Kamis, 07 Januari 2016

Tanaman Hias: Bunga Gladiol

Gladiol yaitu tanaman bunga hias berupa tanaman semusim berbentuk herba termasuk dalam famili Iridaceae. Gladiol datang dari bhs latin “Gladius” yang berarti pedang kecil, seperti bentuk daunnya. Tanaman gladiol yang termasuk subklas Monocotyledoneae, berakar serabut, dan tanaman ini buat juga akar kontraktil yang tumbuh saat pembentukan subang baru. Kelebihan dari bunga potong gladiol yakni kesegarannya dapat bertahan lama sekitar 5-10 hari dan dapat berbunga sepanjang waktu (Anonim, 2012j).
Gladiol yakni tanaman berumbi. Umbi gladiol tampak seperti bawang bombai, hanya mempunyai bentuk pipih, dengan lekukan di bagian bawahnya. Apabila umbi bawang bombai berlapis-lapis (umbi lapis), jadi umbi gladiol masif (utuh), walaupun selalu dibalut susunan kulit kering berwarna cokelat. Di tempat sub tropis, umbi gladiol akan alami waktu dorman (istirahat), mulai dari musim gugur dan selama musim dingin. Pada musim semi, umbi akan bertunas, tumbuh jadi tanaman selama musim panas, dan berbunga. Gladiol yakni tanaman semusim, yang setelah menghasilkan bunga akan mati, tetapi umbinya selalu hidup dalam situasi dorman (Muharan, 1995).
Perbanyakan dapat diakukan lewat langkah vegetatif maupun generatif. Tanaman ini sangat toleransi pada bermacam susunan tanah, dari tanah yang mudah berpasir dengan mempunyai bahan organik rendah sampai tanah yang berat berlempung atau simak. Gladiol yaitu satu di antara komoditas tanaman hias yang mungkin saja saja saja saja saja saja saja untuk dibudidayakan lewat langkah meluas, karena nilai estetikanya dan bisa mensupport berikanlah pendapataan petani. Produktivitas bunga potong dan bibit gladiol ditingkat petani tetap masih rendah, yaitu baru mencapai 169. 189 tangkai dan a36. 405 subang/ha. Volume pemasaran di kota-kota besar telah mencapai 127. 200 tangkai per minggu, dan akhir-akhir ini hasrat bunga potong jadi lebih rata-rata 10 % per th.. Untuk penuhi hasrat pasar, produktivitas gladiol, baik sebagai bunga potong maupun bibit perlu ditingkatkan melalui penyempurnaan teknik budidaya dan sisi pemasarannya (Muharan, 1995).
source:
Toko Hadiah Bunga Valentine Dan Boneka Valentine Murah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar