Minggu, 15 November 2015

Membudidayakan Tanaman Bunga Anggrek

Type bunga potong ini telah banyak di kenal macamnya, dan sudah banyak juga di kembangkan oleh beberapa hobyis. Walaupun itu buat perlindungan tanaman ini tak semudah yang kita pikirkan. Ada cara-cara yang perlu di perhatikan supaya memperoleh hasil yang baik.

Meskipun terbagi dalam berbagai type pada daarnya type tanaman bunga potong ini bisa dibagi jadi dua type. Pertama type anggrek tempat terbuka (Terestial) serta type anggrek Epifit. Ke-2 type anggrek ini, memiliki langkah pembudidayaan yg berbeda. Pada type anggrek terestial, tanaman ditanam pada tempat terbuka.

Untuk type anggrek ini upayakan mesti memiliki bedeng lebar 20 – 30 cm, panjang 1 – 5 m serta tinggi 20 – 25 cm. arah bedeng baiknya menghadap Utara-Selatan, supaya tanaman mendapatkan cahaya matahari penuh. Pada pinggiran bedeng baiknya dibatasi dengan batu bata, tengah ujung bedeng di beri tiang bambu/kayu untuk menyokong tanaman.

Untuk type anggrek terestial yang membutuhkan sedikit naungan seperti Aeridachnis Bogor Var, Apple Blossom white atau Vanda Miss Dinger Var, bisa memakai tanaman singkong, dracaena, pakai tanaman singkong, dracaena, petai cina dsb juga sebagai pengganti naungan dari bambu. Supaya memperoleh hasil yang memuaskan, air siraman mesti sedikit memiliki kandungan garam bicarbonat dengan Ca atau Mg supaya tak meracuni tanaman. Pembebasan garam bisa diakukan dengan menaikkan asam nitrat, untuk turunkan pH air (pH yang diperlukan 5 – 7) dapat ditempuh lewat langkah menaikkan air siraman dengan pupuk TSP, tengah untuk menambah cukup hanya pengapuran. Spesial untuk air siraman ini, bisaanya pada air sumur dalam (Deewell) butuh diselenggarakan pembebasan garam (desalting) saat sebelum digunakan.
Dari keseluruhnya type anggrek terestial ini, type Vanda daun (strap leaved vanda) yakni type yang paling peka pada kwalitas air, oleh karena itu untuk menyiram tanaman itu air yang dipakai mesti betul-betul sesuai sama keduanya sama keduanya sama keduanya sama keduanya sama. Sisa potong/stek dari tanaman anggrek type ini, baiknya diolesi dengan obat merah/yodium tenture untuk jauhi terjadinya infeksi bakteri.

1. Anggrek epifit

type anggrek, budidaya anggrek bln., budidaya tanaman anggrek, budidaya anggrek vanda, makalah budidaya anggrek, budidaya anggrek cattleya, budidaya anggrek pdf, budidaya anggrek tanah
Anggrek putih
gambar : whiteorchidsthaicuisine. com

Anggrek type ini yakni type tanaman yang perlu ditanam di bawah naungan, sesuai sama keduanya sama keduanya sama keduanya sama keduanya sama kebutuhan cahaya matahari yang dikehendaki beberapa tipe anggrek ini. Bahan untuk naungan bisa dipakai : paranet, tildenet, sherlon shade, bambu, kasa atau kayu. Upayakan suhu yang ada dibawah naungan itu seputar 10 – 40OC, dengan suhu optimum 21OC. tengah kelembapan hawa yang terbaik pada 60 – 80OC.

Penanaman type anggrek ini bisa diakukan dengan atau tak ada pot, medium yang dipakai dapat arang kayu bakar, arang kayu jati, cincangan pakis, serutan kayu yang ditambah pupuk kandang (spesial untuk type Oncidium). Di antara sebagian type medium itu, yang paling baik yaitu paduan cincangan pakis ditambah arang, potongan kulit pinus+arang, serta mos+arang. Spesial untuk penanaman dengan pot, butuh di buat air dari bambu untuk tempat mengikat bila memakai pot dari tanah jadi semasing pot baru mesti di rendam dahulu dalam larutan air yang sudah di gabung fungisida (1 gr/liter) sepanjang 12 jam. Kwalitas air siraman yang di idamkan tanaman anggrek type ini, nyaris sama juga dengan juga juga juga juga anggrek tanah (terestial).
source:
Toko Bunga Karangan Murah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar