Rabu, 13 Januari 2016

Cantiknya Budidaya Bunga Gerbera

Bunga senantiasa diperlukan dalam semasing event ataupun keadaan spesial seperti untuk memperindah ruang, rangkaian bunga hotel, hiasan pameran, pengucapan sukai serta dukacita, taman pengantin sampai bucket bunga. Di antara beragam type bunga potong satu diantaranya yaitu bunga Gerbera yang paling disukai. Gerbera yakni tanaman bunga hias berbentuk herba tak berbatang. Sebagian orang Indonesia menyampaikan gerbera sebagai Gebras atau Hebras. Tanaman itu yakni satu diantara tanaman hias pendatang dari luar negeri (introduksi) serta disangka datang dari Afrika Selatan, Afrika Utara, serta Rusia. Terkecuali sebagai bunga potong yang bisa tahan hingga 3 minggu, bunga Gerbera yakni satu diantara penghasil minyak Atsiri untuk bahan baku industri wangi-wangian, sabun, serta kosmetik. Hal sejenis ini yang pasti bisa kita menjadikan kesempatan dalam kerjakan usaha.

Bagaimana langkahnya budidaya bunga Gerbera serta bagaimanakah perhitungan usahanya? Untuk budidaya bunga Gerbera bisa diakukan didaerah dengan ketinggian 560-1400 m dpl. Pergantian maksimal pada ruang penanaman beriklim sejuk dengan suhu hawa minimal 13, 7-18 celcius. Penanaman diakukan dengan green house memiliki ukuran 20×20 m2. Ini langkah budidaya bunga Gerbera :

1. Penentuan Bibit

Bibit yang dipakai di ambil dari anakan. Anakan di ambil dari batang bunga Gerbera type unggul berusia 12 bln.. Tentukan indukan yang banyak tunas, produktif berbunga, pergantian normal, sehat serta mempunyai 7-8 anakan per rumpun tanaman. Bersihkan anakan dari media tanam serta daun yang telah tua. Pindahkan selekasnya ke green house. Untuk peluang kematian tanaman yang datang dari anakan yaitu seputar 10%.

2. Persiapan Media

Media tanam yang terbaik mesti mempunyai pH sekitar 5, 5-6, 0 berbentuk paduan pupuk kandang serta sekam dengan perbandingan 5 : 1 waktu ini diseprot dengan larutan obat E4 (obat berupa tepung yang melakukan tindakan menghindar tumbuhnya bakteri). Lalu diendapkan serta tutup rapat dengan terpal atau plastik sepanjang sebulan. Pengadukan butuh diakukan supaya paduan pupuk rata serta siap dipakai sebagai media tanam bunga Gerbera. Untuk penuhi tempat seluas 400 m2 pupuk kandang yang diperlukan seputar 6 ton serta sekam sebagian 500 kg. Tengah obat E4 diperlukan sebagian 6 botol isi 2 liter dipadukan dalam 8 liter air per botol.

3. Penanaman serta Pemeliharaan

Penanaman bibit diakukan dalam green house serta di buat bedengan memiliki ukuran 20cmx1m dengan tinggi 30 cm dan parit untuk saluran air di semasing sisinya. Jarak penanaman bisa diakukan 20×20 cm antar benih. Penyiraman diakukan semasing pagi dua hari sekali. Bila musim kemarau penyiraman diakukan sehari-harinya. Pembersihan tempat dari rumput serta daun-daunan teratur diakukan/hari. Pemupukan diakukan bertahap 15 hari sekali. Ada 2 step, step pertama bunga gerbera disemprot larutan pupuk NPK 15 : 15 : 15 dengan dosis 4, 5 kh x 150 L air semasing green house. Pemberian pupuk step pertama diakukan pada usia tanaman 15 hari serta 30 hari terhitung mulai sejak penanaman bibit. Step ke-2 pemberian pupuk NPK 15 : 15 : 15, KCL serta TSP sebagian 10 kg per green house dengan perbandingan 30% untuk semasing pupuk. Step ke-2 diberikan pada umur tanaman 45 hari lewat langkah ditabur ke seputar akar tanaman. Pemberian pupuk bertahan itu diakukan terus-terusan sampai habis saat produksi yakni usia 12 bln.. Lantas bunga di relokasi pada tempat baru yang mempunyai maksud buat perlindungan kwalitas serta jumlah produksinya.

4. Perlakuan Hama Penyakit

Bunga Gerbera termasuk juga tanaman yang rawan hama. Hama yang umum menyerang yaitu ulat serta belalang. Pencegahannya diakukan dengan menyemprotkan insektisida seperti proclam semasing minggu dengan ukuran 5 gr/liter air. Type penyakit yang menyerang umumnya bercak daun, penyakit tepung, serta kapang kelabu yang mengakibatkan daun berwarna coklat. Pencegahannya dengan memakai fungisida seperti antracol 70 WP semasing minggu dengan ukuran 5 gr/Liter air. Hal sejenis ini diakukan waktu bunga Gerbera belum tumbuh. Namun bila bunga telah tumbuh dapat diberikan Diazinon semasing minggu dengan ukuran 5gr/liter air.

5. Panen

Saat panen bunga Gerbera diawali waktu kuntum bunga sudah mekar penuh terhitung 2-3 bln. dari bibit anakan. Bunga gerbera bisa dipanen semasing minggu dengan kemampuan produksi 1200 kuntum bunga per green house dengan penyusutan produksi sebesar 10%. Panen jalan semasing minggu terhitung mulai sejak panen perdana/usia tanaman 100 hari sampai habis saat produksi (12 bln.). Bunga Gerbera yg sudah dipanen direndam di air sepanjang lebih kurang 1 jam serta diikat 10 batang lantas dibungkus dengan plastik atau kertas serta dimasukan dalam kardus karton/keranjang denga posisi tegak. Pengangkutan diakukan dengan kendaraan berpendingin dengan suhu 7-8 celsius, dengan kelembapan hawa 60-65 persen buat perlindungan kesegaran bunga.
source:
Hadiah Buket Bunga Dan Boneka Valentine Murah Jakarta Barat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar