Minggu, 24 Januari 2016

Manfaat Bunga Kamboja untuk Kesehatan dan Kecantikan

Bunga kamboja (Plumeria rubra L. cv. Acutifolia.) yaitu tanaman yang datang dari daerah Amerika tropik dan Afrika. Kamboja termasuk tanaman hias yang ditanam di pekarangan rumah maupun di dalam pot. Kamboja memiliki beberapa tipe, ada yang kerdil ada juga yang besar yang bisa mencapai tinggi beberapa mtr.. Kamboja yang besar umum ditanam di tempat pemakaman.
Kecuali ukuran pohonnya, tipe pohon kamboja bisa pula dibedakan dari daunnya. Ada pohon kamboja yang daunnya lebar dengan ujung lancip, ada kamboja yang daunnya kecil dan lonjong dengan ujung tumpul. Kembang bunga kamboja memiliki berbagai warna, dari mulai putih, kuning, merah dan merah muda atau paduan dari sebagian warna itu.

Sama juga dengan juga tanaman hias yang lain, misalnya bunga melati dan bunga kenanga, bunga pohon kamboja juga menyebarkan wangi yang khas. Kecuali bermanfaat sebagai tanaman hias, bunga kamboja juga sering digunakan sebagai obat tradisional untuk mengatasi beberapa penyakit. Satu diantaranya bisul, kencing nanah (Gonorrhea), bengkak, kutil, kapalan, menghaluskan kulit dan frambusia.

Segi tanaman yang digunakan sebagai obat yakni akar, daun, getah, serta kulit pohonnya. Getah Pohon Kamboja (Plumeria acuminata) mempunyai kandungan senyawa sejenis karet, triterpenoid amyrin, lupeol, kautscuk dan damar. Kandungan minyak mrnguapnya terdiri dari geraniol, sitronellol, linallol, farnesol dan fenetilalkohol.

Berikut ini beberapa contoh langkah pengobatan menggunakan bunga kamboja.

1. Mengobati Bisul
Faedah Bunga KambojaUntuk mengobati bisul dengan bunga kamboja, bisa diakukan dengan dua langkah. Langkah pertama menggunakan daun kamboja dan minyak kelapa. Daun kamboja dilemaskan dan diolesi dengan minyak kelapa, lantas ditempelkan dibagian tubuh yang ditumbuhi bisul. Setelah kering ganti dengan daun yang lain.

Langkah ke-2, menggunakan getah pohon kamboja. Ambil getah kamboja selekasnya dari pohonnya dan dioles-oleskan dibagian tubuh yang ditumbuhi bisul.

2. Mengatasi Bengkak
Langkah mengobati segi tubuh yang bengkak yakni dengan kulit pohon kamboja. Langkahnya, ambil 1 sirap kulit pohon kamboja lantas ditumbuk hingga halus. Rebus dengan 1/2 cerek air hingga mendidih. Air itu digunakan untuk merendam segi tubuh yang bengkak. Apabila tidak, gunakan untuk mengompres.

3. Patek, Puru (Frambusia)
Langkahnya, ambil 2 Sirap kulit kamboja, lantas ditumbuk halus dan direbus dengan 1 cerek air sampai mendidih. Air itu digunakan untuk mandi dan menggosok-gosok segi tubuh yang luka.

4. Kencing Nanah (Gonorrhea)
Bersihkan bersih 1 potong akar pohon kamboja, kemduian direbus dengan dua gelas air hingga mendidih dan tersisa 1 gelas. Air ramuan itu diminum satu kali sehari beberapa 1 cangkir.

5. Mengobati Sakit Gigi Berlubang
Untuk mengobati sait gigi lantaran gigi berlubang, langkahnya mudah. Ambil getah pohon kamboja menggunakan kapas, lantas kapas itu dipakai untuk mencocok gigi yang berlubang.

6. Singkirkan Tahi Lalat
Tahi lalat bisa berikanlah kecantikan muka seseorang, namun bisa pula mengganggu. Apabila anda memiliki tahi lalat yang mengganggu, bisa dihilangkan dengan menggunakan getah pohon kamboja. Langkahnya, ambil getah kamboja menggunakan kapas, lantas tempelkan pada tahi lalat. Lakukan lewat langkah teratur sampai tahi lalat hilang dengan sendirinya.

7. Singkirkan kutil
Langkahnya sama saja juga dengan singkirkan tahi lalat, yaitu menggunakan getah kamboja. Namun harus siaga karena getah kamboja sifatnya tajam, jadi jangan sampai diserang segi tubuh yang yang lain.

Bunga kamboja memang kaya kandungan emolien dan vitamin E. Kecuali untuk pengobatan, bunga kamboja juga bermanfaat untuk kecantikan, terutama perawatan kecantikan kulit. Bunga eksotis ini berikanlah sensasi melembabkan, melembutkan, serta berikanlah nutrisi dan buat perlindungan elastisitas kulit.
source:
Mawar Untuk Valentine Jakarta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar