredakan rasa nyeri di tenggorokan.

Dalam dalam pengetahuan farmakologi tradisional, rasa pahit dan pedas pada Kembang bokor memiliki karakter dingin yang pasti bermanfaat sebagai antiradang dan berupa toksik (mengeluarkan racun).

Sakit tenggorokan yaitu satu di antara sinyal tanda ada peradangan. Apabila Anda merasakannya, coba pakai akar Kembang bokor untuk membantu mempermudah sakit tenggorokan yang Anda alami dengan cara-cara itu.

Ambil akar tanaman Kembang bokor yang tetap masih fresh, bersihkan bersih, dan keringkan.
Potong Akar kembang bokor yang sudah dibersihkan jadi segi yang lebih kecil.
Campur potongan akar Kembang bokor dengan cuka apel sekedarnya dan haluskan.
Peras airnya dan singkirkan ampasnya.
Ambil air perasan ini dan gunakan sebagai obat kumur tenggorokan.
Untuk meredakan sakit tenggorokan Anda, berkumurlah menggunakan air perasan akar Kembang bokor tiga kali sehari. Sebaiknya, Anda tidak mengkonsumsi obat herbal Kembang bokor terlampau terlalu berlebihan karena bisa menyebabkan rasa mual yg tak nyaman Selain itu, ibu hamil tidak disarankan mengkonsumsi ramuan Kembang bokor sebagai obat herbal.
source:
Toko Bunga Murah Gunung Kidul Bandung 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar