Minggu, 17 Januari 2016

Budidaya Bunga Potong Gerbera

Sebagian orang Indonesia menyampaikan gerbera sebagai gebras atau hebras. Tanaman itu yakni satu diantara tanaman hias pendatang dari luar negeri (introduksi) serta disangka datang dari Afrika Selatan, Afrika Utara serta Rusia. Penemu tanaman gerbera yaitu Traug Gerber, seseorang naturalis berkebangsaan Jerman yang lakukan ekspedisi ke Afrika Selatan. Lalu di ketahui gerbera hibrida oleh Jamenson. Bermula dari ke-2 penemu itu, tanaman gerbera dikukuhkan dengan nama Gerbera jamessonii Bolus ex Hook.

BTanaman hias gerbera/B sudah jadi komoditas Bbunga potong/B yang paling penting dibeberapa negara, salah satunya yaitu Belanda serta Thailand. Prospek pengembangan budidaya bunga potong gerbera sangat cerah, lantaran terkecuali bisa dihandalkan sebagai komoditas ekspor, juga mempunyai potensi sebagai satu diantara penghasil Bminyak atsiri/B untuk bahan baku industri minyak wangi, kosmetika serta sabun. Keadaan agroekologi tropis Indonesia sangatlah sangat mungkin saja saja saja saja saja saja saja saja untuk pengembangan budidaya tanaman hias bunga potong gerbera, baik type gerbera lokal ataupun menghadirkan dari luar negeri (introduksi)

Di Indonesia tanaman gerbera bisa ditanam dari mulai dataran rendah hingga dataran tinggi (pegunungan). Daerah yang terbaik untuk pengembangan tanaman itu yaitu dataran tinggi yang beriklim sejuk. Biasanya daerah sentra produksi bunga potong ada pada ketinggian pada 560-1. 400 mtr. diatas permukaan laut (dpl), suhu hawa sekitar pada 13, 7-18° C (minimal) serta pada 19, 5-30° C (maksimum), dengan curah hujan tahunan sekitar pada 1. 900-2. 800 mm. Tanah yang baik untuk tanaman gerbera yakni tanah lempung yang berpasir, subur serta kaya bahan organik atau humus, derajat keasaman (pH) tanah yang pas untuk budidaya gerbera sekitar pada 5, 5-7, 0.

Perbanyakan tanaman gerbera bisa diakukan melalui langkah generatif dengan biji atau mungkin saja dengan langkah vegetatif berbentuk pecahan anakan atau potongan rimpang serta langkah kultur jaringan. Perbanyakan tanaman gerbera yang paling praktis serta gampang dipraktikkan oleh beberapa petani bunga yaitu langkah pembelahan anakan atau membagi rumpun induknya.

Penyiapan tempat berbentuk bedengan yang dilengkapi dengan naungan/atap dari plastik bening umumnya dipraktikkan oleh beberapa petani tanaman hias gerbera untuk maksud komersial menghasilkan bunga potong. Manfaat atap/naungan dari plastik bening itu satu diantaranya untuk menghindar derasnya air hujan, dampak intensitas cahaya matahari yang terlampau terik serta menghindar peluang bahaya serangan hama serta penyakit yang membahayakan.
source:
Bunga Dan Cokelat Buat Hari Valentine  Bekasi Murah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar