Minggu, 03 Januari 2016

5 Tempat Terbaik Untuk Melihat Bunga Edelweiss di Indonesia

Warnanya putih serta harum wanginya. Melambangkan cinta, ketulusan, dan keabadian. Ia tinggal di kesejukan dataran tinggi.

Beberapa pendaki akrab dengannya. Dari pendaki yang cuma mau nikmati wangi serta mengambil fotonya sampai pendaki bodoh yang mencabut akarnya untuk nafsunya.

Edelweiss juga saat ini makin langka. Tetapi di beberapa tempat tinggi itu, sang bunga kekal masih tetap selalu berdiam cantik — sampai waktu di mana kita masih tetap selalu menjaganya.

1. Plawangan Sembalun

Plawangan sembalun ada di gunung Rinjani, Nusa Tenggara Barat. Pos paling akhir saat sebelum puncak, 2700 mtr. diatas permukaan laut, satu km. di bawah puncak Rinjani.

Plawangan itu berbentuk jalur sempit di puncak lembahan. Dari sini kita dapat saksikan danau segara anak dari atas. Edelweiss ada di beberapa tepi trek. Hati-hati jatuh ke jurang.

Narasi saya saat ke Rinjani dapat dipandang di sini.

plawangan sembalun rinjani
Selamat sore dari plawangan sembalun


2. Alun-Alun Suryakencana

Surya kencana dapat diraih dengan jalan kaki seputar 3-5 jam dari pintu masuk jalur gunung putri. Saya baru coba jalur Cibodas saat ke sana. Oleh karenanya belum pernah menginjakan kaki di dataran luas penuh edelweiss yang mitosnya banyak terdengar nada derap kaki kuda prajurit Pangeran Surya Kencana itu — pasti cuma dapat didengar oleh yang mempunyai indera terlampau terlalu berlebihan.

Kebetulan saya belum pernah ke Alun-alun Surya Kencana di Gunung gede, jadi fotonya pinjem dahulu ya, hehe.

3. Kalimati
Kalimati semeru
Kalimati pas di bawah Mahameru
Ada di sini seperti senantiasa dibayang-bayangi oleh sosok besar yang menjulang diatas sana. Suasananya sangatlah hening, sampai kadang-kadang terdengar sebagian gemuruh gempa kecil dari semeru yang masih tetap aktif. Sesekali debu-debu vulkanik bakal menegur muka kita.

Kalimati. Kali yang mati. Ia cuma bakal hidup jika ada lahar yang menghampirinya.

Tetapi demikian, edelweiss dengan latar belakang tanah paling tinggi pulau jawa itu memanglah mempunyai panorama yg akan tidak saya lupakan.

4. Tegal Alun
Tidak salah orang menyampaikan Garut juga sebagai Swiss van Java. Edelweiss bermekaran dengan subur di padang yang luas sejauh mata saksikan.

Lantaran di sini tidak bisa bangun tenda, saya anjurkan untuk pergi pagi-pagi buta saat sebelum matahari terbit. Anda bakal berterima kasih nanti.

Oh iya, hati-hati, banyak babi liar di sini.

Tegal alun papandayan
Tegal alun di papandayan yaitu favorite saya!
Tegal alun papandayan
Terlebih cocok sunrise di Tegal Alun. K-E-C-E-H.
Tegal alun papandayan
Pose sedikit bisa lah ya… *dijitak*
Tegal alun papandayan
Yuk keduanya sama jagalah edelweiss dengan senantiasa biarlah pada tempatnya.
Photo komplit Papandayan ada di tulisan itu.

5. ……?
Lantaran beberapa tempat itu baru tempat yang saya datangi, jadi memanglah masih tetap sedikit.
source:
Toko Bunga Murah Makasar Jakarta Timur 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar