Jumat, 27 November 2015

Rahasia Cara Perbanyakan Bunga Kupu-kupu yang Aku Lakukan!

Sebelum saya berbagi tentang langkah perbanyakan bunga kupu-kupu yang saya lakukan dan tidak sebagian orang yang mengerjakannya, saya ingin bersedih dulu (jiah alay.. LOL). Website (situs (website (situs (website (situs (website (situs (blog)) ini sudah lama sekali tidak saya up-date, dan mungkin saja saja saja saja saja saja saja saja artikel ini bisa tidak akan sempurna karena saya tidak mempersiapkan foto-fotonya.. semoga pembaca pandai berhayal dan pikirkan sampai tahu yang saya berikanlah ya.. :)
oke, bunga kupu-kupu yakni satu di antara product andalan saya waktu tetap masih trend tanaman hias. sebenarnya tanaman ini sebelum trend juga sudah sangat disenangi. Bisa dimaksud penjualan tanaman ini waktu itu seperti jual kacang goreng, laris manis!
Pada awalnya kita saksikan dulu penampakan/keragaan bunga kupu-kupu. Bunga kupu-kupu yang saya maksud tidaklah Bauhinia sp. tetapi tumbuhan herbal berbatang lunak yang daunnya sama sayap kupu-kupu dengan warna ungu. senantiasa terang saya sendiri belum tahu nama ilmiahnya, sudah dicari berulang-kali tetapi yang terlihat Bauhinia terus menerus..
Wah mantab bener tuh bunga di atas, saya apabila sudah saksikan tanaman yang montok seperti gitu pasti deh bawaannya mau “sadis” kerjakan perbanyakan. haha… nah, satu pot seperti gitu biasanya saya berhasil buat anakan minimal beberapa 50 anakan, bahkan bisa lebih. sadis kan.. : D
Yuk kita saksikan satu-satu rahasia perbanyakan bunga kupu-kupu yang saya lakukan!
1. rahasia perbanyakan menggunakan helai daun
ini rahasia perbanyakan tanaman yg tak semuanya pembudidaya tahu dan tidak umumnya orang bisa mengerjakannya. hanya orang bertangan dingin seperti saya yang bisa hehe… ngalem… : p
sebenernya langkah yang perlu diakukan sangat mudah. Bunga kupu-kupu memiliki tangkai daun yang panjang dan terdiri dari 3 anak daun. Nah ketiga anak daun ini mempunyai potensi buat minimal 1 anakan. anda bisa pikirkan ada berapakah anakan yang bisa diproduksi dengan 1 pot saja? tak mustahil dapat 50 anakan kan.. : D
alat bantu yang digunakan hanya silet saja, dan gunakan silet yang tajam ya agar hasil potongan sangat sempurna. sebenernya ditarik saja dapatkah tetapi lalu tidak sempurna dan menyebabkan kegagalan yang makin besar. Alasannya, luka yg tak sempurna memudahkan bakteri membusukkan jaringan yang tipis, menyebabkan luka itu tidak cepat beregenerasi dan sembuh. apabila sudah sekian ya sudahlah dijamin busuk semuanya!
Setelah ketida anak daun terpisah, rendam di air selama 5-10 menit. akan lebih baik apabila air diberi sedikit pupk daun atau hormon akan. beri sedikit saja dalam satu liter, yaah lebih kurang 0. 5 gr dalam 1 liter air.
Lantas simpanlah sepertiga anak daun dengan ujung daun yang terbenam. Gunakan tanah yang lembab saja, ingat ya jangan sampai pernah pernah tanah basah! lembab saja! lembab saja! Saya lebih gemari menggunakan debu bercampur pasir karena kesuksesannya sangat besar. Lalu sungkup deh dan pada minggu ke-2 ujung daun sudah beregenerasi dan berdiferensiasi buat umbi sisik. 2 minggu lalu pasti daunnya akan keluar.. :)
2. Rahasia Perbanyakan dengan tangkai daun!
Wah.. ini langkah perbanyakan yang paling tinggi tingkat kegagalannya. Soalnya harus ada kriteria yang butuh Anda cermati. yang paling pokok yakni tangkai daun harus montok, besar dan kokoh.
Langkah perbanyakan bunga kupu-kupu yang satu ini bisa menghasilkan minimal 1 anakan, sangat sedikit di banding langkah menggunakan helai daun. tetapi tidak apa-apa, just sharing saja.. :) tetapi Anda memperhatikan kalimat saya tadi? minimal satu! berarti bisa 2, 3, 4 atau 5 ya kan… berarti potensi lalu makin besar di banding langkah pertama!
Apa sih yang buat cara itu makin banyak menghasilkan anakan? jawabannya yakni panjang tangkai daun yang digunakan! semakin panjang tangkai daun semakin banyak anakan yang dihasilkan.
Apabila saya sih tidak mengunakan tangkai yang terlalu panjang, biasanya hanya 10cm saja. langkahnya, potong tangkai daun dengan menggunakan silet juga agar luka potongannya rata. Oiya, jangan sampai pernah pernah lupa ikutsertakan daunnya ya. potongan tangkai juga tegak lurus ya, tidaklah miring. Lalu rendam juga ke air, tetapi cukup tangkainya saja. Setelah 5 menit, simpan tangkai dalam tanah dengan kedalaman 3-4 cm saja. dikubur ya tidaklah ditancapkan. lantaran apabila ditancapkan akan menyebabkan rusaknya jaringan luka bekas potongan tadi.
Lalu sungkup deh.. atau bisa tidak disungkup bisa di simpan di dalam ruangan dulu selama 1 minggu. lalu dapat di simpan di luar tetapi selalu dibawah naungan. cara itu mungkin saja saja saja saja saja saja saja saja 1 minggu lebih lama menghasilkan anakan dibanding langkah 1.
3. Rahasia perbanyakan dengan umbi sisik
Tanaman bunga kupu-kupu yang sudah dewasa dan berbunga, serta sudah montok karenanya ada banyak anakannya, pasti di dalam tanah telah ada umbi sisih yang sangat besar! saya umum beli indukan karena ngincer umbi sisiknya buat perbanyakan hahaha… : D
Seperti apa sih bentu umbi sisiknya? siap pikirkan ya… mempunyai bentuk seperti kuaci yang bertumpuk-tumpuk. nah bila Anda sering nonton naruto, mempunyai bentuk seperti pedangnya kisame yang bernama samehada. nah, semasing sisik yang sama kuaci itu mempunyai potensi menghasilkan 1 anakan.
Langkah perbanyakan bunga kupu-kupu yang satu ini sangat gampang sekali diakukan, anak kecil bisa pula mengerjakannya. Sebelum kerjakan eksekusi, optimis umbi sisik yang Anda gunakan sangat tua. lantas Anda cukup mempreteli (bhs indonesia mempreteli apa ya?? oiya memipil/dipipil) sisik-sisik itu satu persatu. langkah lantas biarlah saja diangin-angin selama 1-2 jam, ingat jagna dijemur ya cukup diangin-anginkan saja supaya lukanya jadi kering. lalu sebag dengan merada di atas pot bermedia lembab. di atasnya ditutup media kering. kurun saat 2 minggu anakan sudah mulai tumbuh!
4. Tidaklah rahasia perbanyakan dengan pemisahan anakan.
Cara itu kerapkali diakukan oleh pembudidaya atau pehobi tanaman hias, tak ada yang keren dan tak ada tantangannya dalam perbayangn bunga kupu-kupu yang satu ini. Seperti kata dijamin jadi deh! kalu tak jadi ya kebangetan hehehe… : D
cara itu biasanya diakukan untuk mengejar waktu, misalnya sebulan lagi akan ada pameran, jadi langkah inilah yang ditempuh. tetapi ya harus memiliki banyak indukan, karena satu indukan paling-paling bisa menghasilkan 3 pot anakan.
langkahnya yaitu, Anda cukup memisahkan anakan dari mumpun. Bongkar dulu potnya, korek-korek sampai terlihat umbi sisik. lalu pisahkan dengan memotel umbi sisik jadi bagian-bagian. langkah lantas tanam deh…
source:
Toko Bunga Palembang 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar