Kamis, 19 November 2015

Edelweis Jawa, Kisah Bunga Ketulusan

Udara dingin bertiup kencang di tebing satu gunung yang diselimuti bebatuan dan tanah vulkanik tandus dan berbatu. Namun, di sela-sela bebatuan tampak semak bunga putih yang cantik berbunga. Ya, itu edelweis.
Walau lingkungannya tidak ramah, edelweis selalu tersenyum dan memekarkan banyak bunga, berjasa menghiasi tebing dan tanah tandus jadi cantik. Oleh karenanya edelweis disebut bunga ketulusan.
Lantaran Mikoriza
Sesungguhnya, ada rahasia di balik ketulusan senyum edelweis. Yaitu mikoriza.
Mikoriza yakni jamur di akar yang tugasnya menahan nitrogen dan menghancurkan materi organik. Lantaran mikoriza inilah, edelweis bisa beroleh nutrisi yang membuatnya selalu hidup dan berbunga di tanah pegununungan yang tandus.
Hubungan di antara mikoriza dan edelweis ini berupa simbiosis mutualisme. Bermakna, keduanya keduanya sama bahu membahu. Nah, peran edelweis dalam kehidupan jamur itu yakni membantu mikoriza melengkapi daur hidup.
Tulus Menolong Sesama Tumbuhan
Turut dan edelweis besar sekali. Ia jadi tanaman pertama yang tumbuh di tanah yang tandus dan sedikit kandungan unsur haranya. Saat tumbuh itu, edelweis menghasilkan unsur-unsur hara yang dibutuhkan tanaman tipe lain agar bisa tumbuh.
Selain itu, edelweis juga menimalkan kemungkinan erosi di gunung itu. Soalnya edelweis juga bertindak jadi tanaman penutup yang bisa menahan derasnya air hujan dan lajunya pergeseran permukaan tanah.
Hanya Di Gunung
Edelweis hanya bisa hidup di gunung. Di Indonesia, edelweis tumbuh di daerah pegunungan di Jawa, Sumatera Selatan, Sulawesi Selatan, dan Lombok. Edelweis biasanya berbunga pada bln. April dan Agustus.
Di Bromo, bunga edelweis kering buat jadi suvenir
Mulai Langka
Kecuali disebut bunga ketulusan, edelweis juga disebut bunga keabadian. Edelweis juga disangka sebagai bunga yang eksklusif, yang hanya bisa didapat apabila kita pergi naik gunung.
Karena semuanya kekhasan nama dan keeksklusifan itu, bunga edelweis sering buat jadi oleh-oleh. Menyebabkan, saat ini populasi bunga edelweis sangatlah jauh berkurang. Bahkan, bisa dimaksud mulai langka!
Bunga edelweis sangat cantik dan unik. Apabila satu saat nantinya anda pergi mendaki gunung, jangan sampai pernah pernah dipetik, yaaa... Cukup difoto saja dan katakan keindahannya.
source:
Toko Bunga Jakarta Barat Murah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar