Rabu, 25 November 2015

Bunga Krokot Yang Menyapa Pagiku Dengan Kecantikannya

Minggu ini raga miss Risna lagi kurang fit. Jadi ajakan beberapa relasi miss Risna untuk dolan, tidak mengerti dolan sponsorin dengan kata lain dibayari atau yarwe (bayar dewe/bayar sendiri). Sekalipun ajakan ke Air Terjun Kedung Pedut untuk meneruskan cerita waktu itu belum sampai ke air terjunnya T_T. Ya karena dapat di katakan bahwa itu prinsip miss Risna, bila sakit atau kurang fit ya janganlah pernah pernah pernah dipaksain buat dolan. Soalnya kecuali tidak bisa nikmati dolannya ya karena bisa merepotan diri sendiri dan orang lain juga. So terdapat beberapa langkah untuk dolan ehm lebih tepatnya dolanan. hehehe... Karena peluang ini miss Risna bakal sharing tentang pemandangan cantik di semasing pagi miss Risna saat buka jendela. Meskipun tetap masih cantikan miss Risna memanglah sih pesonanya mengalahkan miss Risna waktu pagi hari. Terutama waktu jam 9 waktunya dia pancarkan pesonanya.
Apaan sih Na'? Ini loh tanaman Krokot yang bunga cantik. Ceritanya dikaji yuh. hehehe...
Yuhu.. seperti judul yang sudah miss Risna tulis. Krokot ya krokot. Pernah binggung kenapa namanya krokot dan setelah mencari di internet sesungguhnya nama latinnya Portulaca yang tetap masih satu famili sama Portulacaceae. Krokot ini tenyata ada sekitar 40-100 spesies (hasil ke sasar di : wikipedia) dan setelah mencari gambar tentang bunga krokot di si embah google ini aaah.... sesungguhnya benar-benar sangat banyak jenisnya dan lucu-lucu plus cantik ^_^. Nah bila yang miss Risna memiliki ini yakni yang tumpuk-tumpuk gitu (maaf tak tahu nama jenisnya -_- ") dengan warna orange dan pink. Miss Risna dapat tanaman krokot ini dari halaman rumah Simbok (sebutan Nenek dari Ibu) yang ditanami oleh Bu Lik-ku. Nah waktu itu lagi berbunga itu dan memanglah hasrat untuk bercocok tanaman lagi hot-hot-nya tetapi tetap masih belum action. Hingga lantas waktu itu minta ijin sama Bu Lik buat minta tanaman krokot dan biji bunga matahari. Alasannya karena Bu Lik katakan bila buat menanam krokot tak susah sangatlah kok. Plus saksikan hasil karya Insan (anaknya Bulik) yang ada dikamarnya ada tanaman krokot yang tumbuh sumbur walaupun tidaklah dengan media tanam tanah. Jadi hari itupun saya selekasnya memetik tumbuhan krokot di halaman.
Untuk mengembangbiakkan tanaman krokot ini memanglah mudah. Kita hanya perlu teknik tanam stek yaitu dengan kita memotong batang tanaman krokot dan menancamkannya ke media tanam seperti tanah misalnya. Nah peluang ini miss Risna memiliki dua planning buat menumbuhkan tanaman krokot ini. Pertama miss Risna memanglah menanam tanaman krokot ini di pot mini miss Risna dengan media tanaman tanah. Meskipun lalu miss Risna geser ke pot yang ukuran lebih tengah dan waktu itu pupuk kandang telah datang. Jadi di pot pertama memanglah belum pakai pupuk tetapi tanaman krokot ini selalu tumbuh dan berbunga loh. Alasan miss Risna geser karena memanglah miss Risna mau tanaman krokot ini makin banyak dan rimbun. Ya miss Risna potong lagi beberapa cabang tanaman krokot dan tanam lagi. Nah, tengah planning yang ke-2 yakni dengan memanfatkan beberapa botol bekas C100 (tak di sensor gapapa ya, soalnya nie dopping miss Risna bila capek dan flu menyerang). Ya... botol C100 memanglah sekian banyak berjejer di samping kulkas. Oleh karenanya daripada tak terpakai dan memanglah botolnya unyu-unyu jadi saya pakai untuk wadah atau tempat tanaman krokot dan di isi oleh air dan bulatan gel yang mbak Oenink beli di pameran tanaman. Katanya bualtan gel itu media tanam juga tidak ada harus pakai akhir bila sudah direndam di air dan menjadi membesar tetapi berhubung saksikan lalu Insan yang mengabungkan bulatan gel dan air yang sedikit lebih buat tanaman krokot tumbuh tinggi dan warna yang lucu (soalnya wadahnya bening), ya saya ikuti langkah Insan.
Hasil hubungan kerja tanaman krokot dan botol C100 ini lantas menghiasi sudut kamarku. Aaah... lebih tepatnya space kosong di jendela kamarku. Dulu pernah menggunakan pot kecil dengan media tanam tanah, tetapi buat kotor dan ribet bila pas menyirami ya. Nah sekarang ini dengan tanaman krokot dan botol cantik ini tak buat kotor dan perawatan mudah. Karena tanaman krokot ini jadi tak kerap saya sirami karena media tanamanya gunakan air. Bila juga air tinggal sedikit karena menguap atau diserap tanaman ya tinggal nambah atau ganti bila sudah kotor. Hal yang paling menarik lagi lah waktu pagi dan bunga krokot pasti akan mekar. Seperti yang saya katakan di atas, bunga krokot memanglah akan mekar semekarnya di jam 9 sampai 12 siang dan selepas itu mereka akan layu. Tetapi semuanya itu tak kurangi kecantiknya dan buat pagiku lebih berwarna semasing akan buka dan tutup jendala kamar. Yuh mari bertanam dan menggunakan barang bekas di seputar kalian.
source:
Toko Bunga Jogja Murah Online 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar