Senin, 23 November 2015

Menanam bunga kancing (gomphrena)

Dahulu saat kecil saya kerap saksikan tanaman bunga yang bentuk bunganya seperti telur kecil serta warnanya merah keunguan. Bahkan juga sekali saat kurun saat lalu itu saya ingat pernah melihatnya didalam pot di dak rumah ibu.
Ibu saya juga pengagum tanaman, meskipun tak mempunyai tanah yang luas namun beliau sukai menanam bunga - bungaan dan tanaman bumbu dapur serta herbal dalam pot di lantai 2. Dari sirih, lidah buaya sampai kencur serta daun pandan beliau tanam disana.
Sebentar halaman belakang yang cuma seluas 3 x 8 mtr. digunakan untuk pelihara sebagian ekor ayam dan menanam sayuran.
Oleh karenanya tidak heran jika kesukaan beliau alami penurunan ke satu diantara putrinya bahkan juga termasuk lebih akut hehe.. Mengapa? Soalnya si putri ini walaupun telah mempunyai kebun mini memiliki ukuran 3 kali lipatnya terasa masih tetap kekurangan tempat menanam saja ck.. ck..

Balik lagi ke saat saat ini, sesudah dewasa saya baru tahu jika tanaman bunga yang saya saksikan itu namanya bunga kancing, adapula yang menyebutnya bunga kenop serta bunga butang. Diluar negeri dikenal dengan nama globe amaranth atau gomphrena.
Selama ingatan saya yang saya pernah temui yaitu bunga gomphrena yang berwarna merah keunguan. Sebenarnya terkecuali warna itu juga terdapat beberapa warna lain termasuk juga warna merah, oranye serta bahkan juga putih.

Makin jatuh cinta saja saya pada bunga ini. Karena terkecuali lucu serta cantik, bunga ini dapat gampang ditanam, tak rewel dan tahan lama. Baik waktu masih tetap di pohonnya maupun setelah di potong buat untuk jadi bunga hias. Arti kerennya everlasting flower.

Jika awal mulanya saya menanam gomphrena yang umum yang berwarna merah keunguan, kesempatan ini saya coba menanam gomphrena yang berwarna merah menyala yakni type gomphrena strawberry fields.
Pertama sekali saya siapkan wadah yang di isi tanah yang di beri paduan pasir serta sedikit kompos supaya gembur tetapi tak terlampau subur. Jika terlampau subur saya cemas nanti tanamannya lebih lebat daunnya dari pada bunganya. Nah, sesudah medianya siap, saya mulai menempatkan biji benih gomphrena dengan jarak sangka - sangka 5 cm. Lalu saya tutup dengan selapis tidak tebal tanah lantas semprot hati - hati dengan sprayer sampai basah. Tempatkan ditempat hangat serta jelas tetapi tak terserang hujan serta cahaya matahari selekasnya. Tidak hingga 1 minggu, benih gomphrena telah mulai berkembang. Jika telah mulai berkembang baru mulai dikenalkan dengan sinar matahari melalui langkah bertahap. Sesudah tanaman mulai dewasa umumnya telah kuat di tempat full sun.

Serta seperti tanaman semusim yang lain gomphrena juga cepat berbunga, pada 2 - 3 bln. mulai sejak disemai telah mulai berbunga. Jika telah berbunga jadi gomphrena berbunganya tidak putus putus. Terlebih di lingkungan ideal yang mereka gemari. Cukup air serta cahaya matahari yang hangat melimpah.
Tidak ada argumen tidak untuk menyenanginya kan?
Jika tertarik menanam bunga kenop atau gomphrena ini, saya ada siapkan benih bunga gomphrena strawberry field, benih Gomphrena QIS orange, serta benih Gomphrena buddy white.
Lebih detilnya saksikan di halaman ini
source:
Toko Bunga Jakarta Utara 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar