Senin, 21 Desember 2015

Manfaat Tanaman Bunga Melati Jepang Bagi Kesehatan, Kecantikan dan Industri Tekstil

Manfaat Tipe Bunga Melati JepangTanaman bunga melati Jepang. Tumbuhan Melati Jepang yaitu tipe tanaman semak, berupa perdu dan merambat, tinggi batang pada 0, 3-2 m, serta memiliki helaian daun berbentuk bulat dengan panjang 2, 5-10 cm dan lebar 1, 5-6 cm. Tanaman bunga melati Jepang dapat tumbuh mulai dari dataran rendah sampai dataran tinggi.
Agar tumbuh dengan baik, tanaman ini membutuhkan kriteria. Satu diantaranya, tanah yg tak mudah tergenang air, curah hujan pada 112-119 mm/bln., kelembaban udara (rH) 50-80%, mempunyai pH tanah 6-7, dan kandungan tanah yang kaya bahan organik. Walau di negeri aslinya mempunyai empat musim, bunga melati Jepang akan tumbuh lebih cepat di daerah kering dan ada cukup panas sinar matahari.

Kecuali popular sebagai tanaman hias, bunga melati Jepang juga mempunyai nilai ekonomis tinggi. Bunga melati jepang digunakan sebagai bahan baku industri kosmetika, parfum, tekstil, dan penyedap teh. Potensi itu lantaran oleh kandungan minyak atsirinya yang dikenal berkwalitas baik, meliputi senyawa-senyawa seperti livalylacetat, indol, dan benzyl.

Bunga melati juga bermanfaat dalam terapi-terapi kesehatan, salah satunya untuk mengobati penyakit sesak napas, sakit kepala, demam, dan stres. Satu di antara product pemrosesan pasca panen bunga melati Jepang yakni minyak jasmin, yang terdiri ke beberapa grup, yaitu :
Minyak melati istimewa, yaitu minyak melati dengan mutu tertinggi yang diekstraksi dari bunga melati dengan menggunakan pelarut eter minyak bumi, biasanya digunakan sebagai bahan baku parfum.
Minyak melati umum, yakni minyak mutu tengah yang diekstraksi dari bunga melati dengan menggunakan pelarut benzole, sebagai bahan baku parfum dengan mutu tengah.
Minyak pomade istimewa, yakni minyak yang didapat dengan teknik enfleurage bunga melati, sebagai bahan baku minyak rambut.
Minyak pomade umum, yakni minyak yang diekstraksi dari bunga melati bekas enfleurage, sebagai pewangi teknis dengan kualitas rendah hingga tengah.

Di market minyak bunga melati Jepang dijual bebas dalam dua bentuk, yaitu minyak melati bentuk konsentrat dan absolut. Berupa konsentrat, minyak bunga melati terdapat beberapa mempunyai kandungan zat warna, lilin, dan bermacam komponen penyusun minyak atsiri, tengah berupa absolut komponen-komponen itu telah alami pemisahan lalu atau telah alami pemurnian. Dalam suhu ruang minyak melati konsentratakan berbentuk padat dan tidak larut dalam alkohol.

Tengah Manfaat Tanaman Bunga Melati Lewat langkah Umum Untuk Pengobatan :
Kandungan kimia dalam bunga dan daunnya seperti indol, benzyl, livalylacetaat, bisa dibuktikan efektif untuk :

Hentikan ASI yang keluar terlampau terlalu berlebihan. Langkahnya, ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, lantas tempelkan di seputar buah dada, semasing pagi sebelum mandi.
Sakit mata. Penyakit mata yang mudah seperti mata merah atau belek karena iritasi, bisa diatasi dengan segenggam daun melati. Langkahnya, ambil satu genggam daun melati, tumbuk halus, lantas tempelkan pada dahi. Jika sudah jadi kering ganti dengan yang baru. Ulangilah sampai sembuh.
Bengkak lantaran serangan lebah. Langkahnya, ambil 1 genggam bunga melati, remas-remas sampai halus, lantas tempelkan dibagian yang tersengat lebah.
Demam dan sakit kepala. Ambil 1 genggam daun melati dan 10 kuntum bunga melati. Campur semuanya bahan, remas-remas dengan tangan, lantas direndam dengan air dalam rantang. Langkah memakainya, air rendaman ini digunakan untuk kompres dahi.
Demam berdarah. Rebus 7 lembar daun melati dan 1, 25 gr belimbing dalam 250 ml air hingga jadi 1 gelas air saja. Setelah dingin, saring dan minumkan pada pasien demam berdarah. Lakukan 3 hari berturut-turut dengan dosis 8 gelas/hari.
source:
Toko Bunga Murah Medan Denai 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar