Rabu, 18 November 2015

Manfaat dan Khasiat Bunga Bakung (Crynum Asiaticum L)

Sering kita saksikan atau jumpai tanaman bunga bakung di seputar kita seperti ditaman, di pinggir jalan dan sekitar pekarangan rumah kita. Tanaman bunga bakung yakni tanaman bunga yang termasuk dari keluarga Amaryllidaceae. Tanaman bunga bakung datang dari Eropa. Nama bunga bakung dalam bhs Inggris yakni lily. Nama ilmiah atau latin bunga bakung yakni Crynum asiaticum L. Karakteristik bunga bakung ini mempunyai warna yang indah di semasing kelopaknya. Bunga Bakung mempunyai warna seperti putih, merah, kuning, dsb. Bunga bakung ini memiliki 110 tipe tanaman yang ada di dunia. Faedah tanaman bunga bakung ini bukan hanya digunakan untuk tanaman hias saja namun faedah tanaman bunga bakung dapatkah digunakan sebagai tanaman obat herbal yang mana untuk mengobati bermacam penyakit yang ada ditubuh kita.
Nama Daerah Bunga Bakung
Jawa : Bakung, bakong, Bangka : semur, Ambon : dausa

Klasifikasi Bunga Bakung

Kingdom : Plantae (Tumbuhan)
Subkingdom : Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
Super Divisi : Spermatophyta (Menghasilkan biji)
Divisi : Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
Kelas : Liliopsida (berkeping satu/monokotil)
Sub Kelas : Liliidae
Ordo : Liliales
Famili : Amaryllidaceae (suku bakung-bakungan)
Genus : Crynum
Spesies : Crynum asiaticum L.

Anatomi dan Morfologi Bunga Bakung

Tanaman bakung yakni tanaman bunga yang masuk keluarga Amaryllidaceae. Tanaman bunga bakung yaitu tumbuhan tahunan yang mempunyai tinggi 60–180 cm. Tanaman bunga bakung memiliki tangkai yang kuat. Tanaman bunga bakung mempunyai umbi polos di dalam tanah. Bunga tanaman bakung ini besar memiliki tiga kelopak, yang mempunyai harum wangi, dan bunga bakung ini memiliki bermacam warna dari putih, kuning, jingga, merah muda, merah, ungu, warna tembaga, hingga hampir hitam dsb. Ada pula corak bunga bakung yang berupa bintik-bintik. Tanaman bunga bakung ini tumbuh di sebagian besar Eropa, sebagian besar Asia sampai Jepang, ke selatan yaitu India, ke Indocina dan ke Filipina. Habitat bunga bakung di dataran tinggi namun sebagian tipe tamanan bakung dapat hidup di dataran rendah yang memiliki kriteria mempunyai kandungan kandungan asam yang seimbang. Tanaman bunga bakung berkembang biak melalui langkah pemisahan umbi pada tanaman induk.

Kandungan Kimia Bunga Bakung

Tanaman bunga bakung mempunyai kandungan zat flavonoid, saponin, dan tanin, tengah pada umbi, akar, serta biji tanaman bakung mempunyai kandungan alkaloid likorin, krinin, dan asetilkorin.
Manfaat dan Faedah Bunga Bakung
Kurangi kolestrol
Mengobati keseleo
Mengobati sakit pinggang
Mengobati sakit gigi
Buat lancar buang air kecil
Mengobati luka (borok)
Mengobati muntah
Mengobati batuk
Mengobati bengkak
Mengobati penyakit kulit seperti bisul
Mengobati penyakit rematik
source:
Toko Bunga Tangerang Murah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar