Minggu, 22 November 2015

Indahnya bunga Gloxinia

Bunga yang datang dari Brasil ini mempunyai bunga yang besar, halus seperti beludru serta memiliki bentuk sama lonceng. Variasi warna berbagai dari mulai merah cerah, merah tua, ungu tua serta biru hingga ke putih, merah muda, hinga gabungan dua warna serta beberap type dengan spot-spot yang dimaksud tigrinas. Bentuk bunganyapun bermacam type, tegak lurus ke atas, mengangguk, single, double, serta bentuk mini (type mini sangatlah bagus dipakai dalam terrarium).

Umumnya grower (entrepreneur tanaman hias) beli bibit dari produsen bibit atau membibitkannya dari tuber (umbi akar). Produsen bertaraf besar umumnya mengawalinya dari benih. Untuk penyusunan saat panen, benih disemai apda bln. Februari serta tanamn bakal siap di jual pada bln. agustus. Tanaman bakal berbunga sesudah 4-5 bln. sesudah geser tanam. Untuk membuahkan kultivar tanam yang sama perbanyakn mesti diakukan melalui langkah vegetatif dengan stek tangkai daunnya.

Media tanam yan dipakai mesti gembur, memiliki kekuatan drainase yang baik serta mempunyai kandungan bahan organik yang tinggi, seperti 50 persen peat atu GreenGro-300. Dengan media buatan yang umum ditemu di market, pemupukan reguler butuh diakukan. Pemupukan yang maksimal bakal membuahkan daun yang berwarna hijau tua kebiruan. Osmocote (14-14-14) atau dekastar sebagian 6 kg/m3 bisa diterapkan tak ada memakai pupuk cair. Jika memakai pupuk cair, bisa diberikan dengan dosis 150 ppm N.

Gloxinia dalam pot 6 inci bakal berbunga pada 12-20 minggu sesudah geser tanam, bergantung saat tanamnya dalam satu tahun, umpamanya musim hujan atau kemarau. Jarak tanam umumnya 30×30 cm.
Daun yang besar serta gampang patah dan tajuknya yang mengkonsumsi ruangan luas mengakibatkan sulitnya dalam perlakuan serta pengepakan. Gloxinia type kerdil (dwarf) mungkin saja saja saja saja saja saja saja saja saja mungkin saja saja saja saja saja saja saja saja pemecahannya. Dibanding type yang umum, gloxinia type kerdil 12-14 hari lebih cepat dalam meraih umur siap jual.

Sebagian entrepreneur menyampaikan bahwa untuk varietas standard mereka dipakai jarak tanam kurang dari 20 x 20 cm. Meskipun tanaman yang dihasilkan sedikit lebih kecil namun melalui langkah ekonomis lebih untungkan. Tanaman siap di jual kurun waktu 10-12 minggu dengan kondisi sinar matahari tinggi.

Suhu maksimal yaitu pada 17-20 o C, jika suhu kurang dari 15 o C, pergantian tanaman bakal lambat serta daun bakal melengkung ke bawah yang bisa pula yakni tanda sinyal kekurangan nutrisi. Tengah untuk sinar sekitar pada 1500-2000 fc (150-200 lux) untuk membuahkan pembungaan yang baik. Intensiat sinar terlalu terlalu berlebih bakal mengakibatkan daun terbakar apabila terlampau rendah bakal membuahkan tanaman yang tinggi.

Tanaman yang di beri penyinaran berikanlah (bisa dipakai lampu neon yang diletakkan 20 cm diatas tanaman) hingga panjang hari jadi 16 jam dalam periode 4 minggu saat sebelum siap di pasarkan bakal berbunga 2 minggu lebih cepat. Dibawah penyinaran buatan, gloxinia dalam pot memiliki ukuran 4-6 inci bisa diakukan dalam 22 minggu.

Pemakaian ZPT seperti ALAR bisa dipakai untuk kurangi tinggi tanaman. Aplikasi bisa diakukan 2 minggu sesudah geser tanam. Aplikasi ZPT tidak bisa diakukan sesudah tunas bunga terbentuk.
Penyiraman diluar negeri dipakai system mat irrgation (air didapat dari bawah pot) atau barangkali saja dengan selang keci yang dipasang di semasing pot hingga air tak tentang daun gloxinia. Apabila ada air yang menggenang di daunnya bakal menyebakan rusaknya.

Banyak banyak banyak hal lain yang butuh di perhatikan yaitu gloxinia merlukan ventilasi yang baik untuk tingkatkan aliran hawa di seputar tanaman. Bila dibutuhkan, tempatkan tanaman ditempat yang agak tinggi dengan meletakkannya diatas pot yang di balik.

Hama-hama yang menyeranng gloxinia biasanya yaitu kutu daun, tungau serta trips, terkadang kuimbang strobery juga menyerang. Untuk mengontrol hama-hama terssbut bisa dipakai insektisida seperti berikut :
– Kutu daun : Acephate (Orthene), Dithio, Endosulfan (Thiodan)
– Tungau : Dicofol (Kelthane), Pentac, Vapona, Vendex
– Trips : Dithio, Vapona, Pegassus, Agrimex
– Kumbang Strobery : Acephate (Othene)
source:
Toko Bunga Jakarta Timur Murah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar