Rabu, 04 November 2015

Mawar Biru: Dream Comes True

Mawar. Bunga dari famili Rosaceae ini pasti tidak bakal asing untuk kita. Sangat wajar bila bunga yang diduga telah berusia 35 juta th. ini melegenda. Spesiesnya yang mencapai 100-150 tipe menebar di hampir seluruhnya belahan dunia, terutama belahan bumi segi Utara. Hal sejenis itu yang buat mawar dikenal oleh semuanya grup.

Gabungan bentuk, warna, dan aroma yang menakjubkan telah buat jadi mawar sebagai bunga yang istimewa. Tak heran bila gelar " Queen of Flower " dipegang oleh si Cantik itu.


Bunga mawar sering buat jadi simbol dari banyak hal. Satu diantaranya sebagai simbol ekspresi cinta dan perasaan seseorang. Mawar umum digunakan sebagai penyampai pesan atau isyarat yang sulit diungkapkan. Semasing warnanya mewakili satu perasaan. Semasing jumlah kuntumnya mewakili satu pernyataan. Sungguh bunga yang sekian unik!

Awalannya, warna mawar hanya seputar merah, kuning, pink, dan putih. Hingga seorang pencinta mawar mendambakan sekuntum mawar biru. Ya! Itu titik awal perwujudan ego manusia untuk dapatkan hal baru dengan mawar sebagai objeknya.

Pada th. 1840, penelitian-penelitian tentang mawarpun mulai diakukan. Hingga saat ke-20 sebagian warna baru yang menghiasi muka mawar telah banyak bermunculan. Mawar hitam, mawar ungu, mawar peach, dsb. Semuannya hasil dari campur tangan manusia-manusia ahli. Namun, terget paling penting dalam misi ini belumlah terwujud. Tetap masih ada satu warna yang belum berhasil di buat. Biru. Benar, dari sekian banyak penelitan dan sekian lama waktu yang jalan, mawar biru tak jua terwujudkan.

Sesungguhnya, penyebab paling penting kegagalan itu karena bunga mawar tidak bisa menghasilkan delphinidin lewat langkah alami. Delphinidin yakni pigmen yang bertugas berikanlah kepercayaan warna biru pada bunga.

Sebagian ilmuwanpun hampir menyerah. Mereka mulai yakini bahwa mawar biru yakni temuan yang mustahil karena sekian sulitnya buat mawar menghasilkan delphinidin. Itu penyebab mawar biru popular sebagai lambang kemustahilan, ketidakmungkinan, dan ketidaktersentuhan. Mawar biru juga buat jadi simbol imajinasi, yang dimimpikan yang tinggi, dan misteri yang sulit dipecahkan.

Dalam seluruhnya keputusasaan itu, beberapa peneliti tetap masih melanjutkan penelitiannya. Termasuk peneliti dari perusahaan Suntory, Jepang. Setelah 14 th. kerjakan penelitian untuk memperoleh bunga yang dimimpikan itu, lantas Suntory mereguk kesuksesannya juga. Th. 2004 silam, seperti dream comes true, mawar biru terwujud melalui rekayasa genetika.

Sekuntum mawar biru tumbuh dengan indah di Negeri Matahari Terbit. Sedikit yang tahu. Karena saat itu, mawar biru belumlah banyak jumlahnya. Dan Suntory-pun belum menjualnya lewat langkah bebas. Sebagian pengagum bunga mawar yang sudah tahu berita menggembirakan itu selekasnya berebut ingin memilikinya. Hingga harga si Biru juga melonjak tinggi mencapai jutaan rupiah.

Th. 2008, Suntory lewat langkah resmi mengenalkan bunga ciptaannya dalam satu konferensi pers. Memang, mawar biru karya Suntory ini belum benar-benar biru. Tetap masih ada semu ungu yang tergambar dalam mahkotanya. Mawar biru ini masih dalam system penyempurnaan. Targetnya yakni menghasilkan mawar dengan warna biru langit.

 " Kami tetap masih akan kerjakan riset lanjutan pada mawar ini. Namun sedikitnya, kunci untuk buat warna biru pada mawar telah di kenali. " papar presiden Suntory.

Sekarang ini makna mawar biru alami perluasan. Mawar biru berarti juga satu hal yang benar-benar dalam, mempresentasikan perasaan yg tak mudah diterangkan. Mawar biru melambangkan kesungguhan atas perasaan karena system penciptaannya yang sekian panjang. Itu yang buat mawar biru memiliki kelebihan dari mawar-mawar lain.

Dengan terwujudnya mawar biru ini, telah tunjukkan bahwa tidak pernah ada hal yang tidak mungkin. Karena dengan usaha yang keras, rasa yang sungguh-sungguh, pantang penyerah, dan diimbangi keyakinan yang kuat, seluruhnya mimpi akan jadi kenyataan. Tidaklah sekian? :)
source:
Toko Bunga Jakarta Selatan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar