Senin, 28 Desember 2015

Ingatnya Nanam Keladi, Ternyata Yang Tumbuh Bunga Bangkai

Bau menyengat seperti bangkai tikus buat Mankarim dan keluarganya kebingungan.
Warga Jalan Kemakmuran Kelurahan Tanjung Ketapang Toboali ini, permulaannya menduga adabangkai di halaman rumahnya.
Demikian terkejutnya, saat ribet mencari sumber bau sesungguhnya datang dari tanaman berbunga di pekarangan rumah. Alwindra, menantu Mankarim tidak menduga tanaman itu yakni bunga bangkai.
Dua hari tempo hari. saat hujan reda pada sore hari, dira mencium bau busuk seperti bangkai tikus.
Saat dipandang, bunga ini memang dihinggapi lalat dan ulat kecil yang bergerak di sekitar dedaunan yang mekar.
Sebentar di dalam bunga yang berdiameter sekitar 30 Cm ini dapat terlihat banyak semut yang ada di dalamnya.
Bunga berwarna kehitaman dan daun menguning itu, terlihat tumbuh lewat langkah tidak memiliki tekad di sela-sela batu.
Aroma bangkai memang belum tercium saat warga sekitar saksikan dan memperhatikan dengan jeli bunga ini.
Terlihat beberapa tunas baru di sekitar bunga bangkai itu. Ada sekitar dua hingga tiga tunas baru mempunyai ukuran 5 cm cocok ada di bawah kelopak bunga yang memiliki tinggi sekitar 30 cm ini.
 " Saat itu mertua saya mencium bau seperti bau bangkai tikus, saat dicari dan didekati sesungguhnya datang dari bunga itu, " ungkap Alwindra, Rabu (18/11).
Dia tidak paham dari tempat mana asal bunga ini. Seingat mertuanya, setahun lebih silam pernah menanam sejenis batang keladi.
Menurutnya, tanaman yang diduga bunga bangkai ini selalu tumbuh semasing th. saat musim hujan tiba.
 " Sudah setahun lebih seperti ini, semasing dipotong tumbuh lagi. Ini ketahuannya saat hujan pada dua hari tempo hari mendadak mekar dan mengeluarkan bau busuk, pada awalnya seperti jantung pisang yang tumbuh mengarah keatas, " katanya.
Pria pelatih taekwondo ini menjelaskan keluarganya tidak pernah buat perlindungan bunga ini.
Terpisah, Kepala Dinas Kehutanan dan Perkebunan Basel Winurdin buka, pihaknya akan kerjakan kontrol berkenaan tumbuhnya tanaman ini.
Menurutnya, penjelasan bunga bangkai dengan nama latin Amormophalus Titanium harus diakukan dengan ilmiah atau penelitian.
tumbuh di kabupaten kita apabila bijinya di bawa kesini. Namun, apabila dilihat dari sinyal tanda bunga bangkai yang tumbuh alami di Provinsi Bengkulu biasanya mempunyai ukuran melebihi satu mtr., bahkan bisa sampai 1, 8 mtr. tinggi dan lebarnya, " jelas Winurdin.
Menurutnya, apabila dilihat ukurannya lebih kecil bisa diterangkan tidaklah spesies bunga bangkai, namun tipe tanaman Iles-Iles.
 " Jenisnya sama, tetapi spesiesnya berbeda, memang tanaman Iles-Iles bunganya sama bunga bangkai, tetapi kecil. Serta baunya tidak sangat menyengat seperti bunga bangkai, " katanya.
Namun, pihaknya akan selalu kerjakan kontrol lebih dahulu apakah memang benar tumbuh seperti hal yang diterangkan warga atau tipe tanaman yang lain.
source:
Toko Bunga Murah Bandung Kulon 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar