Kamis, 28 Januari 2016

Intrik-intrik di Balik Penetapan Bunga Nasional

Semasing 1 September di Australia diperingati sebagai hari bunga nasional, yaitu Bunga Golden Wattle. Di Indonesia bunga nasional yakni melati putih. Namun penetapan satu bunga untuk jadi bunga nasional sesungguhnya tersimpan sekian banyak intrik dan pembicaraan!
Bunga golden wattle (Acacia pycnantha) sudah disangka lambang bunga Australia sejak mulai terbentuknya federasi negara itu. Namun, pernyataan resmi tentang ini baru dikeluarkan th. 1988.

Pada th. 1899, di buat 'the wattle club' untuk mendorong dirayakannya hari Wattle semasing bln. September, buat dia mengakui bunga ini.

Namun, bunga wattle sesungguhnya memiliki saingan, yaitu waratah Menurutnya, waratah hanya ada di Australia, sebentar wattle ada di sebagian tempat yang lain di dunia, Di Afrika saja ada semakin lebih seratus tipe wattle asli.
Bunga Anggrek Singapura, yang juga dikenal sebagai “Vanda Miss Joaquim” di ambil sebagai puspa nasional Singapura pada th. 1981. Bunga ini yakni hibrida atau persilangan anggrek pertama di Singapura.

Namanya datang dari Agnes Joaquim, anak seorang pengusaha Armenia yang menanam bunga tersebut di kebunnya pada th. 1893.

Agnes dan 10 saudara-saudaranya sukai berkebun. Mereka demikian kali memenangkan penghargaan di acara Singapore Flower Show.

Pada th. 1899, Agnes memenangkan penghargaan 'anggrek terlangka', lantaran Vanda Miss Joaquim, namun Ia meninggal dunia dunia dunia dunia tiga bln. lantas.

Jadi, Ia tak pernah tahu bila tipe anggrek tahan banting hasil persilangannya akan jadi sekian popular.

Sejak mulai dimulainya perang sipil 'Wars of the Roses' di Inggris pada th. 1455, mawar merah sudah jadi bunga nasional negara itu.

Th. 1986, Amerika juga memberitahukan bila emblem flora mereka yakni mawar.

Dalam satu deklarasi resmi, Presiden saat itu yaitu Ronald Reagan berkata bila " Kita saksikan mawar sebagai simbol kehidupan, cinta dan kesetiaan, kecantikan dan keabadian, semakin lebih bunga lain. "

Bukan hanya Inggris dan Amerika, Irak, Slowakia, Bulgaria juga menjadikan mawar sebagai simbol nasional mereka. Ekuador juga tentukan mawar, walaupun lewat langkah tidak resmi.

Pada th. 2010, sebagian ahli tanaman memberitahukan satu hal yang mencengangkan. Sesungguhnya, bunga ungu yang sering ditampilkan di perangko, buku pelajaran, atau situs pemerintah Sri Lanka tidaklah bunga Nymphaea nouchali, yang disangka puspa nasional negara itu.

Bunga itu mungkin saja saja saja saja saja saja saja saja yaitu spesies 'saudara' Nymphaea nouchali, atau bunga teratai blue star water lily, atau hasil persilangannya.
Jadi Nymphaea nouchali yang asli sekarang ini makin langka, karena tergeser oleh 'saudara-saudara'nya yang bunganya makin besar dan berwarna lebih terang.

Ada tiga bunga nasional di Indonesia, yaitu anggrek bln., padma raksasa (Rafflesia arnoldii) dan melati putih (Jasminum sambac).

Untuk melati putih, sejak mulai dulu bunga ini paling utama dalam bermacam rutinitas di nusantara. Umpamanya, dalam upacara pernikahan dan dalam bermacam lagu dan puisi.

Melati putih menjadikan puspa resmi Indonesia th. 1990, bersanding dengan anggrek bln. sebagai puspa pesona dan padma raksasa sebagai puspa langka.

Padma raksasa atau Rafflesia arnoldii, yang juga dikenal dengan sebutan bunga bangkai lantaran baunya yang khas, yakni bunga terbesar di dunia.

Sekian sulitnya berikanlah kepercayaan lambang puspa China, lantas negara itu saat ini memiliki dua puspa yg tidak resmi : bunga plum (Prunus mume) dan bunga peony (Paeonia suffruticosa).

Mendekati Olimpiade Beijing th. 2008, banyak yang saksikan momen itu sebagai saat yang cocok untuk buat ketetapan tentang puspa bangsa.


Beberapa 62 akademisi dari Chinese Academy of Sciences juga kemukakan langkah menyelesaikan pembicaraan ini, dengan nama 'dual national flower plan. '

Lalu, tak juga di buat ketetapan resmi. Mungkin saja saja saja saja saja saja saja saja ini karena ada sekian banyak bunga lain yang bisa di ambil, seperti chrysanthemum, camellia dan kembang sepatu (Chinese rose)

 Tetapi banyak juga yang cukup gemari dengan bunga plum dan peony. bunga plum mekar di musim dingin, menyaratkan musim semi bakal tiba, tengah bunga peony melambangkan kekayaan dan kehormatan, dan memiliki sejarah kebudayaan yang panjang.


Bukan hanya China, Vietnam sempat juga harus tentukan puspa nasional mereka, dan langkahnya melalui pengambilan nada yang diikuti semakin lebih 50. 000 orang.

Beberapa 71 persen dari pemilih tentukan bunga lotus merah muda (Nelumbo nucifera). Bunga ini bisa yaitu puspa nasional India.

Baik sebagian orang Polinesia Perancis dan kepulauan Cook tentukan bunga Tiare māori (Gardenia taitensis) sebagai emblem flora mereka.

Bunga semerbak ini memiliki peran paling utama dalam kebudayaan polinesia.

Rangkaian bunga ini seringkali digunakan sebagai kalung.

Tetapi bukan hanya untuk perhiasan, Tiare māori juga digunakan dalam pengobatan tradisional dan pembuatan wangi-wangian.


Di beberapa kebudayaan Pasifik, bunga ini digunakan sebagai penanda status pernikahan seseorang. Langkahnya, dengan mengenakannya di balik telinga. Telinga kanan atau kiri? Permasalahan ini, anda harus kemukakan pertanyaan pada sebagian orang setempat.
source:
Hadiah Untuk Valentine Tangerang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar