Selasa, 19 Januari 2016

Cantiknya Pesona Tanaman Hias Bunga Tasbih

apabila diterangkan nama ini, banyak yang menggeleng, karena namanya terkesan kampungan. Bunga ganyong. Untuk beberapa orang Jawa, bunga ganyong sudah lama di kenal. Namun kurang untuk beberapa orang yang lain. Namun coba sebut bunga kana atau bunga tasbih. Banyak yang tahu tanaman hias ini.
Sampai sekarang ini memang bunga tasbih atau kana maupun ganyong, hanya digunakan sebagai tanaman penghijauan di punggir jalan. Namun bunga tasbih ini dapat mudah di kenali tumbuh liar didalam rimba. Meskipun ini, bunga yang dihasilkan tanaman hias ini sangat mempesona.
Bunga tasbih (Canna indica Linn) yaitu tanaman hias semacam perdu dengan tinggi kurang dari 2 mtr.. Tanaman ini memiliki rimpang seperti umbi, berdaun besar berwarna hijau dengan bunga berwarna cerah seperti merah, kuning dan merah muda. Bunga tersusun berbentuk tandan. Bunga tasbih ini memiliki pesona yang kuat, sampai sangat bagus sebagai pemanis di taman rumah. Meskipun berbunga, tanaman ini tidak menghasilkan biji.
Perbanyakan tanaman diakukan dengan menggunakan bonggol tanaman itu. Langkahnya cukuip mudah. Cukup cabut bonggol bunga tasbih, lalu pisahkan. Semasing bonggo lalu ditanam ditempat yang terpisah. Apabila tempat tanam yakni daerah terbuka dengan tanah yang lembab berair, jadi bunga tasbih ini akan tumbuh berkembang.
Asal bunga kana atau bunga tasbih ini yaitu daerah tropis Amerika. Tumbuh baik dari dataran rendah hingga ketinggian 1000 m dpl. Bunga Kana sukai pada sinar matahari dan tanah yang lembap kearah basah. Di Indonesia, bunga kana atau bunga tasbih ini ditanam sebagai tanaman hias di pinggir kolam maupun taman.
Kecuali sebagai tanaman hias, bunga tasbih ini dapat memiliki faedah yang lain. Di Australia, rimpang bunga tasbih digunakan dengan di ambil tepungnya, yang di kenal sebagai arrowroot of Queensland. Rimpang memiliki rasa manis dan terasa sejuk. Hal sejenis itu digunakan sebagai pereda dema, penyejuk, peluruh kencing dan penurun tekanan darah.
Bunga tasbih berupa hemostatis, berarti bisa buat perlindungan tekanan darah selalu stabil. Rimpang bunga tasbih juga memiliki manfaat untuk mengatasi keputihan. Bahkan berdasar pada sebagian hebalis, rimpang bunga tasbih lebih baik dari daun sirih dalam mengatasi keputihan itu. Nah bagaimana, tertarik menanam bunga tasbih atau bunga kana yang penuh pesona ini?
source:
bunga dan coklat valentine Jakarta Pusat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar