Minggu, 20 Desember 2015

Nama Latin Mawar, Lengkap Dengan Deskripsi Singkat

Apa sih nama latin dari bunga mawar yang sering kita saksikan terutama di seputar kita? Nama latin mawar yang sering kita saksikan terlebih di Indonesia yang sering diperjual belikan yakni Rosa sp. Namun, sesungguhnya nama latin daripada bunga mawar sangatlah banyak berdasarkan pada asal spesiesnya. Itu di sini nama latin mawar berdasarkan pada asal spesiesnya :
Spesies asal Eropa :

Rosa wichuraiana, dapat tumbuh hingga 6 mtr.. Namanya diambil dari ahli botani Jerman Max Ernst Wichura (1817-1866), dengan akhiran-IANA.

Rosa spinosissima, Mawar putih kecil dari Skotlandia.

Rosa centifolia, digunakan oleh Perancis untuk penyulingan sebagai minyak mawar untuk buat jadi wangi-wangian.

Rosa gallica, datang dari Eropa segi tengah dan selatan.

Rosa canina, menghasilkan buah rose hips yang sangat kaya dengan vitamin C bahkan termasuk di antara sumber vitamin C alami yang paling kaya.

Rosa Alba, yaitu contoh Mawar Taman yang paling tua, dibawa ke Inggris oleh bangsa Romawi kuno.

Spesies asal Amerika Serikat :

Rosa cinnamomea, dinamakan cinnamomea (cinnamon) atau kayu manis karena memiliki aroma seperti kayu manis. Spesies ini hanya jalan sebagai bentuk corolla ganda di New England, Amerika Serikat.

Rosa nitida, dikenal juga dengan mawar yang bersinar karena daunnya bersinar. Nitida datang dari kata nitidus (latin yang berarti bersinar).

Rosa californica, yaitu mawar liar California, yakni spesies mawar asli negara segi Amerika Serikat dari California dan Oregon dan segi utara dari Baja California, Meksiko.

Spesies asal Timur Tengah :

Rosa foetida, diperkenalkan dari Persia (Iran) yaitu berikanlah paling utama untuk budidaya mawar mulai sejak tidak ada bunga mawar kuning asli dari Eropa. Rosa foetida dikenal juga dengan nama Austrian briar, Persian yellow rose dan Austrian coper rose.

Rosa foetida bicolor, mawar dengan warna mekarnya merah-tembaga dengan warna benang sari kuning dan memiliki aroma licorice yang kuat.

Rosa foetida perciana, mawar kuning persia dengan bentuk ganda rosa foetida, bunga kuning yang kuat.

Rosa felicia, yaitu mawar merah muda pucat dengan memiliki banyak kepala pada satu cabang yang melengkung panjang dengan aroma yang sangat enak.

Rosa damascena, yaitu mawar yang datang dari Damaskus (Suria), digunakan oleh Bulgaria, Iran dan Jerman untuk penyulingan minyak mawar untuk buat jadi wangi-wangian.

Spesies asal Tiongkok :

Rosa chinensis, telah lama digunakan sebagai obat tradisional Cina. Mawar tipe ini umum digunakan untuk persoalan perut dan tengah diselidiki untuk mengatur perubahan kanker.

Rosa laevigata, putih, harum yaitu mawar asli Cina Selatan dan Taiwan selatan hingga Laos dan Vietnam, dan invasif di Amerika Serikat.

Rosa gigantea, yakni spesies mawar asli timur laut India, Myanmar utara dan barat daya Cina di kaki bukit Himalaya di 1000-1500 m dpl.

Rosa Primula, yakni satu di antara yang terbaik dari mawar liar yang berpindah jadi besar, tegak, semak berduri dengan daun muda berikanlah aroma yang sangat kaya.

Rosa mulliganii, mawar dengan bunga individu kecil dan tunggal.

Rosa sericea pteracantha, yakni spesies mawar asli Cina barat daya (Guizhou, Sichuan, Xizang, Yunnan), Bhutan, India utara (Sikkim), Nepal dan Myanmar, tumbuh di pegunungan pada ketinggian dari 2, 000 - 4, 400 m.

Rosa hugonis, mawar tua semak favorite yang menjulur naik ke atas, mekar berwarna putih dan kuning pada benang sarinya.

Rosa banksiae lutea, yakni spesies tanaman berbunga dalam keluarga mawar, asli Cina tengah dan barat, di provinsi Gansu, Guizhou, Henan, Hubei, Jiangsu, Sichuan dan Yunnan, di ketinggian 500-2, 200 m.

Spesies asal Jepang :

Rosa roxburghii, yakni obat herbal dengan potensi anti kanker.

Rosa roxburghii ‘hirthua (tidak di kenali referensi untuk penuturannya).

Rosa acicularis nipponensis (tidak di kenali referensi untuk penuturannya).

Rosa multiflora, umumnya dikenal sebagai mawar multiflora, mawar bayi, mawar Jepang, yakni spesies mawar asli Asia Timur, di Cina, Jepang dan Korea.

Rosa wichuraiana (tidak di kenali referensi untuk penuturannya).

Rosa rugosa, menghasilkan buah rose hips yang sangat kaya dengan vitamin C bahkan termasuk di antara sumber vitamin C alami yang paling kaya (hampir sama dengan juga juga juga juga rosa canina).

Rosa uchiyamana (tidak di kenali referensi untuk penuturannya).

Rosa jasminoides (tidak di kenali referensi untuk penuturannya).

Rosa fujisanesis (tidak di kenali referensi untuk penuturannya).
source:
Toko Bunga Murah Medan Deli 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar