Minggu, 03 Januari 2016

Manfaat dan Khasiat Bunga Euphorbia (Euphorbia milii Ch.des Moulins)

Deskripsi Bunga Euphorbia

Bunga euphorbia yakni bunga yang indah dan cantik yang memiliki banyak duri dibagian batangnya. Nama latin bunga euphorbia yakni Euphorbia milii Ch. des Moulins. Faedah bunga euphorbia ini digunakan sebagai tanaman hias di sekitar pekarangan kita kadang-kadang juga di taruh di dalam pot yang di letakkan di depan rumah. Bunga euphorbia ini termasuk tanaman yg tak sukai pada banyak air dan sukai pada sinar matahari penuh. Sejarah dan asal muasal bunga Euphorbia ini datang dari pulau Madagaskar. Ciri bunga euphorbia ini memeliki banyak duri, kelopak bunga yang kecil dan warna bunga euphorbia ada bermacam type tipe warna dari merah, pink, putih dsb. Perawatan bunga euphorbia ini yakni media tanamnya jangan sampai pernah pernah banyak berair umpamanya seperti serbuk kulit kelapa (cocopeat), Sekam bakar, kotoran kambing, dan pasir tembikar malang yang butirannya agak besar, penyiramannya sebaiknya sekali sehari waktu sore atau pagi. Bunga Euphorbia ini bukan hanya digunakan tanaman hiasa saja namun dapatkah di gunakan sebagai obat herbal tetapi harus di perhatikan juga dosis penggunaannya karena tanaman itu bisa beracun.

Klasifikasi Bunga Euphorbia

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil)
Sub Kelas : Rosidae
Ordo : Euphorbiales
Famili : Euphorbiaceae
Genus : Euphorbia
Spesies : Euphorbia milii Ch. Des Moulins

Nama Daerah Bunga Euphorbia
Kaktus Pakis Giwang (Indonesia)
Tie hai tang (China),
Sudu-sudu, susurru, susudu (Jawa).
Anatomi dan Morfologi Bunga Euphorbia

Bunga Euphorbia ini termasuk dari family Euphorbiaceae memiliki batang berduri. Jaringan xylemnya mengeluarkan eksudat putih disebut dengan getah susu putih agak kental (milky sap). Daun tanaman Euphorbia berbentuk oval dengan ukuran bermacam menurut hibrida dan kultivar. Susunan Bunga Euphorbia kecil berwarna kuning dengan segi bunga euphorbia cyathia bewarna warni sebagai hasil dari hibridasi.
Umumnya bunga euphorbia ini memiliki bunga sejati yang sempurna dengan organ seksual jantan dan betina yang lengkap. Namun, ada juga bunga euphorbia yang memilki bunga yg tak sempurna yg tak memiliki organ seksual dan berupa steril, sampai tak dapat digunakan untuk perbanyakan generatif. Beberapa kultivar memiliki bunga yang keseluruhannya yaitu bunga yg tak sempurna. Adapula bunga euphorbia yang sebagian bunganya yaitu bunga sempurna dan beberapa situasi tumbuh bunga yg tak sempurna. Akar bunga euphorbia yaitu akar serabut dangkal yang tumbuh menyebar. Habitat bunga euphorbia ini dapat tumbuh pada kisaran temperatur 4-40° Celsius. dihabitat aslinya, tanaman ini tumbuh dilahan terbuka (full sun) dan cukup toleransi ada dilokasi sedikit ternaung (part shade location) seperti di pulau madagaskar. Budidaya bunga euphorbia menggunakan stek batang dan biji yang ada didalam bunganya.

Kandungan Kimia Bunga Euphorbia

Bunga euphorbia mempunyai kandungan :
Batang : Taraxerol, taraxerone, friedelan-3 alfa-ol, friedelan-3 beta-ol, epifriedelanol, sterol, progesterone, karbohidrat, asam amino, asam sitrat, asam malat, dan asam fumarat.
Daun : Peroxidase, calsium oksalat, peptic substance, kanji.
Getah : Euphorbol, euphol, cyeloartenol.
Manfaat dan Faedah Bunga Euphorbia Untuk Kesehatan
Diare akut.
Malaria, demam.
Membunuh serangga (insecticide).
Radang anak telinga.
Sakit gigi.
Hepatitis
Bisul
Pendarahan pada menstruasi
Luka bakar
Sesak napas (asmatis).
Rematik.
Sembelit.
Gigitan ular (akar)
Catatan Paling utama
Bunga euphorbia ini mempunyai kandungan racun jadi dalam penggunaannya harus sesuai sama sama keduanya sama keduanya sama keduanya sama ukuran dan tidak terlalu terlalu berlebih
Wanita hamil dilarang menggunakan ramuan dari bunga ini.
source:
Toko Bunga Murah Karya Baru Palembang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar