Kamis, 21 Januari 2016

Bunga Kemuning

Dulu, Kemuning (Murraya paniculata), tumbuh liar di semak belukar dan tepi rimba. Sekarang ini sudah sebagian orang yang menanamnya, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman pagar.

Di banyak daerah di Indonesia, kemuning memiliki sebutan lokal berbeda, seperti kamuning (Sunda, Menado, Makasar), kemuning atau kumuning (Jawa), kemoning (Bali), kamuni (Bima), dan kamoni (Ambon). Kemuning disebut juga orangejasmine dalam bhs Inggris karena tanaman ini memiliki bentuk bunga seperti melati (putih dan kecil) serta wanginya juga harum.

Tumbuhan yang termasuk famili Rutaceae ini, dapat hidup mulai dataran rendah hingga dataran tinggi (400 m dpl). Tipe morfologinya sangat luas. Yang umum menjadikan tanaman pagar yakni varietas yang berdaun kecil dan lebat.

Keseluruhannya, kemuning yaitu tanaman semak bercabang banyak, dengan tinggi 3-8 mtr.. Batangnya keras, beralur, dan tidak berduri.

Tengah daunnya majemuk, bersirip ganjil, dengan anak daun 3 - 9, dan letak berseling. Helaian anak daun bertangkai, berbentuk bulat telur sungsang atau jorong, dengan ujung dan pangkal runcing, tepi rata atau agak beringgit. Panjang daun 2 - 7 cm, lebar 1 - 3 cm, berwarna hijau, dengan permukaan licin, dan mengkilap. Apabila daun ini diremas, Anda tidak akan membaui apapun.

Tanaman ini berbunga terus-menerus sepanjang th.. Warna bunga ini pada awalnya kehijau-hijauan dan setelah mekar penuh warnanya berpindah jadi putih bersih. Bunganya termasuk juga bunga majemuk, berbentuk tandan (1-8), dan mengeluarkan aroma wangi. Bunga akan keluar dari ketiak daun atau ujung ranting.

Nanti, bunga ini akan berkembang jadi buah buni yang berdaging, berbentuk oval atau bulat-panjang, dengan panjang 8-12 mm. Apabila tetap masih muda, buah berwarna hijau. Setelah tua berwarna merah mengkilap dan di dalamnya berbiji dua.

Product Herbal

Tentang segi tanaman yang bisa dipakai sebagai tanaman obat yakni daun, ranting, serta akar. Bahkan kulit batangnya dapat juga dipakai untuk pengobatan.

Daun kemuning mempunyai kandungan cadinene, methyl-anthranilate, bisabolene, P-earyophyllene, dan geraniol. Selain itu, juga mempunyai kandungan carene-3, eugenol, citronellol, methyl-salicylate, s-guaiazulene, osthole, tanin, paniculatin, dan coumurrayin.

Tengah kulit batang mempunyai kandungan mexotioin dan 5-7-dimethoxy-8- (2, 3-dihydroxyisopentyl) coumarin.

Karena kandungannya, kemuning memiliki faedah sebagai pemati rasa (anestesia), penenang (sedatif), antiradang, antirematik, antitiroid, penghilang bengkak, pelancar peredaran darah, dan penghalus kulit.

Daun dan rantingnya dapat digunakan untuk mengatasi radang buah zakar, bronkitis, keputihan, kencing nanah, haid tidak teratur, infeksi saluran kencing, kegemukan, nyeri pada tukak, sakit gigi, dan kulit kasar.

Tengah akarnya dapat dipakai untuk menyembuhkan memar lantaran benturan/terpukul, rematik, keseleo, digigit serangga dan bisa ular, bisul, eksim, dan koreng.

Kulit batangnya juga berguna untuk mengatasi sakit gigi, nyeri lantaran luka terbuka pada kulit atau selaput lendir.

Sekarang ini banyak pula product herbal kemuning yang dipasarkan di supermarket. Mengingat banyak khasiatnya untuk kesehatan dan perawatan kecantikan, produknya juga bermacam.

Misalnya, daun dan bunganya digiling halus, digunakan sebagai herbal untuk lulur tradisional, mandi rempah spa, garam mandi, ratus bakar, ratus kering, ratus rebus, dan minyak aroma terapi. Ada juga produsen yang mengolah daunnya jadi teh kemuning.

Kayunya yang berwarna kuning agak kecoklatan yaitu bahan yang sama juga dengan juga untuk buat sarung keris.

Bukan hanya itu, sebagai pengembangan pada potensinya sebagai tanaman hias, sekarang ini kemuning juga mulai dibonsaikan. Lalu tak kalah dari tipe tanaman lain yang kerap dibonsai, seperti beringin.

Contoh Pemakaian Kemuning Untuk Obat :

1. Bisul

Akar kemuning kering beberapa 30 g dicuci dan dipotong-potong seadanya. Rebus dengan 3 gelas air bersih sampai air rebusannya tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum. Sehari 2 kali, semasing 1/2 gelas.

2. Rematik, keseleo, memar

Akar kemuning kering beberapa 15 - 30 g dicuci lalu dipotong-potong seadanya. Berikanlah arak dan air semasing 1 1/2 gelas, lalu direbus sampai tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring lalu diminum 2 kali sehari, semasing ½ gelas.

3. Memar

Kemuning dan kaca piring, semasing daun fresh, sama banyak, dicuci lalu digiling halus. Berikanlah sedikit arak sambil diaduk di atas api. Hangat-hangat ditempelkan dibagian tubuh yang memar.

4. Nyeri rematik sendi

Akar kemuning dan akar tembelekan (Lantana camara) dicuci, berikanlah 3 pakai kaki ayam. Seluruhnya bahan dipotong-potong seadanya lalu berikanlah air seadanya sampai terendam/Seluruhnya bahan itu lalu ditim. Hangat-hangat lalu airnya diminum sekalian.

5. Sakit gigi

Minyak yang keluar dari kulit batang kemuning yang dibakar diteteskan dalam gigi yang berlubang.

6. Melangsingkan badan

Daun kemuning fresh dan daun mengkudu (Morinda citrifolia) semasing segenggam penuh dan temu giring beberapa 1/2 jari kelingking ditumbuk halus. Berikanlah 1 cangkir air masak sambil diaduk rata. Peras dengan sepotong kain. Air yang terkumpul diminum sekalian waktu pagi hari lebih dulu makan.

7. Radang buah zakar

Daun kemuning fresh beberapa 60 g dan herba sambiloto beberapa 35 g dicuci lalu direbus dengan 3 gelas air bersih sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari, semasing 1/2 gelas. Lakukan setiap harinya sampai sembuh.

8. Infeksi saluran kencing

Daun kemuning fresh beberapa 35 g dicuci lalu berikanlah 3 gelas air bersih. Rebus sampai airnya tersisa separonya. Setelah dingin disaring dan diminum 3 3 kali sehari, semasing 1/2 gelas.

9. Datang haid tidak teratur

Daun kemuning dan daun pacar kuku (Lawsonia inermis) semasing bahan fresh beberapa 1/2 genggam, rimpang temulawak 1 jari, dicuci dan dipotong-potong seadanya. Berikanlah 3 gelas air bersih lalu direbus sampai airnya tersisa 1 gelas. Setelah dingin disaring, lalu diminum 2 kali sehari, semasing 1/2 gelas.

10. Kulit kasar

Daun kemuning fresh beberapa 30 g dicuci lalu ditumbuk sampai lumat. Berikanlah air bersih 1 gelas sambil diaduk rata. Bahan itu lalu dilulurkan pada kulit lebih dulu tidur.
source:
Jual Bunga Valentine Jakarta 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar