Kamis, 07 Januari 2016

Gladiol—Bunga yang Indah Lembut Mengagumkan

Hampir semasing orang terkesan oleh keindahan yang lembut dari bunga-bungaan, dan satu di antara umpamanya yang menonjol yakni gladiol. Karena sekian popular, gladiol dikembangbiakkan lewat langkah komersial di beberapa negeri, termasuk Israel dan Belanda. Di Amerika Serikat ada pula perladangan gladiol yang mengapalkan product mereka ke sebagian pencinta bunga di seluruhnya dunia.

Keluarga gladiol yang mempesona ini telah jadi lebih hingga mencakup semakin lebih 2. 000 varietas, dengan bermacam tipe warna, gradasi, dan susunan yang dapat dipikirkan. Bagaimana sebagian pembudidaya bunga menghasilkan sekian banyak varietas dari bunga yang sama ini?

Buat Varietas Baru

Pembudidaya menggunakan satu alat, seperti sikat bulu unta, untuk memindahkan serbuk sari dari benang sari, segi jantan, satu bunga ke kepala putik, segi betina, bunga yang lain. Serbuk sari biasanya di simpan di floret (bunga kecil), atau bunga, yang paling bawah dari tanaman inang. Lalu bunga ini dibungkus untuk menghindar penyerbuk alami, seperti lebah atau lalat yang dapat mengubah lalu. Untuk beroleh warna atau penampilan khusus, satu tipe gladiol dikawinsilangkan dengan gladiol tipe yang lain yang memiliki sinyal tanda yang diinginkan.

Namun, varietas baru, atau hibrida ini, tidaklah bunga tipe baru. Potensi untuk menghasilkan varietas sejenis itu sudah lama ada, tersimpan dalam kode genetis gladiol yang rumit. Lewat pembudidayaan selektif, dapat dihasilkan gladiol dengan sebagian warna seputar dari putih yang memukau sampai hitam kemerah-merahan atau merah keungu-unguan. Ada juga gladiol yang memiliki bercak besar, bintik, rumbai, dan bunga kecil ganda. Ada yang bahkan memiliki sedikit keharuman.

Keindahan yang Lembut

Amati bunga-bunga pada gambar di sini, dan perhatikan banyak varietas gladiol. Sungguh indah varietas bernama Pulchritude yang ditampilkan di sini! Waktu mahkotanya terbuka lebar, terlihatlah tepi-tepinya yang lembut, berenda, dan berwarna ungu muda yang semakin gelap pada ujung-ujungnya. Pada mahkota di bagian bawah, yang mengarah pada lubang semasing floret, ada bercak merah muda gelap dan ungu yang indah.

Varietas yang lain, yang dinamakan Orchid Lace (Renda Anggrek), yang juga ditampilkan di sini, berikanlah kesan rapuh pada bunga ini, seolah-olah rusaklah ia apabila tersentuh sedikit saja. Floret-floretnya berbaring telentang di batang, sebentar benang sari yang panjang mencuat dari segi tengah semasing lubang bunga yang penuh warna. Varietas-varietas lain memiliki sebagian nama yang menggugah seperti Glittering Star (Bintang Berkilauan), Dream’s End (Akhir Mimpi), Red Alert (Si Merah Marak), Peerless (Tak ada Taranya), dan Silver Moon (Bln. Perak).

Membudidayakan Gladiol

Di samping mendapatkan benih dari bunga, pembudidaya gladiol memanen kormus, atau umbi batang, yakni segi bawah tangkai bunga yang mempunyai bentuk seperti bohlam. Mereka juga mengumpulkan kormel, kormus sekunder yang lebih kecil yang tumbuh pada kormus paling penting.

Budi daya gladiol terutama diakukan pada spesies-spesies Afrika. Jadi, dapat diterangkan mereka datang dari daerah tropis, dan cukup sensitif pada iklim. Merekatak dapat bertahan pada musim dingin di beberapa negeri, namun mereka tidak beroleh persoalan pada musim panas.

Di tempat beriklim dingin, kormus harus dicabut pada akhir musim tanam dan dibersihkan dengan hati-hati. Satu kormus baru akan tumbuh, dan melepas kormus lama yang sudah mati dibagian bawah batang yang akan memudahkan kormus baru itu berakar. Selain itu, kormel-kormel seukuran kacang polong yang ada pada gugusan pada semasing kormus harus dipisahkan. Selama cuaca dingin, kormus dan kormel harus disimpan di tempat yang kering dan sejuk bertemperatur di atas titik beku.

Waktu ditanam, semasing kormel akan mengeluarkan daun-daun tipis, dan pada akhir musim tanam, kormel ini akan jadi kormus dewasa. Waktu kormus-kormus ini ditanam pada musim lalu, mereka akan bertumbuh jadi tanaman dewasa yang subur dan berbunga lebat.

Di tempat beriklim tengah, penanaman dapat dimulai pada awal musim semi. Waktu tanam di sini tidak sekian paling utama. Idealnya, kormel dan kormus harus ditanam di tanah yang lembap dan sedikit mempunyai kandungan asam. Mereka harus ditempatkan ditempat yang diserang banyak sinar matahari, karena gladiol tidak bertumbuh dengan baik di tempat teduh.

Kormel dapat ditaburkan pada alur sedalam 8 sentimeter lalu ditutupi tanah. Tengah kormus harus ditanam pada kedalaman 13 sentimeter. Untuk menghindar kebun jadi terlalu penuh, kormus mempunyai ukuran tengah harus ditanam berjarak 8 sentimeter dan kormus yang mempunyai ukuran makin besar berjarak 10 sampai 13 sentimeter. Dengan bersihkan dan menanam kormus gladiol lewat langkah hati-hati, beberapa bln. lantas Anda pasti akan beroleh pemandangan yg tak terlukiskan—bunga gladiol yang bermacam warna indah nan lembut.
source:
Toko Hadiah Buket Bunga dan Boneka Valentine Bekasi 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar