Kamis, 19 November 2015

Manfaat Tanaman Bungur Kecil

Tumbuhan Bungur Kecil (Lagerstroemia indica L.) yang datang dari Tiongkok dan Jepang ini sekarang ini menebar di seluruhnya daerah tropis Indonesia. Bungur kecil umum ditanam sebagai tanaman hias di halaman, taman dan di pinggir-pinggir jalan, dapat juga dijumpai tumbuh liar di tebing-tebing dan tepi rimba. Bungur kecil sangat disenangi orang karena warna bunganya yang indah. Perdu atau pohon kecil dengan tinggi 2 - 7 m, umumnya tumbuh baik pada ketinggian 700 m di atas permukaan laut. Batangnya berkayu, bercabang banyak yang keluar dari segi ujung yang meruncing, cabang melengkung dengan kulit pohon berwarna coklat, halus dan agak berkilap. Daunnya tunggal, bertangkai pendek, tumbuh berseling, mempunyai bentuk elips atau memanjang, dengan panjang 2 - 7 cm, dan lebar 1 - 4 cm, ujung tumpul sedikit bertaring, pangkal membagi, tepi rata, warnanya hijau tua. Bunga majemuk berbentuk malai, panjangnya 10 - 50 cm, tumbuh berkumpul di ujung batang atau keluar dari ketiak daun, berwarna lembayung, merah muda, putih atau ungu, pinggir daun mahkotanya bergelombang. Permukaan tangkai bunganya ada yang licin dan ada pula yang berbulu, tanaman ini berbunga sepanjang th..

Familia : Lythraceae.

Sinonim : Lagerstroemia Chinensis L.

Nama Daerah : Bungur jepang

Nama Asing
Zi wei hua (T), malendres, pelendres (F), crape myrtlle (I), melendres, melindres (S), inai merah (M).

Sinyal tanda Kimiawi dan Efek Farmakologis
Agak pahit, netral, berguna merangsang aliran, hentikan pendarahan (hemostatis), antiradang (antiinflamasi), peluruh kemih (diuretik), pengelat (astringent), menetralisasi racun. Bunga, daun, dan kulit kayu berupa purgatif (pencahar).

Kandungan Kimia
Daun mempunyai kandungan decinine, decamine, lagerstroemine, lagerine, dihydroverticillatine, decodine.
Akar mempunyai kandungan sitosterol, 3, 3', 4-trimethylellagic acid.
Segi yang Digunakan
Bunga, akar, daun, dan kulit kayu, direbus lalu diminum. Untuk penyimpanan, dicuci lalu dijemur.

Manfaat
Batuk darah (hemoptysis), muntah darah (hematemesis)
Buang air besar mempunyai kandungan darah
Pendarahan sesudah melahirkan
Keputihan (leucorrhoea)
Radang payudara (mastitis)
Radang hati (hepatitis), penyakit kuning (icteric jaudice)
Busung perut, bengkak (edema)
Keracunan tripterygium wilfordii
Disentri
Sakit gigi, pusing
Luka berdarah, bisul (furunculus), koreng, pembengkakkan (abses), eksim (ekzema)
Tulang patah (fraktur)
dsb.
Dosis Pemakaian
Pemakain Luar : bungur kecil direbus lalu airnya digunakan untuk bersihkan segi sakit atau bahan dikeringkan dan digiling jadi bubuk, lalu ditempelkan dibagian yang sakit.
Pemakaian dalam (minum) : 15-30 gr tumbuhan. direbus lalu airnya diminum.
Pemakaian Luar
Bisul (furunculus), koreng : akar dan bunga bungur kecil dikeringkan lalu digiling hingga jadi bubuk, tambahkan arak putih sekedarnya sampai berbentuk bubur kental lalu ditempelkan dibagian yang sakit.
Eksim (ekzema) : akar atau daun bungur kecil sekedarnya dicuci bersih lalu direbus dengan air, air rebusannya digunakan untuk bersihkan segi sakit.
Radang payudara (mastitis), eksim : daun bungur kecil sekedarnya ditumbuk hingga halus lalu ditempelkan dibagian yang sakit.
Campak : 500 gr tumbuhan bungur kecil direbus dengan air sekedarnya lalu airnya digunakan untuk bersihkan kulit yang diserang campak.
Pemakaian Dalam
Sakit kepala samping (migrain) : 30 gr akar bungur kecil dimasak bersamaan dengan 60 gr daging sapi lalu dikonsumsi.
Sakit kuning, hepatitis : 15 gr akar bungur kecil, dan 15 gr daunnya direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 250 cc, disaring lalu airnya diminum.
Sakit gigi : 15 gr akar bungur kecil dimasak bersamaan daging ayap atau sapi hingga masak lalu dikonsumsi.
Batuk darah (hemoptysis), muntah darah (hematemesis), buang air besar mempunyai kandungan darah : 30 gr akar bungur kecil, direbus dengan 200 cc air hingga tersisa 80 cc, disaring lalu diminum airnya 2 x sehari beberapa 40 cc.
Disentri : 30 gr daun atau akar bungur kecil, 15 gr patikan kebo (Euphorbia hirta L.) direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc disaring lalu airnya diminum.
Hepatitis : 15 gr akar, 15 gr daun bungur kecil, direbus dengan 500 cc air hingga tersisa 200 cc disaring lalu airnya diminum waktu hangat.
Bisul (furunculus) : 30 gr akar bungur kecil direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc disaring lalu airnya diminum waktu hangat.
Biduran (urtikaria) : 30 gr tumbuhan bungur kecil direbus dengan 400 cc air hingga tersisa 200 cc setelah dingin disaring lalu airnya diminum.
Campak : 60 gr tumbuhan bungur kecil dan 30 gr pegagan (centella asiatica L. Urban.) direbus dengan 600 cc air hingga tersisa 300 cc, setelah dingin disaring lalu airnya diminum untuk 2 x sehari, setiap waktu minum 150 cc.
source:
Toko Bunga Jakarta Timur Murah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar