Rabu, 13 Januari 2016

Budidaya Bunga Garber Si Cantik Membawa Untung

Bunga potong senantiasa diperlukan dalam semasing peristiwa ataupun keadaan seperti buat cantik ruang, rangkaian bunga hotel, hiasan pameran, pengucapan sukai serta dukacita, taman pengantin sampai bucket bunga.
Di antara berbagai type bunga potong satu diantaranya, yaitu bunga garbera yang disukai. Bagaimana langkahnya budidaya bunga garbera serta bagaimanakah perhitungan usahanya? Untuk budidaya bunga garbera bisa diakukan di daerah dengan ketinggian 560-1. 400 m dpl.
Pergantian maksimal pada ruang penanaman beriklim sejuk dengan suhu hawa minimal 13, 7-18 derajat celcius. Penanaman diakukan dengan green house memiliki ukuran 20 x 20 m2.
Gerbera yakni tanaman bunga hias berbentuk herba tak berbatang. Sebagian orang Indonesia menyampaikan gerbera sebagai gebras atau hebras. Tanaman itu yakni satu diantara tanaman hias pendatang dari luar negri (introduksi) serta disangka datang dari Afrika Selatan, Afrika Utara serta Rusia. Penemu tanaman gerbera yaitu Traug Gerber, seseorang naturalis berkebangsaan Jerman yang lakukan ekspedisi ke Afrika Selatan. Lalu di kenali gerbera hibrida oleh Jamenson. Bermula dari ke-2 penemu itu, tanaman gerbera dikukuhkan dengan nama Gerbera jamessonii Bolus. Tanaman hias itu masuk ke Indonesia seputar saat XIX berbarengan dengan lintas perdagangan komoditi pertanian.
4Prospek pengembangan budidaya tanaman gerbera cukup bagus lantaran yang berkemauan condong makin banyak. Hal sejenis ini tampak juga pada dominannya bunga gerbera dipakai dalam rangkaian-rangkaian bunga. Harga sekuntumnya termasuk juga mahal. Dua belas tangkai gerbera berbunga dua lapis dapat meraih Rp. 10. 000. Tengah 10 tangkai gerbera ex Holland dapat seharga Rp15. 000. Terkecuali sebagai bunga potong, bunga ini dapat bisa jadikan bahan baku industri minyak wangi, sabun, serta kosmetik.
Disamping isi pasar dalam negeri, bunga ini dapat ekspor. Standard produksi diusahakan mencakup klasifikasi, prasyarat mutu, langkah pengambilan contoh, langkah uji, prasyarat penandaan, serta pengemasan. Klasifikasi serta mutu standard dan pengepakan bunga utnuk ekspor ke market internasional sangatlah ditetapkan oleh Negara pengimpornya.
Sentra penanaman bunga potong tanaman gerbera di Indonesia, yakni di daerah Kaban Jahe, Barus Jahe, serta Simpang Empat (Sumatra Utara), Cipanas, Lembang serta Sukabumi (Jawa barat), Bandungan (Jateng), Batu serta Pujon (Malang Jawa timur). Sentra produksi tanaman gerbera didunia yaitu negara Belanda serta Thailand. (Int)

Langkah Budidaya Bunga Gerbera
penentuan bibit
Bibit yang dipakai di ambil dari anakan. Anakan di ambil dari batang bunga garbera type unggul berusia 12 bln.. Tentukan indukan yang banyak tunas, produktif berbunga, pergantian normal, sehat serta mempunyai 7-8 anakan per rumpun tanaman. Bersihkan anakan dari media tanam serta daun yg telah tua. Pindahkan selekasnya ke green house. Kesempatan kematian tanaman yang datang dari anakan yaitu seputar 10%.
B. Persiapan Media
Media tanam yang terbaik mesti mempunyai pH sekitar 5, 5 – 6, 0 berbentuk paduan pupuk kandang serta sekam dengan perbandingan 5 : 1 waktu ini diseprot dengan larutan obat E4 (obat berupa tepung yang melakukan tindakan menghindar tumbuhnya bakteri). Lalu, diendapkan serta tutup rapat dengan terpal atau plastik sepanjang sebulan.
Pengadukan butuh dilakuka supaya paduan pupuk rata serta siap dipakai sebagai media tanam bunga garbera. Untuk penuhi tempat seluas 400 m2 pupuk kandang yang diperlukan seputar enam ton serta sekam sebagian 500 kg. Tengah obat E4 diperlukan sebagian enam botol isi dua liter dipadukan dalam delapan liter air per botol.
C. Penanaman serta Pemeliharaan
Penanaman bibit diakukan dalam green house serta di buat bedengan memiliki ukuran 20×1 m dengan tinggi 30 cm dan parit untuk saluran air di semasing sisinya. Jarak penanaman bisa diakukan 20×20 cm antar benih. Penyiraman diakukan semasing pagi, dua hari sekali. Jika musim kemarau penyiraman diakukan sehari-harinya. Pembersihan tempat dari rumput serta daun-daunan teratur diakukan/hari.
D. Pemupukan
Pemupukan diakukan bertahap 15 hari sekali. Ada dua step : step pertama, bunga gerbera disemprot larutan pupuk NPK 15 : 15 : 15 dengan dosis 4, 5 khx 150 liter (L) air semasing green house. Pemberian pupuk step satu diakukan pada usia tanaman 15 hari serta 30 hari terhitung mulai sejak penanaman bibit. Step ke-2, pemberian pupuk NPK 15 : 15 : 15, KCL serta TSP sebagian 10 Kg per green house dengan perbandingan 30% untuk semasing pupuk. Step ke-2 diberikan pada umur tanaman 45 hari lewat langkah ditabur ke seputar akar tanaman. Pemberian pupuk bertahan itu diakukan terus-terusan sampai habis saat produksi yakni usia 12 bln.. Lantas bunga direlokasi pada tempat baru yang mempunyai maksud buat perlindungan kwalitas serta jumlah produksinya. (Int)
Perlakuan Hama serta Penyakit
3Bunga gerbera termasuk juga tanaman yang rawan hama. Hama yang umum menyerang yaitu ulat serta belalang. Pencegahannya diakukan dengan menyemprotkan insektisida seperti proclam semasing minggu dengan ukuran 5 gr/liter air. Type penyakit yang menyerang umumnya bercak daun, penyakit tepung serta kapang kelabu yg mengakibatkan daun berwarna coklat.
Pencegahannya dengan memakai fungisida seperti antracol 70 WP semasing minggu dengan ukuran 5 gr/liter air. Hal sejenis ini diakukan waktu bunga gerbera belum tumbuh. Namun jika bunga telah tumbuh dapat diberikan Diazinon semasing minggu dengan ukuran 5gr/liter air.
Saat panen bunga gerbera diawali waktu kuntum bunga sudah mekar penuh terhitung 2-3 bln. dari bibit anakan. Bunga gerbera bisa dipanen semasing minggu dengan kemampuan produksi 1. 200 kuntum bunga per green house dengan penyusutan produksi sebesar 10%. Panen jalan semasing minggu terhitungsejak panen perdana/usia tanaman 100 hari sampai habis saat produksi (12 bln.).
Bunga gerbera yang sudah dipanen di rendam di air sepanjang lebih kurang satu jam serta diikat 10 batang lantas dibungkus dengan plastik atau kertas serta dimasukan dalam kardus karton/keranjang denga posisi tegak.
source:
Hadiah Buket Bunga Dan Boneka Valentine Murah Jakarta Utara 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar