Selasa, 29 Desember 2015

Daya Pikat Bunga Bugenvil

Merawatnya Mudah, Berbuahnya Juga Rajin

Walau tidak datang dari Indonesia, tanaman bugenvil (bougainvillea spectabillis) sangat popular di grup beberapa orang kita. Tanaman ini datang dari Brazilia, Amerika Selatan. Seorang ahli Botani Perancis lah yang dapatkan tanaman ini di daerah aslinya.

Dan waktu kembali ke Perancis ia menunggu kapal yang dinahkodai Commodore Louis de Bougainville. Sebagai ugkapan terima kasihnya pada sang nahkoda ahli botani itu lalu menanamkan tanaman semuanya sebagai bougainvile saat itu kita sebut sebagai bugenvil.

BUNGA SEMUA

Umumnya orang saksikan daya pesona bugenvil pada berbagai bunganya yang berwarna-warni. Ada yang merah cerah (b. Spectabilis Rubra Plena), Putih (b. Spectabillis Alba), Kuning (b. spertabilis glabra Salmonea), Merah jambu (b. spectabillis Arborea). Kelopak bunganya yang tunggal maupun ganda buat orang gemas melihatnya. Tetapi sesungguhnya bunga-bunga yang kita kagumi itu cuma bunga-bunga semu.

Bunga yang sesungguhnya jadi kecil dan tenggelam di tengah-tengah bunga semuanya. Namun kita semuanya terlanjur menyetujui bahwa yang terlihat bermacam warna itu bunganya.

Bugenvil termasuk tanaman yang mudah ditanam. Langkah memperbanyak tanaman itu bisa mudah. Dengan menyetek batangnya yang tua atau mencangkoknya. Media tumbuh yang baik untuk tanaman bugenvil yakni tanaman yang subur dan gembur.

Untuk beroleh media seperti ini, campurlah tanaman dengan pupuk kandang yang telah tua. Tengah susunan tanah yang gembur dapat diperoleh dengan mencampurkan sedikit pasir.

Sebelum menanam bugenvil, sebaiknya buat persiapan dulu tempatnya. Buat galian mempunyai ukuran 50 x 50 x 50 cm. Tanah dari lubang inilah saat itu dikombinasi dengan pupuk kandang dan pasir dengan perbandingan 2 : 1 : 1.

ANEKA BUNGA

Walaupun termasuk tanaman yang mudah tumbuh, drainase tanahnya perlu diperhatikan. Pada situasi tanah yang sering tegenang air, tanaman ini tak akan mau tunjukkan kecantikan " bunganya ".

Biasanya bunga bugenvil berbunga lewat langkah optimal pada suhu udara 20 - 35 derajat Celcius. Terutama pada musim kemarau. Dan Bugenvil gemari sekali bemandi cahaya sepanjang waktu.

Jika daun-daunnya terlampau rimbun juga bugenvil jadi malas berbunga. Karena itu, pertahankan daun pohonnya dalam kondisi 1/2 gundul.
Supaya dalam satu pohon bugenvil terdapat beberapa warna bunga sekalian, Anda dapat kerjakan penyambungan stek-stek pada ranting yang tumbuh.

Di bagian pucuk ranting berdiameter 3-5 mm dipotong serong atau dipotong bentuk V. Lalu sambung dengan stek pucuk dari bugenvil berbunga lain yang dipotong serong berlawanan dengan bunga asal. Ikat segi sambungan itu erat-erat dengan tali rafia agar terlindung dari rembesan air hujan yang bisa mengakibatkan batang busuk.

Jika puncak-puncak sambungan telah tampak fresh kembali, bukalah ikatan talinya. Untuk mendapatkan hasil yang memuaskan lakukan penyetekan ini pada musim penghujan. Demikian waktu ini saat tanaman ini berbunga, jadi Anda pasti akan beroleh berbagai warna bunga dalam satu tanaman.
source:
Toko Bunga Murah Ngampilan Jogja 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar