Selasa, 05 Januari 2016

Khasiat Bunga Sinyo Nakal untuk Kesehatan

Sinyo Nakal yakni tanaman yang dibudidayakan hampir di seluruhnya tempat di Indonesia, baik itu sebagao tanaman hias ataupun hanya untuk pagar di halaman rumah. Tumbuhan ini dapat tumbuh di sebagian tipe tanah dari dataran rendah dekat pantai hingga pegunungan, pada ketinggian 5-2. 000 m dpl. Tanaman ini akan berbunga hampir sepanjang th. dan pemanenan sebaiknya diakukan setelah buah masak atau berwarna kuning.
Faedah Bunga Sinyo Nakal untuk Kesehatan
Sinyo Nakal (Duranta Erecta)
Tanamana Sinyo Nakal memiliki nama ilmiah Duranta Erecta, nama daerah melayu : Pokok Janda Gedik, Sunda : Sinyo Nakal, dan Jawa : teh-tehan. Sinyo nakal ini yaitu tanaman perdu tahunan yang tumbuh dengan tegak dengan ketinggian 1-2 mtr., bentuk batangnya bulat, percabangannya rapat, kasar dan memiliki warna putih kehijauan.

Daunnya tunggal, duduk bersua, di ketiak tumbuh tunas, helaian daun berbentuk oval sampai lonjong, panjang 4-8 cm, lebarnya 2-3 cm, ujung dan pangkalnya runcing, tepi bergerigi, pertulangannya menyirip, permukaannya licin, berwarna hijau atau hijau yang kekuningan tergantung varietasnya.

Tentang bunganya sendiri, memiliki bentuk bulir ada di ujung batang, terlihat diketiak daun, panjangnya mencapai 20 cm, kelopaknya hijau, bentuk bintang, berlekuk 5, mahkotanya halus memutari cawan bunga tempat benang sari dan putik, berdiameter 2-3 mm, warnanya putih gading.

Buahnya berbentuk bulat, kulitnya lunak dan berdiameter 5-8 mm, panjangnya 3-6 mm, waktu tetap masih muda buahnya berwarna hijau, tetapi setelah tua warnanya akan berpindah jadi oranye. Bijinya bulat, keras, berdiameter 2-5 mm, dan berwarna putih kehijauan. Akarnya tunggang berwarna kuning kotor.

Faedah Bunga Sinyo Nakal untuk Kesehatan
Obat Malaria : Siapkan buah sinyo nakal yang sudah dikeringkan lebih dahulu beberapa 20 gr, bersihkan bersih dan rebus dengan 200 ml air sampai mendidih atau kurang lebih selama 15 menit. Saring dan dinginkan air rebusan buah sinyo nakal, sesudah di rasa cukup dingin, minumlah obat tradisional penyakit malaria dari sinyo nakal ini sekalian. Lakukan pengobatan beberapa 2-3 kali dalam sehari.
Buat lancar Aliran Darah : untuk buat ramuan obat pelancar peredaran darah cukup mudah, kita hanya perlu menyiapkan daun sinyo nakal fresh beberapa 30 gr, bersihkan bersih dan rebus dengan 400 ml air sampai mendidih, atau sekitar 10 menit, saring dan dinginkan, lantas minumlah ramuan herbal untuk buat lancar aliran darah ini beberapa 2 kali sehari, semasing pagi dan sore. Tidak dianjurkan oleh wanita yang tengah hamil.
source:
Toko Bunga Murah Cibodas Sari Tangerang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar