Kamis, 19 November 2015

Khasiat Bunga Pakis Giwang untuk Kesehatan

Pakis Giwang ini memiliki nama Latin Euphorbia milii Ch. des Moulibs, E. splendens, Bojer. Bhs Mandarin China : Thie hai tang. Tanaman ini dikenal beberapa orang sebagai tanaman hias yang mengadung getah. Umumnya tanaman kaktus giwang ini ditanam sebagai tanaman hias dalam pot, pekarangan, dan taman-taman. Kadang kala di buat sebagai tanaman pagar dan dapat di kenali dari dataran rendah sampai ketinggian 2. 300 m dpl.

Faedah Bunga Pakis Giwang untuk Kesehatan
Apakah Anda kenali bunga kaktus pakis giwang? Ya, bunga cantik nan unik ini yaitu semak tahunan ini tumbuh tegak, mencapai ketinggian 1 m, percabangan rapat, dan berbunga sepanjang th.. Batangnya bersegi, warna coklat kelabu, berduri kasar, tajam, rapat dan bergetah, daunnya tunggal dan bertangkai pendek bekumpul diujung batang, mempunyai bentuk bundar telur sungsang, tepi rata dan warnanya hijau. Bunga pakis giwang ini majemuk, keluar dari ketiak daun, bentuk payung, panjang ibu tangkai bunga 5-10 cm, warnanya beragam tipe, satu diantaranya : oranye, kuning, dadu, dan merah. Berbunga sepanjang th., buahnya kotak, bulat, kecil, berwarna putih kehijauan. Biji bulat, kecil dan berwarna coklat. Kecuali memiliki berbagai warna dan bentuk bunga serta batangnya yang unik, sesungguhnya bunga pakis giwang ini memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh.

Sinyal tanda dan faedah dari pakis giwang :

Merasa pahit, sifatnya netral, astringen, sedikit beracun. Bunganya berguna untuk penghenti pendarahan (hemostatis). Batangnya dan daun berguna singkirkan bengkak, anti radang, antiseptik. Tengah kandungan yang ada pada daun, batang dan bunganya mempunyai kandungan saponin dan tanin. Bunganya juga mempunyai kandungan flavonoid.
Pendarahan rahim. Siapkan bunga fresh 10-15 kuntum bunga pakis giwang dan daging (50 gr) rebus dan makan sebagai sup.
Bisul dan radang kulit bernanah. Bersihkan daun dan batang pakis giwang sekedarnya, buang duri-durinya lalu tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit gula merah, tempelkan ramuan itu ke daerah yang sakit, lalu balur. Gantilah ramuan itu 2-3 kali sehari.
Hepatitis. Cara menggunakan pakis giwang untuk pengobatan hepatitis ini sangat mudah : Bersihkan dan potong tipis batang fresh kaktus pakis giwang (9-15 gr), rebus dengan 3 gelas air bersih hingga tersisa 1 gelas. Dinginkan dan saring rebusan itu, Anda bisa berikanlah madu sekedarnya, lalu untuk untuk 2 kali minum. Minum waktu pagi dan sore hari, semasing 1/2 gelas.
Luka bakar, tersiram air panas. Bersihkan bersih daun dan batang kaktus pakis giwang sekedarnya, lalu potong kecil-kecil sekedarnya. Tambahkan air sampai semuanya bahan terendam, lalu rebusa sampai mendidih selama 15 menit, setelah dingin gunakan air saringannya untuk bersihkan dan mengompres luka. Gunakan obat tradisional bekas luka bakar ini lewat cara teratur, sampai sembuh.
* Catatan : Apabila tampak diare berat setelah minum rebusan herbal ini, selekasnya minum rebusan Glycyrrhiza uralensis (gancao/akar manis) sebagai penawar racun (antidote)
Glycyrrhiza uralensis, sinonim : G. glabra L. , dinamakan akar manis/kayu manis (kayu legi).
source:
Toko Bunga Jakarta Selatan Murah 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar