Rabu, 27 Januari 2016

Menegok Pesona Bunga Dahlia yang Tak Lekang Dimakan Zaman Yuk!

“Bungaku.. Dahlia…Duhai bunga pujaan kau bunga dahlia, Oh bunga yang paling disayangi kau bunga dahlia”. Yap, sepenggal lirik lagu dangdut yang popular ditembangkan oleh Mansyur S ini mengibaratkan sesosok wanita cantik yang memiliki kecantikan seperti bunga dahlia yang tengah mekar.

Tanaman hias yang datang dari Meksiko ini memang tidak butuh diragukan lagi akan pesona keindahannya. Tak ayal di negara aslinya, Dahlia juga jadi lambang bunga Nasional. Dahlia yaitu tanaman berumbi yang akan berbunga sepanjang th., tepatnya di musim panas hingga musim gugur. Namun sayang, untuk perkembangbiakannya tanaman ini bisa diterangkan demikian lambat.

Konon, pada th. 1872, negeri Belanda beroleh hadiah sekotak umbi yang datang dari Meksiko. Dari sekotak umbi, sesungguhnya yang dapat tumbuh berkembang hanya satu. Bunga Dahlia itu berhasil berbunga, dengan warnanya yang merah dan daunnya yang tumbuh meruncing.

Ahli tanaman yang berhasil mengembang biakan tanaman ini dapat memberinya satu nama yakni Dahlia juarezii. Dahlia juarezii itu sebagai cikal bakal pergantian bunga dahlia hibrida yang popular hingga sekarang ini.

di tempat jalan Juanda, Depok-Jawa Barat yang banyak berdiri lapak-lapak usaha tanaman hias di bahu kiri jalan. Disana pedagang tanaman hias jual produknya yang berkombinasi, terdiri dari tanaman hias dan bibit tanaman produktif. Salah satunya lapak mempunyai Muhamad Irfan, salah seorang pedagang tanaman hias ditempat ini.

Ia menuturkan bila usaha yang telah digelutinya selama dua th. ini cukup berikanlah keuntungan yang lumayan, walaupun penjualan tanaman hias sering alami pakai surut.

Pria yang akrab disapa Irfan ini, berjualan berbagai tanaman hias seperti adenium, sikas dan dahlia salah satunya. Bukan hanya tanaman hias, irfan juga berjualan tambulapot di lapaknya.

“Lagi kurang greget sekarang ini penjualannya mba, tetapi apabila semacem mawar, dahlia masih tetap gemari banyak yang mencari. Tanaman seperti ini soalnya tak ngikutin tren” kata Irfan
Khusus untuk dahlia, ia juga kerap dibanjiri oder untuk memasok bunga dahlia ke satu di antara pelanggan setianya. Bunga dahlia memang memiliki varietas tanaman yang memiliki bunga berwarna cantik dan cerah sampai kerapkali bunga yang satu ini yaitu komoditas industri tanaman potong atau hanya penghias halaman rumah.
Nah, apabila Anda memang memiliki ketertarikan pada bunga ini, yuk intip penjelasan langkah buat perlindungan bunga dahlia agar tumbuh cantik maksimal. Seperti apa? Simak penuturannya berikut ini.

Seperti tanaman hias lain, dahlia demikian mudah untuk ditanam dan diperbanyak. Anda bisa memperbanyak dahlia melalui langkah di stek batang, penyemaian biji, atau pemisahan anakan.

Untuk menanamnya, Anda hanya perlu menyiapkan pasir halus dan kompos. Apabila sudah ditanam, siramlah dengan teratur. Jadi dua bln. lantas, tanaman juga sudah bisa berbunga. Semasing pagi, Anda bisa meletakkan tanaman ini diteras depan, waktu matahari sudah berangsur naik, taruhlah kembali bunga dahlia Anda dan simpan di tempat yang teduh.

“Sinar matahari disiang hari dapat buat dahlia Anda akan berbunga kecil dan bakal menyebabkan daunnya berpindah jadi kekuningan, ” saran Irfan sambil tutup perbincangan.
source:
Bunga Valentine Jakarta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar