Minggu, 24 Januari 2016

Cara Setek Batang Dan Okulasi Bunga Kamboja

Bunga kamboja bisa kita perbanyak dengan dua langkah, yaitu melalui langkah setek pada batang tanaman itu dan menggunakan teknik okulasi. Pada Dahulu kala bunga kamboja ini diasumsikan dengan bunga kuburan, apabila di daerah jawa dan sekitarnya, bunga tipe kamboja ini banyak tumbuh liar di daerah pemakaman.
Walaupun itu, untuk zaman sekarang ini bunga kamboja bisa di jadikan prospek usaha yang mengundang selera, Harga bunga kamboja anakan saja bisa di bandrol 20 sampai 200 sebagian ribu di market. dengan hal sejenis itu, sebagian orang yang berbarengan untuk membudidayakan tipe tanaman bunga seperti kamboja ini.

Banyak tipe warna bunga kamboja, dari yang warna putih, kuning, orange, merah kekuningan dll. bunga tipe ini akan sangat indah apabila kita budidayakan dalam satu pot yang bisa kita letakan di daerah pakarangan rumah maupun di teras sebagai penghias lingkungan kita. Langkah setek batang dan okulasi bunga kamboja sangat mudah kita lakukan, langkah beserta tips lengkapnya akan kami bahas di bawah yang bisa selekasnya anda praktekan di rumah. itu caraserta tata langkah pelaksanaannya.

Langkah Setek batang Bunga Kamboja.

Mencari induk kamboja yang besar, tua serta sehat, tidak memiliki cacat. apabila sudah ketumu, lalu potong batang kamboja itu dengan panjng lebih kurang 20 cm. biarkanlah saja selama 1 minggu, lalu tempatkan di tempat yang teduh dan lembab.
Untuk Batang segi atasnya, apabila memiliki dauj banyak, buang saja daunya, sisakan 2 daun saja. hal sejenis ini untuk kurangi penguapan tanaman saat kita lakukan penyetekan.
Setelah kerjakan pemotongan, jangan sampai lupa untuk selekasnya menyelupkan atau mengolesi bekas luka lantaran potongan itu dengan obat perangsang akar yang bisa kita beli di toko pertanian. hal sejenis ini agar cepat merangsang tumbunya akar.
Untuk media tanamnya, kita bisa menggunakan sekam bakar yang kita campur dengan arang, lalu aduk hingga rata.
Setelah 1 minggu, tanaman yang telah kita potong itu sudah bisa kita tanam disuatu pot dengan media tanaman seperti yang telah di terangkan di atas.

Setelah kita kerjakan pemotongan batang, sebaiknya diamkan saja dulu 1 minggu, jangan sampai selekasnya di tanaam. hal sejenis ini buat perlindungan timbulnya bakteri sertabentuk ujunya yang belum halu yang bisa mengakibatkan jamur dan cendawa. setelah batang di tanaman, lakukan penyiraman seadanya, 3 kali sehari. tidak di sarankan kaya air kecuali untuk menghindar kebusukan batang tanaman, hal sejenis ini dapat agar system pembentukan akar lebih cepat.

Langkah okulasi Bunga Kamboja.

Mencari tanaman yang sehat, memiliki batang besar lalu ambil tunas matanya melalui langkah memotong dengan pisau tajam.
mencari batang tanaman segi bawah yang ingin kita tempelkan tunas itu, lalu irislah sama juga dengan juga juga dengan irisan mata tunas agar pas saat kerjakan penempelan. Okulasi bunga kamboja
Lalu tempelkan mata tunas ke batang bawah dengan posisi mata tunas menghadap ke atas.
Lantas ikat dengan kuat, menggunakan tali plastik, ingat saat kerjakan pengikatan, mata tunas jangan sampai tertutup.
Setelah siap, sebaiknya batang bawah tanaman kita potong saja. hal sejenis ini untuk mempercepat perubahan mata tunas itu.
Letakan tanaman itu di tempat yang teduh dan kering serta memiliki aliran udara yang lancar.
source:
Rangkaian Bunga Valentine Jakarta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar