Kamis, 07 Januari 2016

Gladiol si Bunga Potong yang Adaptif di Banjarbaru

Gladiol yaitu bunga potong yang telah lama di kenal di Indonesia. Dengan warna dan bentuk bunganya yang indah, bunga ini selalu diminati beberapa orang. Sebagai bunga potong, bunga gladiol ini biasanya digunakan pada acara acara resmi seperti acara perkawinan, seminar, pertemuan dan lain lain. Bunga gladiol ini termasuk juga bunga potong dengan nilai ekonomis yang tinggi.

Bunga Gladiol ini tumbuh baik pada daerah dengan ketinggian 600 - 1400 m diatas permukaan laut. Hingga saat ini, ada banyak propinsi sebagai sentral penanaman bunga gladiol, satu diantaranya di Jawa Timur (Batu Malang), di Jawa Barat (cipanas).

Beberapa orang di Kalimantan Selatan juga sudah lama tahu dan gemari pada serta menggunakan bunga gladiol ini pada bermacam acara. Hingga saat ini, bunga gladiol di datangkan dari pulau Jawa.

Balai Penelitian Tanaman Hias, Badan Litbang Pertanian sudah melepas beberapa varietas unggul Gladiol dari hasil pemuliaan, diantararanya varietas Clara, Fatimah, Nabilla dan Kaifa.

Peneliti Balittra cobalah menanam tiga varietas gladiol yaitu Nabilla, Clara dan Fatimah di rumah kawat Balai Penelitian Pertanian Tempat Rawa Banjarbaru, sesungguhnya dapat tumbuh subur dan berbunga dengan indah.

Dibawah itu akan kami sajikan langkah langkah penanaman bunga potong gladiol di dalam pot di halaman rumah.

PETUNJUK PRAKTIS CARA MENANAM BUNGA GLADIOL DI DALAM POT.

Siapkan pot/ember yang mempunyai ukuran agak besar
Media tanaman yang digunakan yakni tanah yang gembor.
Semasing pot di isi media tanah beberapa 5 kg.
Pupuk yang digunakan yakni pupuk kandang berupa kotoran kambing.
Semasing pot di tanaman 2 umbi gladiol.
Jagalah tanah agar selalu lembab, apabila kering disiram
Setelah umbi tumbuh, pelihara dengan baik, satu diantaranya dibersihkan dari gulma/rumput yang ada.
Semasing 1 minggu sekali tanah di seputar tanaman di gemburkan dan dibumbun, agar udara dapat masuk kedalam tanah sampai akar dapat berkembang dengan baik.
Beri ajir/tiang penyangga, untuk menyangga tangkai bunga, agar bunga tidak patah.
Pot diletakkan pada halaman yang diserang selekasnya sinar matahari, karena tanaman ini kurang baik ditanam pada tempat tempat yang ternaungi/terlindung.
Hasil penelitian di rumah kawat Balittra Banjarbaru, perlihatkan bahwa :

Jumlah bunga pertandan untuk varietas Nabilla, clara dan fatimah yakni masing masing sebesar 7, 2 ; 10, 0 dan 8, 0 bunga.
Panjang tandan bunga untuk varietas Nabilla, clara dan fatimah yakni masing masing sebesar 46, 0 ; 51, 0 dan 49, 5 cm
source:
Toko Hadiah Buket Bunga dan Boneka Valentine 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar