Senin, 30 November 2015

RHODODENDRON (AZALEA) BAHAN BONSAI BERBUNGA PALING MENARIK

Apabila kehendaki bonsai berbunga, jadi Azalea yaitu pilihan paling penting. Tanaman hias ini memang paling mudah ‘mengeluarkan’ bunganya yang indah. Kayu batangnya yang keras serta daunnya kecil-kecil, buat tanaman hias ini cukup baik dibonsai. Azalea yaitu satu seri dari Rhododendron. Namun karena ketidaktahuan beberapa orang, mereka jadi mengemukakan semuanya rhododendron sebagai azalea. Mungkin saja permulaannya rhododendron yang ada di negeri kita yaitu seri Azalea sampai itu yang dikenal oleh beberapa orang.
Dan lantas semuanya rhododendron yang masuk lantas dinamakan juga azalea. Sosok tanaman dan bunga anggota rhododendron memang sama satu dengan yang lain. Anggota rhododendron yang telah di kenali tidak kurang dari 900 tipe, termasuk azalea. Namun yang umum dibonsai hanya 2, yaitu R. lateritium dan R. obtusum, walau tipe lain dapat juga dibonsai. Ke-2 tipe tadi berkelopak bunga tunggal, mempunyai ukuran bunga besar.
Kelebihan dan Kekurangannya
Rhododendron (azalea) mempunyai kelebihan apabila dibonsai yaitu saat tidak berbunga binsai ini akan selalu menarik karena susunan cabang-cabangnya sangat menarik dan besar-besar. Tengah daunnya kecil-kecil kontras dengan bunganya yang besar. Bunganya berwarna cerah, indah, dan mempunyai ukuran besar, sekali juga telah dibonsai. Namun bunganya yang besar ini bisa pula jadi kekurangan dari bonsai azalea. Menurut Rachmat, dari Paguyuban Bonsai Cihideung Indah, Lembang, Bandung, bunga azalea yang besar akan buat bonsai tampak muda. Walau sesungguhnya bonsai yang baik harus berkesan tua. Meskipun itu bonsai azalea yang mendatangkan bunga selalu disenangi terutama oleh group Ibu dan pemula.
Kekurangan lain dari Azalea ini yakni pertumbuhannya relatif lambat sampai buat untuk satu style perlu waktu lama untuk menunggu batang jadi besar. Karenanya style yang umum dipakai untuk bonsai azalea (rhododendron) yakni broom atau sapu terbalik. Ini lantaran karena pada style ini pemotongan cabang sedikit diakukan.
Perawatan
Sayangnya Azalea atau Rhododendron hanya akan menyebabkan bunganya apabila tumbuh di daerah tinggi yang bersuhu rendah. Tengah apabila ditanam di daerah rendah sulit mengeluarkan bunganya. Tanaman ini bisa sukai pada sinar matahari penuh dan pH tanah agak masam 5, 5 – 6.
Membonsai tanaman ini tidak sulit. Ia dapat ditanam melalui setek atau cangkokan. Memiliki bahan setek ini ia akan menyebabkan akarnya setelah 4 minggu. Tengah melalui cangkok ia dapat dipisahkan dari tanaman induk setelah 2 – 3 bln.. Lantas bibit ini ditanam dalam pot atau polibag dengan media yang terdiri dari humus 50%, tanah 20%, dan pasir 30%. Komposisi media ini di ambil karena azalea tidak sukai pada kekeringan. Sebaliknya ia juga tidak sukai pada akarnya tergenang air. Karena itu penyiraman diakukan dengan saksikan situasi.
Saat menunggu besar, tanaman mulai dapat dilatih, baik dengan buat tanaman, maupun dengan mengarahkan cabang-cabangnya dengan kawat. Pemupukan yang teratur diperlukan oleh azalea (Rhododendron). Walau ia sebenarnya tidaklah tanaman yang ‘rakus’ hara. Apabila tanaman sudah berbunga baik dan menyebabkan tunas-tunas baru (15 – 20 cm), pemupukan telah dapat dikurangi. Unsur hara yang diperlukan sama dengan juga juga juga juga juga tanaman lain yaitu N, P, dan K.
source:
Toko Bunga Surabaya Online 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar