Selasa, 24 November 2015

Bunga Kuku Macan Tanaman Eksotis dari Papua

Mucuna bennettii dengan kata lain bunga kuku macan dengan kata lain red jade vine atau orang Thailand menamainya puang ko mane di kenal dengan juga sebutan flame of Irian atau flame of Guinea atau New Guinea creeper. Tidak salah lagi bunga ini memanglah banyak di ketahui di Papua New Guinea meskipun aslinya datang dari Polinesia. Apa pun nama daerahnya, untuk mempersatukan pemahaman serta memudahkan tekuninya jadi beberapa pakar membikinkan klasifikasi : 

Kingdom : Plantae (Tumbuhan) 
Sub Kingdom : Tracheophyta (Tumbuhan berpembuluh) 
Super Divisio : Spermatophyta (Tumbuhan berbiji) 
Divisio : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga) 
Classis : Magnoliopsida (berkeping dua/dikotil) 
Sub Classis : Rosidae 
Ordo : Fabales 
Familia : Fabaceae 
Genus : Mucuna 
Species : Mucuna bennettii 

Tanda sinyal Fisik 

Bunga ini yakni tanaman perdu berkayu yang tingginya dapat meraih 30 mtr.. Dengan batang yang keras, daun yang lebat berbentuk daun majemuk yang terbagi dalam 3-5 helai dalam satu tangkai serta pertumbuhannya yang cepat membuatnya sangatlah layak buat untuk jadi tanaman penghias pergola. Ditambah lagi dengan bunga majemuknya yang buat tandan serta semasing tandan makin lebih 50 kuntum berwarna merah jingga, buat pergola itu bak digantungi lampion cerah berjingga-jingga. Sayangnya tanaman ini cuma berbunga 2 kali dalam satu tahun. Tetapi saat untaian bunga itu sudah tunjukkan diri mereka akan tidak gampang layu. Kuntum-kuntumnya yang berupa kuku macan memanglah setangguh serta sekuat kuku Felis tigris. 

Tanda sinyal Ekologis 

Tanaman ini bisa tumbuh ditempat terbuka dengan cahaya matahari penuh ataupun ditempat yang agak terlindung. Dengan perbanyakan lewat biji atau cangkok mereka bisa tumbuh di semuanya kondisi serta berbunga jika ada di ketinggian 300 mtr. diatas permukaan laut. Yang terbaik yang pasti tumbuh di alam lewat langkah memanjat/merambat pada pohon tinggi hingga bunganya bakal menggantung lebih indah. 
Sesungguhnya genus Mucuna ini mempunyai makin lebih 100 species namun ada species yang memiliki bentuk sama juga dengan juga juga juga juga si kuku macan tetapi kuntum bunganya berwarna hijau kebiruan serta tidak kalah indahnya sebenarnya bernama Strongylodon macrobotrys. Species Mucuna yang lain jadi tampak sangatlah tidak sama dengan juga juga juga juga Mucuna bennetii. Biarlah ingin beberapa ribu bahkan juga jutaan species juga cinta saya memanglah tidak bakal pernah lekang, cinta saya tidak bakal pernah mati, cinta saya bakal senantiasa kekal cuma untuk si Mucuna bennettii. 

Manfaat dalam Lanskap 

Tanaman ini sangatlah menarik juga sebagai penghias pergola atau dirambatkan di pohon besar serta tinggi. Pemangkasan butuh diakukan supaya pergantian pucuk tak terlalu terlalu berlebih hingga tumbuh rimbun terlebih jika digunakan juga sebagai penutup pergola.
source:
Toko Bunga Solo Online 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar