Selasa, 26 Januari 2016

Menilik Potensi Bisnis Bunga Mawar

Siapa yg tak memahami bunga mawar? Siapa juga yang cobalah menyangsikan keindahan serta keharuman dari aroma semerbak yang dipunyainya? Keindahan bunga itu telah disadari oleh sebagian orang, bahkan juga beberapa film popular bertopik romantis juga tak dapat meninggalkan hadirnya bunga ini.
Diantara beberapa bunga hias yang ada, bunga mawar memanglah bisa dikelompokkan sebagai bunga yang paling banyak disukai. Argumennya sederhana, bunga itu sekian cantik, hingga enak dilihat mata.

Pembudidaya bunga mawar di Tanjungmorawa, Gang Mardisan Deliserdang, Rika, menyampaikan, sangkin tingginya ketertarikan sebagian orang pada bunga mawar, tingkat penjualannya sekian tinggi. Customer datang dari berbagai group, apakah itu pribadi, pedagang bunga hias sampai group pemerintah untuk buat cantik taman-taman yang ada.

 " Jika pembelian sesungguhnya sekian banyak, tak dapat dihitung melalui langkah tentu. Customer yang datang dengan membawa mobil, bahkan juga sekali mengambil jumlahnya hingga beberapa ribu batang/hari, " katanya.

Tetapi, diantara banyak beberapa customer, menurut Rika, customer datang dari pedagang untuk di jual kembali. Mereka dari luar daerah sampai propinsi yang dapat menjangkau Minggu Baru serta Aceh.

 " Argumennya lantaran banyak customer bunga hias yang kehendaki mawar. Permintaannya memanglah tinggi, bahkan juga berapakah yang ada juga, bila dalam kwalitas yang bagus bakal diborong, " tuturnya.

Tingginya market sharing dari bunga mawar ini tidak mengherankan jika beberapa pembudidaya ditempat Tanjungmorawa mulai bermunculan untuk ikut tingkatkan mawar sebagai komoditas dagangnya. Meskipun sebenarnya dulu, pembudidayanya amat sedikit.

Meskipun itu, Rika menyampaikan, dibalik keindahan serta tingginya kesukaan pada bunga ini terselip kesusahan untuk mengembangkannya. Walaupun dalam penyetekan berlaku normal seperti tanaman hias yang lain, tetapi dalam soal perawatan, bunga mawar perlu perlakuan istimewa, seperti pemberian obat-obatan yang jumlahnya sekian beragam.

 " Jika untuk perawatan, mawar ini termasuk sulit. Demikian banyak obat-obatannya. Namun apa sajakah obatnya itu rahasia, tak dapat saya katakan, " katanya.

Yang paling umum dalam perawatan bunga mawar menurutnya, yaitu pupuk serta penyiraman. Spesial untuk penyiraman bisa diakukan saat pagi serta sore hari. Tengah untuk pemupukan sekurang-kurangnya 1/2 bln. sekali.

Rika juga menyampaikan, untuk tanah sekian disarankan supaya di gabung dengan butiran padi. Itu agar bisa buat perlindungan kelembapan tanah supaya tak gampang jadi kering serta berikanlah keadaan tanah yang gembur.

 " Jika kesemuanya itu diakukan, mawar bisa tumbuh dengan prima. Bekasnya cuma tinggal tergantung pada cuaca, " tuturnya.

 " Apabila hujan jalan dengan intensitas tinggi, daun bunga mawar bakal berguguran. Diluar itu, kecerahan dari warnanya juga pupus, lantaran akar, batang, serta daunnya tak dapat terima debet air yang sekian banyak, " tuturnya lagi.

Serta, itu lanjut Rika, diperparah lagi dengan meningkatnya serangan hama pada bunga mawar saat musim hujan datang. Bahkan juga, untuk penanggulangannya sekian susah. Berbagai type obat telah dicobanya supaya bentuk aslinya bisa bertahan. Namun lantas senantiasa tidak berhasil, daun tetaplah harus rontok.

Tetapi Rika memiliki pendapat, hal semacam itu jalan karena mawar memanglah gemari pada iklim yang memiliki nuansa panas, daripada basah. " Mawar sukanya panas, jika juga hujan sedikit saja, atau jika memang perlu air, cukup disiram air seadanya saja, " terangnya.

Dari segi ekonomi, Rika mengakui, jika musim hujan, penjualannya jadi alami penurunan mencolok. Bahkan juga dapat juga juga juga juga juga juga juga juga meraih 60-70 % dibanding dengan cuaca atau musim kering.

 " Di musim hujan ini customer sesungguhnya tetaplah banyak, namun lantaran mawar tak bagus jadinya customer juga menyusut. Jika cantik, berapakah banyak juga tentu di ambil sama customer, " katanya.

Jika demikian, lanjut dia, pihaknya cuma bisa memercayakan bunga mawar yang nilai jualnya rendah, seperti mawar type baby, mawar medan, maupun mawar kampung. Sebentar untuk mawar yang harga nya tinggi seperti mawar holand sekalipun tidak tersentuh customer.

 " Jika yang mahal hancur penjualannya, lantaran customer takut keluarkan cost tinggi. Tidak sama dengan yang murah, meskipun sedikit namun penjualan tetap masih dapat jalan, " ucapnya.

Tingginya selisih harga pada bunga mawar itu menurut Rika karena tingkat kesusahan budidayanya jauh tidak sama. Seperti penyetekan, untuk mawar yang termasuk murah, hal sejenis itu sekian gampang untuk diakukan.

 " Namun yang disukai tetaplah mawar type yang mahal, lantaran memanglah memiliki bentuk lebih cantik, di samping bunganya tak gampang rontok. Bahkan juga hal semacam itu dapat jalan sampai warnanya memudar, " tuturnya
source:
Bunga Valentine Jakarta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar