Senin, 23 November 2015

Bunga Gerbera Bentuk dan Warna nya

Bunga yaitu sisi dari tumbuhan berbiji yang melakukan tindakan juga sebagai alat reproduksi yang memiliki empat sisi paling utama, yakni sepal (daun kelopak), petal (daun mahkota), pistil (putik), serta stamen (benang sari) (Anonim, 1994).
Type bunga potong famili Compositae, umpamanya : bunga aster, krisan, dahlia, garbera, dsb. Type bunga potong famili rosaceae yaitu bunga mawar. Type bunga potong famili caryophylliaceae yaitu anyelir. Type bunga potong famili liliaceae yaitu lili serta asparagus. Type bunga potong famili amarillidaceae yaitu narsis serta enak malam. Type bunga potong famili irridaceae yaitu gladiol. Type bunga potong famili araceae yaitu anthurium yaitu anthurium. Type bunga potong famili orchidaceae yaitu tanaman anggrek (Santoso, 2009).
Gerbera yaitu genus tanaman hias dari keluarga bunga matahari (asteraceae). Sebagian orang menyebutnya Hebras atau Gebras. Gerbera di ambil dari nama Traugott Gerber seseorang dokter Jerman yang disebut relasi Carolus Linnaeus.
Nama spesies Gerbera jamesonii (Barberton daisy) di ambil dari nama kolektor tanaman bernama Robert Jameson yang peroleh tanaman ini di propinsi Transvaal, Afrika Selatan.
Di alam bebas ada makin lebih 40 spesies Herbras yang menyebar dari mulai Amerika Selatan, Afrika, Madagaskar hingga daerah tropis Asia. Artikel ilmiah tentang tanaman Herbras pertama kalinya ditulis oleh J. D. Hooker di th. 1889 dalam jurnal Curtis Botanical Magazine yang menyampaikan spesies Gerbera jamesonii asal Afrika Selatan juga sebagai Transvaal daisy atau Barberton daisy.
Bunga Herbras merah dengan bongkol berwarna kuning
Gerbera sangatlah popular serta banyak dipakai juga sebagai tanaman kebun dekoratif atau juga sebagai bunga potong. Herbras mulai dibudidayakan pada akhir saat ke-19 di Inggris oleh Richard Lynch seseorang kurator di Kebun Raya Cambridge, Inggris.
Persilangan dua spesies yang berasal Afrika Selatan Gerbera jamesonii serta Gerbera viridifolia membuahkan Gerbera hybrida. Beberapa besar kultivar Herbra yang diperdagangkan saat ini yakni hasil persilangan dari keturunan dua spesies Gerbera jamesonii serta Gerbera viridifolia.
Mereka sangatlah berbagai berbentuk serta ukuran.
Herbra terbagi dalam seputar 2. 000 kultivar dengan bunga yang memiliki bentuk berbagai type serta ukuran diameter pada 5-12 cm. Dari keragaman bentuk bunga, terlebih susunan helai mahkota bunganya di kenal empat type gerbera yang sudah dibudidayakan di Indonesia yakni :
© Gerbera berbunga selapis : helai mahkota bunga tersusun selapis serta biasanya berwarna merah, kuning serta merah jambu.
© Gerbera berbunga dua lapis : helai mahkota tersusun berbagai makin lebih satu lapis helai mahkota sisi luar terlihat sekali ketidaksamaan susunannya. Misal berbunga lapis dua yakni Gerbera jamensonii Fantasi Double Purple yang berwarna merah.
© Gerbera berbunga tiga lapis : misal dari bunga type ini yaitu Gerbera jamensonii Fantasi Triple Red yang berbunga kuasai merah, lalu berbagai kuning atau hijau kekuningan.
© Type gerbera yang dihasilkan oleh Holand Asia Flori Net di Belanda, dengan ukuran yang semakin besar dari ke tiga type diatas. Varietas yang ditanam yaitu Gerbera yustika (pink merah), Orange Jaffa (oranye cerah), Ventury (oranye tua).
Gerbera memiliki berbagai warna seperti putih, kuning, oranye, merah, serta pink. Pusat bunga terkadang hitam. Kerapkali bunga yang sama bisa memilik kelopak warna yg berbeda.
Gerbera yakni type tanaman yang berupa semak (herba) yang berbunga terus-terusan selama th. (perenial), dengan membuahkan anakan dari rumpun yang telah tua. Memiliki type perakaran serabut. Daunnya berupa roset dengan celah yg tidak rata serta ditumbuhi oleh bulu. Tangkai daunnya panjang serta semasing ujung tangkai cuma memiliki 1 bunga. Mahkota bunga sama himpunan pita tersusun rapi membulat dengan warna berbagai merah, pink, kuning, putih, krem serta jingga
Bunga Herbra mempunyai bongkol (capitulum) besar yang disebut pokok dari 2 lapis rangkaian daun mahkota (dimaksud ray floret) berupa panjang yang berwarna-warni menarik, oranye, kuning, merah jambu, merah, putih, pink salmon, serta ungu.
source:
Toko Bunga Jakarta Barat 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar