Senin, 25 Januari 2016

Harga Bunga Kamboja Kering Tembus Rp 75.000,00/Kg

Harga bunga kamboja kering di Majalengka senantiasa melonjak hingga pernah mencapai harga Rp 75 ribu sampai Rp 80 ribu/kg. Tak heran jika pencarian bunga kamboja makin ramai dan berebut di pemakaman umum yang umum jadi tempat ditanamnya bunga itu.

Di pemakaman umum Kelurahan Cijati, Kecamatan Majalengka, Kabupaten Majalengka misalnya, jika jalan angin cukup kencang jadi banyak beberapa orang sekitar mulai dari anak-anak hingga orang dewasa memunguti bungan kamboja yang berjatuhan dari pohon yang rata-rata berketinggian 5 hingga 7 meteran itu.

Pada awalnya bunga itu ditinggalkan berjatuhan dan jadi kering di tanah, namun paling akhir tepatnya sejak mulai kurang lebih 5 th. lalu, bunga kamboja banyak dicari oleh pendatang. Sampai warga Cijatipun berupaya untuk memunguti bunga-bunga yang jatuh itu dan mengeringkannya untuk dijual.

Harga nya saat itu hanya mencapai Rp 8 ribu hingga Rp 12 ribu saja/kg. Saat ini harga bunga kering telah mencapai Rp 45 ribu/kg. Pada awal th. 2013 harga bunga kamboja pernah melonjak hingga Rp 80 ribu/kg. Oleh karena itu saat itu banyak beberapa orang yang kesehariannya ada di makam untuk menuggu bunga jatuh dari pohonnya.

“Sekarang sudah hampir sebulan harga nya stabil Rp 45 sebagian ribu, awal th. kemarin harga tak jelas pernah tinggi namun sebentar, ” ungkap Endas (56) alamat Blok Dahlia, Kelurahan Cojati.

Untuk mengumpulkan bunga hingga bisa mencapai 1 kg itu, menurut Empuy, Ateu, Eno dan Endas butuh waktu lama karena bunga yang jatuh setiap harinya tidaklah hingga beberapa satu kg. Belum lagi untuk beroleh bunga harus berebut dengan warga lain yang berusaha memunguti lebih pagi bahkan tengah malam.

Hanya untungnya, lanjut Empuy dan Endas serta Eno bunga kamboja yang ada di makam dekat rumahnya tak pernah tahu musim. Bunganya selalu mekar setiap saat baik musim kemarau ataupun pada musim penghujan.

“Bunga ini membantu penghidupan beberapa orang, sedikitnya untuk jajan walapun untuk mengumpulklan hingga 1/4 kg saja butuh waktu lama. “ ungkap Eno.

Oleh karena itu, tutur Eno, untuk beberapa orang yang butuh uang cepat, bunga kamboja yang baru terkumpul satu ons atau dua ons juga jika ada bandar yang datang selekasnya dijual.

Beberapa orang sendiri hingga saat ini tidak paham lewat langkah persis untuk apa bunga kemboja itu, karena bandar yang umum mencari bunga ke pemulung tidak menyampaikan peruntukannya. Namun ada yang menyampaikan bunga itu sebagai bahan gabungan teh, agar jika the itu diseduh warnanya cepat berwarna kecoklatan, ada juga yang menyampaikan bahan gabungan ltions satu di antara product kecantikan, ada juga yang menyampaikan untuk bahan gabungan pembuatan obat nyamul mat.
source:
Bunga Valentine Jakarta Timur 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar