Selasa, 22 Desember 2015

BUNGA ANYELIR DAN MANFAATNYA

Anyelir, atau disebut juga bunga teluki dan dikenal dalam bhs Inggris sebagai carnation, mempunyai nama ilmiah Dianthus caryophyllus yakni tanaman hias pekarangan dan pot yang popular. Tanaman ini datang dari tempat Mediterania. Bunga anyelir memiliki warna yang pasti dan berwarna-warni, sampai sering digunakan sebagai hiasan. Ada dua tipe tanaman anyelir yaitu tipe satu bunga untuk semasing tangkai dan tipe `spray', banyak bunga untuk semasing tangkai.

Anyelir dapat hidup selama 18-20 bln.. Tanaman ini dapat mencapai ketinggian sampai 2 mtr., namun supaya dapat tumbuh tegak ia harus diikat dengan penyokong. Garis pusat batang tanaman bunga anyelir dapat mencapai 1 cm. dan biasanya membengkak pada buku/ruas.

DAN MANFAATNYA

Deskripsi Bunga Anyelir

Bunga anyelir yakni bunga yang mewan dan indah. Nama latin bunga anyelir yakni Dianthus caryophyllus. Faedah bunga anyelir biasanya digunakan sebagai tanaman hias dan bunga karangan untuk bermacam kesibukan. Tipe bunga anyelir ini memiliki bermacam type bunga anyelir warnanya yaitu bunga anyelir merah, bunga anyelir putih, bunga anyelir kuning, bunga anyelir pink dan bunga anyelir ungu. Sejarah bunga anyelir ini aslinya dari dataran Mediterania. Filosofi dan makna bunga anyelir dalam semasing warnanya memiliki bebrarapa arti satu di antara umpamanya arti bunga anyelir putih yakni simbol cinta yang murni, perasaan tidak bersalah, kesetiaan, cinta yang menggebu dan keberuntungan. Bunga anyelir putih juga berikanlah isyarat rasa syukur yang mendalam. Di Indonesia, bunga anyelir itu bisa dikenal dengan nama bunga teluki. Langkah menanam bunga anyelir tidaklah sulit. Bunga anyelir ini tumbuh pada daerah dengan suhu tengah 20-27 derajat celcius. Tempatkan tanaman pada daerah yang terlindung dari cahaya matahari selekasnya. Gunakan media tanam yaitu tanah, kompos dan sekam bayar. Penyiraman bunga anyelir ini sehari sekali pada watu pagi atau sore hari. Faedah bunga anyelir bukan hanya digunakan sebagai tanaman hias dan karangan saja namun bisa pula digunakan sebagai tanaman herbal karena tanaman ini mempunyai kandungan banyak unsur kimia yang dibutuhkan oleh tubuh.

Klasifikasi Bunga Anyelir

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas : Hamamelidae
Ordo : Caryophyllales
Famili : Caryophyllaceae
Genus : Dianthus
Spesies : Dianthus caryophyllus

Anatomi dan Morfologi Bunga Anyelir

Tanaman bunga anyelir ini memiliki ciri bunga anyelir yang daun majemuk, memanjang, dan tajam, Spesifikasi bunga anyelir ada yang berkelopak tunggal dan ada yang ganda. Bentuk bunga anyelir tepi mahkota bergerigi, warna bunga putih atau merah muda. Perbanyakan tanaman dengan memisahkan anakan atau biji. Tanaman tumbuh baik di dataran tinggi dan tanah yang subur. Habitat bunga anyelir yakni pada daerah dengan suhu tengah 20-27 derajat celcius dengan minim sinar matahari. Budidaya bunga anyelir ini dengan biji namun perbanyakan bunga anyelir bisa pula di lakukan melalui tunas yang ada pada ujung tangkai

Kandungan Kimia Bunga Anyelir

Bunga anyelir mempunyai kandungan saponin, sejenis diancinenosid A, B, C, D, E, F, G, dan H. Arabinopiranosil hederagenin glukopiranosil glukopiranosid, krisoeriol glukosid, isoorientin glukosid, isovitexin glukosid, dan sitosterol glukopiranosid.

Manfaat dan Faedah Bunga Anyelir Untuk Kesehatan
Diare
infeksi salurah kemih
kencing batu
Sembelit
Pusing
Eksim
Buat lancar buang air kecil
Bersihkan darah
Buat lancar system melahirkan
source:
Toko Bunga Murah Astana Anyar Bandung 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar